FKIP UMSurabaya

Pengaruh Kompetensi Akuntansi, Lingkungan Teman Sebaya, dan Perencanaan Karir Terhadap Minat Melanjutkan Pendidikan ke Perguruan Tinggi Dengan Academic Self-Efficacy Sebagai Variabel Mediasi

Heni Mutiara, Rochmawati Rochmawati

Sari

Penelitian bertujuan menguji ulang teori dalam kondisi yang berbeda pengaruh kompetensi akuntansi, lingkungan teman sebaya, perencanaan karir, dan academic self-efficacy terhadap minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi dan academic self-efficacy sebagai mediasi pada peserta didik SMK. Populasi meliputi seluruh peserta didik kelas XII Akuntansi dan Keuangan Lembaga SMKN 1 Boyolangu Tulungagung Tahun Ajaran 2019/2020 sejumlah 144 peserta didik. Berdasarkan rumus Slovin, sampel berjumlah 106 peserta didik yang menggunakan Probability Sampling dengan cara Simple Random Sampling. Pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi dan kuesioner online. Riset ini menggunakan teknik analisis multivariat dengan software WarpPLS 7.0. Perolehan riset memperlihatkan secara parsial kompetensi akuntansi tidak berpengaruh, lingkungan teman sebaya dan perencanan karir berpengaruh positif dan signifikan, sedangkan academic self-efficacy berpengaruh negatif terhadap minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Secara multivariat academic self-efficacy tidak dapat memediasi pengaruh kompetensi akuntansi, lingkungan teman sebaya, dan perencanaan karir terhadap minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi.

Kata Kunci

efikasi diri akademik; kompetensi akuntansi; lingkungan teman sebaya; minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi; perencanaan karir

Teks Lengkap:

PDF

Referensi

Birama, B. C., & Nurkhin, A. (2017). Peran Efikasi Diri Dalam Memediasi Pengaruh Perencanaan Karier Dan Lingkungan Teman Sebaya Terhadap Minat Melanjutkan Pendidikan Ke Perguruan Tinggi Siswa SMA Negeri 2 Slawi. Economic Education Analysis Journal, 2 (1), 169–174.

Dalyono, M. (2015). Psikologi Pendidikan (Cetakan ke-8). Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Feist, J., Feist, G. J., & Roberts, T.-A. (2017). Teori Kepribadian (Edisi 8 Buku 2, ed.; D. Mandasari ). Jakarta: Salemba Humanika.

Hardianto, G., Erlamsyah, & Nurfarhanah. (2014). Hubungan Antara Self-efficacy Akademik Dengan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Konseling, 3 (1).

Hidayati, N. (2015). Hubungan Antara Efikasi Diri Akademik Dengan Minat Melanjutkan Studi di Perguruan Tinggi Pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Kretek. Skripsi Tidak Dipublikasikan. Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta.

Indriani, M. (2018). Pengaruh Hasil Belajar, Motivasi Berprestasi Dan Pendapatan Orang Tua Terhadap Minat Melanjutkan Pendidikan Ke Perguruan Tinggi Pada Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Pejagoan Kebumen Tahun Ajaran 2017/2018. Jurnal Pendidikan Ekonomi 7 (5), 439–448.

Indriyanti, N., Siswandari, & Ivada, E. (2013). Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Minat Melanjutkan Pendidikan Ke Perguruan Tinggi Pada Siswa Kelas Xii Akuntansi Smk Negeri 6 Surakarta Tahun 2013. Jurnal Pendidikan Ekonomi Universitas Sebelas Maret, 1 (2), 1-10.

Ismail, B. M. (2017). Pengaruh Status Sosial Ekonomi Orang Tua dan Lingkungan Teman Sebaya Terhadap Minat Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Kandangan. Skripsi Tidak Dipublikasikan. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim, Malang.

Kasmir. (2018). Manajemen Sumber Daya Manusia (Teori Dan Praktik) (Edisi 1). Depok: PT. Rajagrafindo Persada.

Khadijah, S., Indrawati, H., & Suarman. (2017). Analisis Minat Peserta Didik untuk Melanjutkan Pendidikan Tinggi. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 26 (2), 178–188.

Khodijah, N. (2014). Psikologi Pendidikan (Edisi 1). Jakarta: Rajawali Pers.

Kurniawan, Y., & Sudrajat, A. (2018). Peran Teman Sebaya Dalam Pembentukan Karakter Siswa Madrasah Tsanawiyah. Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 15 (2), 149–163.

Kustiani, K. P., Sugiharto, D. Y. P., & Anni, C. T. (2019). Minat Studi Lanjut ke Perguruan Tinggi Siswa Ditinjau dari Self-Efficacy dan Aspirasi Orangtua. Psychocentrum Review, 1 (1), 17–26.

Larasati, D. N. (2015). Pengaruh Motivasi Belajar, Prestasi Belajar dan Perencanaan Karir Terhadap Minat Melanjutkan Studi ke Perguruan Tinggi Siswa Kelas XII Bidang Studi Keahlian Bisnis Manajemen SMK Negeri 1 Lumajang. Skripsi Tidak Dipublikasikan. Universitas Negeri Malang, Malang

Lunenburg, F. C. (2011). Self-Efficacy in the Workplace : Implications for Motivation and Performance. International Journal of Management, Business, and Administration, 14 (1), 1–6.

Moekijat. (2007). Perencanaan Dan Pengembangan Karir Pegawai. Bandung: CV. Mandar Maju.

Muafi, Hartati, A. S., & Gusaptono, H. (2009). Peran Life Skills dalam Peningkatan Self Efficacy, dan Perilaku Peran (Perspektif Perilaku Individual). Surabaya: Unesa University Press.

Mulyasa, E. (2010). Kurikulum Berbasis Kompetensi (Konsep, Karakteristik, dan Implementasi). Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Putrianti, C., & Rochmawati. (2019). Pengaruh Fasilitas Laboratorium Komputer, Nilai Matematika, Penguasaan Komputer, Penguasaan Akuntansi Dasar Dan Efikasi Diri Terhadap Hasil Belajar Accurate Siswa Kelas XI Akuntansi Di SMK Negeri 2 Kediri. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 7 (4), 301–309.

Roesminingsih, & Susarno, L. H. (2016). Teori dan Praktek Pendidikan (Edisi 8, Ed.; Sugiono). Surabaya: Lembaga Pengkajian dan Pengembangan Ilmu Pendidikan Fakultas ilmu Pendidikan.

Santosa, E. I., & Himam, F. (2014). Pengaruh Berbagi Pengetahuan Perencanaan Karir terhadap Efikasi Diri dalam Membuat Keputusan Karir. Jurnal Intervensi Psikologi, 6(1), 1–24.

Santrock, J. W. (2014). Psikologi Pendidikan (Edisi 5, Ed.; D. Mandasari). Jakarta: Salemba Humanika.

Setiani, T. B., & Kusmuriyanto. (2013). Peran Efikasi Diri Memediasi Pengaruh Kompetensi Akuntansi, Lingkungan, dan BKK Terhadap Minat ke Perguruan Tinggi. Economic Education Analysis Journal. 2 (1), 18–23.

Slameto. (2010). Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.

Solimun, Fernandes, A. A. R., & Nurjannah. (2017). Metode Statistika Multivariat Pemodelan Persamaan Struktural (SEM) Pendekatan Warppls (Edisi 1). Malang: UB Press.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.

Suparno, A. S. (2012). Membangun Kompetensi Belajar. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional.

Taa, S., & Sawitri, D. R. (2017). Hubungan Antara Dukungan Teman Sebaya dengan Efikasi Diri Akademik pada Siswa SMA dan SMK Beretnis Papua di Kota Semarang. Jurnal Empati, 7 (3), 212–216.

Tirtarahardja, U., & Sulo, L. (2012). Pengantar Pendidikan. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Winkel, W. S., & Hastuti, S. (2006). Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan (Edisi 5). Yogyakarta: Media Abadi.

Zulfa, dkk. (2018). Pengaruh Teman Sebaya Terhadap Minat Melanjutkan Studi ke Perguruan Tinggi pada Siswa SMA. Journal of Innovative Counseling : Theory, Practice & Research, 2 (2), 69–74.


DOI: http://dx.doi.org/10.30651/didaktis.v21i2.6978

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.