FKIP UMSurabaya

Peningkatan Perkembangan Kognitif Melalui Permainan Puzzle pada Anak TK B

Nina Veronica, Lutfiah Lutfiah

Sari

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peran permainan Puzzle dalam meningkatkan aspek kognitif. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan subyek penelitian sebanyak 19 anak kelompok B TK Dharma Wanita Pungging. Hasil penelitian yang dilakukan membuktikan kemampuan kognitif dari pratindakan ke siklus II meningkat dengan rata-rata 40,18 dan persentase sebesar 52,63%. Sehingga dapat disimpulkan aspek perkembangan kognitif anak meningkat melalui permainan puzzle.

Kata Kunci

aspek perkembangan kognitif, permainan puzzle, TK B

Teks Lengkap:

PDF

Referensi

Andriana, Dian. 2011. Tumbuh Kembang & Terapi Bermain Pada Anak. Jakarta: Salemba Medika.

Astuti, Ni Made Ary., Parmiti, Desak Putu., Wirya, I Nyoman. 2014. Penerapan Metode Bermain Puzzle Berbantuan Brain Gym untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Pada Anak Usia Dini dalam e-journal PGPAUD Universitas Pendidikan Ganesha. (online),(http://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPAUD/article/2852), diakses 14 Januari 2015.

Azharona, Rizke. Widijoto, Heru. W, Retno Tri. 2013. Pengembangan Permainan Sirkuit Warna Warni Ceria Menggunakan Bahan Bekas Pada Pembelajaran Fisik Motorik Anak. Jurnal PAUD Kajian Teori & Praktik Pendidikan AUD. 1(1):31—37.

Harmini, Sri. Roebyanto, Goenawan. Winarni, Endang Setyo. 2005. Model Bermain Sebagai Upaya Meningkatkan Pehaman Siswa Terhadap Operasi Penjumlahan Dan Pengurangan Bilangan Cacah Dikelas III SDN Tlogomas II Kota Malang. Jurnal Penelitian Pendidikan, 15 (1):29—48.

Sanjaya, W. 2009. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Prenada: Jakarta.

Sudono, Anggani. 2000. Sumber Belajar dan Alat Permainan. Jakarta: PT Grasindo.

Sutikno, S. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Lombok: Holistica.

Suyanto, S. 2005. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi.

Trianto. 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Kontruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.


DOI: http://dx.doi.org/10.30651/didaktis.v19i3.3985

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.