FKIP UMSurabaya

Persepsi Guru Terhadap Pelaksanaan Kurikulum 2013

Kabiba Kabiba, Junaidin Junaidin, Intan Irwana

Sari

Penerapan kurikulum 2013 memunculkan tanggapan dari berbagai kalangan, terutama bagi para guru, karena banyak guru yang tidak memahami dan mengerti pelaksaan kurikulum 2013 sehingga berdasarkan kondisi tersebut peneliti tertarik untuk mengetahui tanggapan para guru terhadap  penerapan kurikulum 2013. Oleh karena itu, fokus penelitian ini adalah Bagaimana persepsi guru terhadap pelaksanaan Kurikulum 2013 yang berada di SD Negeri 6 Poasia, Kendari? dengan sub fokus; pelaksanaan kuirkulum 2013, persipsi guru, administrasi pembelajaran dan sarana pendukung pembelajaran guru dan siswa. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan jenis deskriptif, yakni suatu bentuk penelitian yang memberikan gambaran mengenai objek yang di amati atau fokus penelitian.. Metode yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah metode Purposive Sampling. Sumber data guru yang mengajar di SD Negeri 6 Poasia, Kota Kendari, berjumlahnya 12 orang sebagai informan utama dan dan termaksud kepala sekolah serta Wakil Kepala Sekolah. Berdasarkan analisis data, diperoleh  kesimpulan terkait persepsi guru dalam pelaksanaan kurikulum 2013 di SDN 06 Poasia Kota Kendari adalah perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi hasil belajar siswa serta sarana dan prasarana. Perencanaan meliputi penyusunan silabus dan RPP dalam memulai pembelajaran, Pelaksanaan meliputi kegiatan inti dalam proses belajar mengajar sedangkan evaluasi meliputi penilaian hasil belajar dan memberikan remedial pada siswa. Pelaksanaan kurikulum 2013 di SD Negeri 6 Poasia Kota Kendari masih memiliki kekurangan seperti sarana dan prasarana yang kurang memadai serta waktu jam mengajar yang bertambah sehingga guru cenderung belum maksimal dalam menerapkan kurikulum 2013 di SD Negeri 6 Poasia Kota Kendari.

Kata Kunci

persepsi guru, kurikulum 2013

Teks Lengkap:

PDF

Referensi

Ansori, I., (2015), Persepsi Guru Dalamimplementasi Kurikulum 2013di Sekolah Dasar Negeri 07 Kauman BatangTahun Pelajaran 2014/2015. Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan. Universitas Muhammadiyah Surakarta. Surakarta.

Arifin, R., (2014), Persepsi Guru Terhadap Implementasi Kurikulum 2013 Bidang Keahlian Teknik Bangunan Di SMK Negeri 2 Yogyakarta. Fakultas Teknik. Universitas Negeri Yogyakarta.

Ciptasari, I, N., (2015), Persepsi Guru Terhadap Pelaksanaan Kurikulum 2013 Pada Mata Pelajaran Sejarah (Studi Kasus Guru Sejarah Di Sman 1 Sawan). Fakultas Ilmu Sosial. Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja

Hamalik, A., (2002 : 39), Pendidikan Guru Berdasarkan Kompetensi, Cet ke-7. Jakarta : PT. Bumi Aksara

Moleong, L, J. 2006. Metodologi Penelitian Kualitatif: Edisi Revisi. PT. Remaja Rosdakarya. Bandung.

Mulyasa, 2006. Menjadi Guru Profesional.Bandung: Rosda Karya.

Nawawi, Hadari. 2005. Metode Penelitian Bidang Sosial. Yogyakarta: Gdjah Mada University Press

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI Nomor 22 Tahun 2006.

Sanjaya,Wina. 2008. Kurikulum dan Pembelajaran. Bandung: Kharisma Putra Standar Isi.

Sugiyono, (2014). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sukmadinata. 2001. Pengembangan Kurikulum. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

Sutopo, H.B. 2006. Metodologi Penelitian Kualitatif. Surakarta: Universitas Sebelas Maret

Umaedi. 2001. Manajemen Berbasis Sekolah Untuk Sekolah Dasar. Jakarta: Dirjen Dikdasmen Utama.

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.