FKIP UMSurabaya

Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Pada Pembelajaran IPS Topik Interaksi Sosial Siswa Kelas V Sekolah Dasar

Siti Ismiati, Nasution Nasution, Waspodo Tjipto Subroto

Sari

Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan perangkat pembelajaran dengan model Problem Based Learning yang berkualitas baik. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan terdiri dari Silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Bahan Ajar Siswa (BAS), Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), dan Tes Keterampilan Berpikir Kritis (TKBK). Subjek uji coba penelitian adalah 35 siswa di SDN Karah III Surabaya. Penelitian ini mengembangkan perangkat pembelajaran dengan model Problem Based Learning berupa Silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Bahan Ajar Siswa (BAS), Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), dan Tes Keterampilan Berpikir Kritis (TKBK) yang valid, praktis, dan efektif. Hasil validasi menunjukkan perangkat yang dikembangkan valid dengan kriteria sangat baik. Kepraktisan pada uji coba lapangan mencapai kategori sangat baik.. Keefektifan perangkat yang dikembangkan terlihat dari meningkatnya hasil pada tes keterampilan berpikir kritis dengan diperoleh N-gain 0,70 termasuk dalam kategori tinggi.

Kata Kunci

pengembangan, perangkat pembelajaran, Problem Based Learning

Teks Lengkap:

PDF

Referensi

Ahmadi, Lif Khoiru dan Sofan Amri. (2014). Mengembangkan pembelajaran IPS terpadu. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Arifin, Z. (2011). Evaluasi Pembelajaran, Prinsip, Teknik, Prosedur. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Fathurrohman, M. (2015). Model-Model Pembelajaran Inovatif. Jogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Ratumanan, T.G. (2006). Evaluasi Hasil Belajar yang Relevan dengan Kurikulum Berbasis Kompetensi. Surabaya: Unesa University Press.

Rusman. (2010). Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: RajaGrafindo Persada

Saputra, FA. & M. Hafil. (2 Mei 2018). Mendikbud Ungkap Cara Hadapi Revolusi 4.0 di Pendidikan diakses tanggal 28 Februari 2020 melalui Republika.co.id

Setyaningsih, T., Agoestanto, A., dan Kurniasih, A. (2014). Identifikasi Tahap Berpikir Kritis Siswa Menggunakan PBL dalam Tugas Pengajuan Masalah Matematika. Jurnal Kreano. Vol. 5, No. 2.


DOI: http://dx.doi.org/10.30651/didaktis.v20i2.4773

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.