PENGEMBANGAN BUKU AJAR MATA KULIAH BAHASA INDONESIA BERBASIS PEMBELAJARAN KOOPERATIF UNTUK PENGUATAN KARAKTER MAHASISWA FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN UIN STS JAMBI

Mursyid Mursyid (1), Yuli Amaliah (2)
(1) UIN STS JAMBI, Indonesia,
(2) UIN STS JAMBI, Indonesia

Abstrak

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh kevalidan, kepraktisan dan kemenarikan untuk produk pengembangan buku ajar mata kuliah bahasa indonesia berbasis pembelajaran kooperatif  untuk penguatan karakter mahasiswa Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan UIN STS JAMBI  disusun kedalam bentuk buku ajar. Langkah – langkah yang dilakukan dalam penelitian ini mengikuti langkah – langkah Model Dick, Carrey & Carrey (2009) yang disederhanakan menjadi sembilan dari sepuluh langkah yang ada. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu angket validasi ahlim angket kepraktisan dari teman sejawat dan uji kemenarikan dari mahasiswa. Dari hasil uji kelayakan produk pengembangan pada hasil uji validasi ahli mendapat skor presentase sebesar 84,62%, produk yang sudah dikembangkan sangat layak untuk digunakan. Uji kepraktisan berdasarkan hasil tanggapan dosen terhadap modul belajar sebesar 90%, produk yang dikembangkan masuk dalan kategori kriteria digunakan tanpa revisi. Pada uji kepraktisan melalui tanggapan perserta didik diperoleh hasil dengan presentase rata-rata sebesar 75,16%, hasil tersebut berada pada tingkat kualifikasi layak.

 

Kata Kunci: Pembelajaran kooperatif, Pendidikan Karakter

Artikel teks lengkap

##article.generated_from_xml##

Referensi

Abidin, Yunus. 2012. Pembelajaran Bahasa Berbasis Pendidikan Karakter.

Bandung: Refika Aditama.

Achmadi, S.S. 2012. Anatomi dan Struktur Buku Ajar. Disampaikan pada Pelatihan Buku Ajar Kopertis Wilayah VI Jawa Tengah. Tersedia di: http://kopertis6.or.id/data/kelembagaan/Materi%20Pelatihan%2 0Buku%20Ajar/Prof.%20Dr.%20Sunandar/Anatomi%20dan%20Struktur%20Buku%Ajar.ppt. Diakses Tanggal: 19 Juni 2013 pukul 13:49:28 WIB.

Agus Suprijono. 2009. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Akbar, S. 2011. Revitalisasi Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar. Pidato Pengukuhan Guru Besar dalam Bidang Ilmu Pendidikan/Pendidikan Dasar, Malang: Kementrian Pendidikan Nasional UM.

Anita Lie. 2010. Cooperative Learning Mempraktikkan Cooperative Learning di RuangRuang Kelas). Jakarta: PT. Grasindo Widia Sarana Indonesia.

Cholisin. 2011. Pengembangan Karakter dalam Materi Pembelajaran PKn. Disampaikan pada kegiatan MGMP PKn SMP Kota Yogyakarta.

Degeng, INS. 2008. Pedoman Penyusunan Bahan Ajar. Bahan Kuliah.

Universitas PGRI Adi Buana. Surabaya.

Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Republik Indonesia 2013.

Ghufron, A. 2010. Integrasi Nilai-nilai Karakter Bangsa pada Kegiatan Pembelajaran. Cakrawala Pendidikan th.XXIX, Edisi Khusus Dies Natalis UNY.

Isjoni. 2011. Pembelajaran Kooperatif , Meningkatkan Kecerdasan Komunikasi antar Peserta Didik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Isjoni. 2011. Cooperative Learning Efektifitas Pembelajaran Kelompok. Bandung;Alfabeta.

Kementerian Pendidikan Nasional. 2010. Desain Induk Pendidikan Karakter. Jakarta: Kementerian Pendidikan Nasional Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum dan Perbukuan.

Kementerian Pendidikan Nasional. 2011. Pedoman Pelaksanaan Pendidikan Karakter. Jakarta: Kementerian Pendidikan Nasional Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum dan Perbukuan.

Kurniady, H. Kunkun. 2008. “Pemanfaatan Model Pembelajaran Menulis Karya Ilmiah secara Kolaboratif dengan Menggunakan Teknik Portofolio dalam Mata Kuliah Umum Bahasa Indonesiaâ€. Disertasi. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Lickona, T. 1992. Educating for Character, How Our Schools Can Teach Respect

Responsibility. Bantam Books, New York.

Mintowati. 2003. Panduan Penulisan Buku Ajar. Depdikbud : Jakarta

Samani, M. & Hariyanto. 2012. Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Setyawati, Rukni. 2013. “Peranan Bahasa Indonesia Sebagai Sarana Membangun Karakter Bangsa†hal 741-744. Dalam Saddhono, dkk. (Ed). Proceeding Seminar InternasionalPengembangan Peran Bahasa dan Sastra Indonesia untuk Mewujudkan Generasi Berkarakter. Surakarta: UNS.

Slavin, Robert E. 2009. Cooperative Learning (Teori, Riset, Praktik). Bandung: Nusa Media.

Sugiono, 2007. Metode penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitataf,dan R&D. Bandung. Alfabeta

Sugiyanto. 2010. Model-model Pembelajaran Inovatif. Surakarta: Yuma Pustaka.

Suyono & Hariyanto. 2011. Belajar dan Pembelajaran, Teori dan Konsep Dasar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Subyantoro, dkk. 2011. Prosiding Bahasa dan Sastra Indonesia konservasi dan

Pendidikan Karakter. Semarang Kepl Press.

Penulis

Mursyid Mursyid
mursyid.uin17@gmail.com (Kontak utama)
Yuli Amaliah

Rincian Artikel