FKIP UMSurabaya

Analisis Strategi Guru Dalam Menanamkan Nilai Pendidikan Karakter Pada Siswa Kelas IV SDN 16 Cakranegara

Ni Putu Kusumayanti, Khairunisa Khairunisa, Ilham Syahrul Jiwandono

Sari

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi yang digunakan oleh guru dalam menanamkan nilai pendidikan karakter pada siswa kelas IV SDN 16 Cakranegara. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru kelas IVA dan guru kelas IVB (sumber data primer), serta dokumen-dokumen tertulis (sumber data sekunder). Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara tidak terstruktur dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman yang terdiri dari pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan kesimpulan/verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian, analisis data dan pembahasan maka dapat disimpulkan bahwa karakter belum tampak pada siswa adalah peduli lingkungan, gemar membaca, disiplin, mandiri, dan rasa ingin tahu sehingga strategi yang digunakan oleh guru dalam menanamkan nilai pendidikan karakter adalah strategi pembelajaran, kegiatan pembiasaan, keteladanan, penguatan dengan memasang spanduk atau banner yang mencanangkan pendidikan karaker, dan kegiatan ekstrakurikuler.

Kata Kunci

Strategi guru, Pendidikan karakter

Teks Lengkap:

PDF

Referensi

Afianti, D., Witono, A. H., & Jiwandono, I. S. (2020). Identifikasi Kesulitan Guru Dalam Pengelolaan Kelas Di SDN 7 Woja Kecamatan Woja Kabupaten Dompu. Jurnal Elementaria Edukasia, 3(2), 203–213.

Arifin, Zaenal. (2012). Penelitian Pendidikan Metode dan Paradigma Baru. Remaja Rosdakarya.

Barnawi. (2015). Strategi & Kebijakan Pembelajaran Pendidikan Karakter. Ar Ruzz Media.

Jiwandono, I. S. (2020a). Analisis Metode Pembelajaran Komunikatif Untuk PPKn Jenjang Sekolah Dasar. Elementary School Education Journal), 4(1), 9–19.

Jiwandono, I. S. (2020b). Dinamika Sosial Sikap Narcisstic Aksi Demonstrasi Mahasiswa Dalam Prospek Demokrasi Indonesia. Equilibrium: Jurnal Pendidikan, VIII(1), 34–40.

Jiwandono, I. S. (2020c). Permainan Tradisional Sebagai Upaya Meningkatkan Karakter Disiplin dan Jujur Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar. INVENTA: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(1), 11–19.

Jiwandono, I. S., & Khairunisa, K. (2020). Pemanfaatan Nilai-Nilai Filosofis Punakawan Dalam Upaya Penguatan Karakter Mahasiswa. Didaktis: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan, 20(1), 74–81. https://doi.org/10.30651/didaktis.v20i1.4466

Moleong, L. J. (2018). Metode Penelitian Kualitatif, cetakan ke-37. Remaja Rosdakarya.

Sudrajat, Ajat. (2011). Mengapa Pendidikan Karakter? Jurnal Pendidikan Karakter, 1(1), 47–58.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta.

Tersiana, Andra. (2018). Metode Penelitian. Start Up.

Zubaedi. (2011). Desain Pendidikan Karakter : Konsepsi dan Aplikasinya Dalam. Lembaga Pendidikan. Kencana.


DOI: http://dx.doi.org/10.30651/didaktis.v21i1.6667

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.