FKIP UMSurabaya

Pengelolaan Tenaga Pendidik (Guru) di Rural Area

Nasir Nasir, Mujiati Mujiati

Sari

Penelitian ini ditujukan untuk menganalisis pengelolaan tenaga pendidik, khususnya pengadaan guru dan retensinya di rural area. Manfaat dari penelitian sebagai pedoman yang digunakan untuk meningkatkan dan memberikan daya tarik tersendiri pada para pendidik untuk mengabdikan dirinya dan mengajar di daerah terpencil. Sebagai objek penelitian meliputi: sistem pemetaan tenaga pendidik, lingkungan dan masyarakat (unsur guru, kepala sekolah, pemerintah dan masyarakat). Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang dilakukan di Kecamatan Laonti. Data penelitian diperoleh dari wawancara, observasi dan dokumen terkait penelitian. Peneliti menerapkan prosedur model evaluasi CIPP melalui tahapan memahami, mensintesis, dan membandingkan teori yang ada. Kesimpulan penelitian ini adalah: pengadaan tenaga pendidik di rural area seharusnya dimulai dengan tahapan perekrutan, seleksi, penempatan, pemberian, kompensasi, penghargaan, pendidikan, latihan dan pemberhentian yang perlu diawasi secara berkesinambungan. Meskipun demikian, masih ditemukan aktifitas-aktifitas unprofessional management khusunya pemanfaatan guru yang tidak sebidang dan beban kerja yang berlebihan sebagai konsekunsi dari kurangnya guru; 2) Retensi tenaga pendidik (guru) di rural area dapat dipenuhi dengan memberikan tunjangan khusus lebih bagi guru. Selain itu, pengadaan guru, bisa memprioritaskan calon guru yang berasal dari daerah tersebut.

Kata Kunci

Manajemen Tenaga Pendidik, Penyeteraan Pendidikan, Retensi Guru, Rural Area

Teks Lengkap:

PDF

Referensi

Adlim, Gusti, H., & Zulfadli. 2016. Permasalahan dan Solusi Pendidikan di Daerah Kepulauan (Studi kasus di SMA Negeri 1 Pulau Aceh, Kabupaten Aceh Besar). Jurnal Pencerahan, 10(1), 48–61. https://doi.org/https://doi.org/10.13170/jp.10.2.4910

Butcher, J. 2007. Human Resource Management : Managerial Efficacy in Recruiting and Retaining Teachers – National Implications William Allan Kritsonis , PhD PhD Program in Educational Leadership College of Education and Professional Studies.

Chakanika, W., Sichula, N., Sumbwa, P., & Nduna, M. 2012. The challenges of rural education in Africa. South Africa Rural Educator, 2(Desember), 6–17.

Chan, T., & Yuen, M. 2015. Inclusive Education in an International Schoold: A Case Study from Hongkong. International Journal of Special Education, 30(3), 86–97.

Cobanoglu, F., Sertel, G., & Sarkaya, S. S. 2018. Human resource management practices in Turkish education system (Denizli case). European Journal of Educational Research, 7(4), 833–847. https://doi.org/10.12973/eu-jer.7.4.833

Dasgupta, P., Morton, J. F., Dodman, D., Karapinar, B., Meza, F., Rivera-Ferre, M., … Broecker, H. 2015. Rural areas. In Climate Change 2014 Impacts, Adaptation and Vulnerability: Part A: Global and Sectoral Aspects (pp. 613–658). https://doi.org/10.1017/CBO9781107415379.014

David J. Ketchen, J., & Bergh, D. D. 2007. Research Methodology in Strategy and Management (4th ed.). Amsterdam: JAI Press.

Dijkstra, L., & Poelman, H. 2014. Regional Working Paper 2014 A harmonised definition of cities and rural areas : the new degree of urbanisation. Retrieved from https://ec.europa.eu/regional_policy/sources/docgener/work/2014_01_new_urban.pdf

Egeberg, M. 2017. Merit-based recruitment boosts good governance : How do European Union agencies recruit their personnel ? https://doi.org/10.1177/0020852317691342

Everard, K. B., Morris, G., & Wilson, I. 2004. Effective School Management (4th ed.). Great Britain: Paul Chapman Publishing.

Mekar, S. S., Safitri, D., & Sugito. 2014. Klasifikasi Wilayah Desa-Perdesaan dan Desa-Perkotaan Wilayah Kabupaten Semarang dengan Support Vector Machine (SVM). Jurnal Gaussian, 3(2010), 751–760.

Mwaisumo, W. N. 2016. The Recruitment of Support Staff in Tanzanian Secondary Schools. Journal of Education and Practice, 7(19), 86–89.

Peterson, S. S., McIntyre, L., & Heppner, D. 2019. Northern Rural and Indigenous Teachers ’ Experiences and Perceptions of Rural Teaching and Teacher Education Northern Rural and Indigenous Teachers ’ Experiences and Perceptions of Rural Teaching and Teacher Education. Journal of Teacher Education and Educators, 7(3).

Rahmawati, M., Nurzaima, & Nasir. 2019. Pengembangan Profesi Berkelanjutan Guru SMA Negeri Kota Kendari. Didaktis: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Pengetahuan, 19(2), 132–146. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30651/didaktis.v19i2.2894

Undang-Undang Republik Indonesia. 2005. Undang-Undang Nomor 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.

Undang-undang Dasar 45 pasal 31 ayat 1 - 5.

Uysal, M., & Çağanağa, Ç. K. 2018. Teachers ’ opinions of human resources management functions in private schools. Educational Research and Reviews, 13(12), 487–494. https://doi.org/10.5897/ERR2017.3407


DOI: http://dx.doi.org/10.30651/didaktis.v20i1.4383

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.