FKIP UMSurabaya

Pengelolaan Pembelajaran IPS

Wa Rosida

Sari

Tujuan penelitian ini secara umum mendeskripsikan pengelolaan pembelajaran IPS. Secara rinci tujuan penelitian ini ada tiga, yaitu: mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran IPS di SMK Negeri 1 Lawa. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Informan: kepala sekolah, wakil kepala sekolah bidang kurikulum, satu orang pengawas, satu orang guru IPS dan empat orang siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, dokumentasi dan observasi. Teknik analisi data dilakukan melalui empat tahapan yang meliputi : pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian (1) Perencanaan pembelajaran IPS diwujudkan dalam bentuk RPP. Penyusunan RPP meliputi: penentuan identitas, standar kompetensi, kompetensi dasar, indikator, tujuan pembelajaran, materi pembelajaran, metode pembelajaran, sumber belajar, langkah-langkah pembelajaran dan penilaian hasil belajar, (2) Pelaksanaan pembelajaran IPS dilakukan dalam tiga tahap, yaitu tahap awal pembelajaran, tahap inti pembelajaran dan tahap ahkir pembelajaran. Pada tahap awal pembelajaran guru mengapersebsi dan memotivasi siswa agar siap dalam mengikuti proses pembelajaran. Pada tahap inti pembelajaran guru menjelaskan, tanya jawab, dan diskusi kelompok sesuai dengan materi yang akan disampaikan. Pada tahap akhir pembelajaran guru membimbing siswa menyimpulkan meteri yang telah diajarkan serta memberikan tugas, (3) Evaluasi pembelajaran IPS dilakukan dalam tiga tahap yaitu ulangan harian, ulangan tengah semester dan ulangan umum. Tindak lanjutnya diadakan perbaikan. Pengelolaan pembelajaran IPS terdiri dari tahapan-tahapan berikut: perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan tindak lanjut. Tahapan yang telah dibahas tersebut merupakan satu rangkayan kegiatan yang tepadu, tidak bisa dipisahkan satu sama lain.

Kata Kunci

Perencanaan, Evaluasi, Pembelajaran

Teks Lengkap:

PDF

Referensi

Ahmadi, Khoiru. 2011. Mengembangkan Pembelajaran IPS Terpadu. Jakarta: PT Prestasi Pustakarya.

Al Muchtar, S. 2000. Epistemilogi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial. Bandung: Gelar Pustaka Mandiri

Deal, Debby; C. Stephen Whaite. 2006. “Voice From The Classroom: Literacy Beliefs and Practices of Two Noice Elementry Teachers”. Journal of Research in childhood Education. Olney.

Dimyati dan Mudjiono, 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Hasibuan, Malayu. 2006. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Muslich, Mastur. 2008. KTSP Pembelajaran Berbasis Kompetensi dan Kontekstual. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Pidarta, Made. 2004. Manajemen Pendidikan Indonesia. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Rangga, Bhian., dkk. 2013. Sistem Pengelolaan Pembelajaran IPS dan Geografi. Tersedia: http://bhianrangga.wordpress.com.2013/06/29/sistem-pengelolaan-sistem-pembelajaran-ips-dan-geografi/. Diakses Sabtu 15 Maret 2014.

Rassuli, Ali, John P Manzer, 2005. Teach Us to Learn: Multivariate Analysis of Perception of Success in Team Learnign. Journal of Education for Business, Washington;

Rohani, Ahmad. 2004. Pengelolaan Pengajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Russel, Viviene. 2007. Plans for Slimmer, More Flexible Curriculum Welcomed, Public Finance, Journal of Academic Research Library, pg.11.

Sagala, Syaiful. 2009. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta

Semiawan, Conny. 1987. Memupuk Bakat dan Kreatifitas Siswa Sekolah Menengah. Jakarta: PT Gramedia.

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional

Wei-ping, Lu dan Shao, Zuo. 2010. Development on Quality Assurance of Teaching and Learning. Jurnal Manajemen Science and Engineering. Volume 4 Nomer 2: 62-68.


DOI: http://dx.doi.org/10.30651/didaktis.v18i3.1849

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.