Ikhtiar Prodi Perbandingan Mahdzab Fakultas Syariah Dan Hukum Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Meningkatkan Kompetensi Pendidik Melalui Lesson Study

moh zainul arifin (1)
(1) FSH UINSA, Indonesia

Abstrak

Kajian ini merupakan ulasan ilmiah tentang peran lesson study dalam meningkatkan kompetensi dosen program studi perbandingan Madzab Fakultas Syariah dan Hukum UIN Sunan Ampel Surabaya yang dibiayai oleh penelitian tahun 2018 dalam cluster penelitian pepengembangan program studi. Kajian ini difokuskan pada pelaksanaan tahapan lesson study yang terdiri atas plan. do, dan see dengan tujuan untuk meningkatkan kompetensi Pendidik. Dengan demikian kajian ini dapat dikatagorikan sebagai action research. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Data dikumpulkan menggunakan instrument observasi, angket, dan pedoman wawancara. Data dianalisis menggunakan analisis grounded theory.

 

Hasil kajian menunjukkan bahwa peran lesson study pada dapat meningkatkan kompetensi dosen. Hal ini dapat dilihat dari indikator tenaga pendidik berhasil menyusun silabi mata kuliah kajian teks Arab, yang sebelumnya silabi perkuliahan belum ada, pada pelaksanaan lesson study, silabus mata kuliah tersebut telah mampu disusun.

 

Kata kunci: Kompetensi Dosen, Lesson Study

Artikel teks lengkap

##article.generated_from_xml##

Penulis

moh zainul arifin
zainularifin231@gmail.com (Kontak utama)

Rincian Artikel