FKIP UMSurabaya

Kreativitas Pemecahan Masalah Tes Potensial Skolastik (TPS) Numerikal Siswa Brits Indonesia Ditinjau Dari Kemampuan Number Sense

Rudy Setiawan, Zuni Mitasari, Elita Mega Selvia Wijaya

Sari

Penelitian yang telah dilakukan ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif siswa Brits Indonesia terhadap pemecahan masalah Tes Potensial Skolastik (TPS) Numerikal ditinjau dari kemampuan number sense yang mereka miliki. Tes Potensial Skolastik adalah tes yang wajib diikuti oleh peserta UTBK. Permasalahan terhadap tes ini cukup serius. Subjek penelitiannya adalah Brits Indonesia Malang Gap year tahun 2019. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. dengan objek penelitian sebanyak 6 siswa dengan rincian 2 siswa dalam kategori number sense tinggi, 2 siswa dalam kategori number sense sedang, dan 2 siswa dalam kategori number sense rendah. Penelitian tersebut diawali dengan menyusun instrumen yang valid dan memberikan instrumen tes awal dan tes perlakuan untuk mengukur kreativitas siswa terhadap soal TPS Numerikal. Selain itu juga dilakukan wawancara dan triangulasi data untuk membuktikan keabsahan hasil tes. Hasil penelitian menyatakan kreativitas dalam pemecahan masalah TPS Numerikal yang dimiliki oleh seseorang berbanding lurus dengan kemampuan number sense yang mereka miliki.

Kata Kunci

Number sense, TPS Numerikal, Kreatifitas

Teks Lengkap:

PDF

Referensi

Arifendi, Rio, Setiawan, R. 2019. Upaya Peningkatan Penalaran Matematis Mahasiswa Universitas Tribhuwana Tunggadewi Melalui Pendekatan Cotextual Teaching Learning (CTL). Jurnal Prismatika, Vol. 1, No. 2: 55-59.

Craft, A. 2003. The Limits of Creativity in Eduacation: Dillemas for Educator. British Journal of Educational Studies. Volume 51. No. 2 (Juni, 2003), 113-127.

Hwang, W.-Y., Chen, N.-S., Dung, J.-J., & Yang, Y.-L. 2007. Multiple Representation Skills and Creativity Effects on Mathematical Problem Solving using a Multimedia Whiteboard System. Educational Technology & Society, Volume 10 (2), 191-212.

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. 2012. Kurikulum 2013. Jakarta: Kemendikbud.

Moleong, Lexy. 2009. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Setiawan, Rudy, Arifendi, R. 2017. Alternatif Peningkatan Kreativitas Mahasiswa Universitas Tribhuwana Tunggadewi Melalui Pohon Matematika. MUST: Journal of Mathematics, Education, Science and Technology, 2: 189-195.


DOI: http://dx.doi.org/10.30651/didaktis.v20i3.4900

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.