Pembentukan Karakter Mandiri Melalui Pembelajaran Tematik di SDN Kebondalem Mojosari

Revita Putri Cahyani (1), Via Yustitia (2), apri irianto (3)
(1) Universitas PGRI Adi Buana Surabaya, Indonesia,
(2) ,
(3)

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh krisis karakter yang terjadi di masyarakat. Salah satu krisis karakter disebabkan oleh rendahnya cinta terhadap negara. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggambarkan implementasi dan kendala yang dialami dalam memperkuat karakter cinta untuk negara melalui kegiatan ekstrakurikuler tari di SD Negeri Tenggilis Mejoyo 1 Surabaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Data dalam penelitian ini diperoleh dari hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data adalah informan yang terdiri dari kepala sekolah, guru tari ekstrakurikuler, dan siswa, kegiatan, tempat, dan dokumentasi. Teknik analisis data adalah model Miles and Huberman. Teknik validitas data adalah triangulasi sumber dan waktu. Hasil dari penelitian ini adalah tidak semua siswa kelas I-III mengikuti tarian ekstrakurikuler dengan baik, sedangkan siswa yang dipilih mencoba mengikuti tarian ekstrakurikuler dengan baik sesuai dengan indikator cinta yang ada di tanah air. Dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan penguatan karakter cinta tanah air melalui kegiatan ekstrakurikuler tari di Tenggilis Mejoyo 1 SDN Surabaya berjalan sesuai dengan indikator yang ditetapkan dan kendala yang dialami tidak terlalu besar.

Artikel teks lengkap

##article.generated_from_xml##

Penulis

Revita Putri Cahyani
putrirevita1995@gmail.com (Kontak utama)
Via Yustitia
apri irianto

Rincian Artikel