FKIP UMSurabaya

Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru SDN Gelam 1 Kabupaten Sidoarjo Dalam Menyusun Rpp Berbasis PPK Melalui In House Training

Ruqoiyah - Ruqoiyah

Sari

Penelitian ini dilatarbelakangi belum tercapainya kompetensi pedagogik guru SDN Gelam 1 dalam menyusun RPP berbasis Penguatan Pendidikan Karakter (PPK). Penyebabnya guru belum memahami komponen dan prinsip-prinsip penyusunan RPP. Hasil RPP yang disusun guru masih banyak yang belum lengkap. RPP yang disusun guru belum mengintegrasikan PPK. Untuk meningkatkan kompetensi pedagogik guru diperlukan upaya perbaikan melalui In House Training. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian tindakan sekolah (PTS). Subyek penelitian di sini adalah guru SDN Gelam 1 dengan jumlah 8 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlaksanaan program kegiatan IHT terbukti efektif dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru pada siklus I sebesar 81 meningkat siklus II sebesar 90. Penerapan IHT terbukti dapat meningkatkan kompetensi pedagogik guru dari presentase pra tindakan sebesar 21%, meningkat siklus I sebesar 79%, dan meningkat secara signifikan siklus II sebesar 93%. Dapat disimpulkan bahwa penerapan IHT dapat meningkatkan kompetensi pedagogik guru SDN Gelam 1 dalam menyusun RPP berbasis PPK.

Kata Kunci

In House Training; Kompetensi Pedagogik; RPP Berbasis PPK

Teks Lengkap:

PDF

Referensi

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Penelitian Pendekatan Praktek-Cet.14. Jakarta: Rineka Cipta.

Depdikbud. 2015. Kebijakan Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjaminan Mutu Pendidikan.

Hendarman. 2017. Konsep dan Pedoman Penguatan Pendidikan Karakter Tingkat Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama. Jakarta: Tim PPK Kemendikbud.

Mulyasa, E. 2013. Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP).

Permendiknas Nomor 16 Tahun 2007 Tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru. Jakarta: Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP).

Sanjaya, Wina. 2010. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.


DOI: http://dx.doi.org/10.30651/didaktis.v20i2.4667

Refbacks