FKIP UMSurabaya

Peran Guru dalam Implementasi Kurikulum 2013 di SMU Negeri 1 Wundulako Kabupaten Kolaka Propinsi Sulawesi Tenggara

Rahmawati Rahmawati

Sari

Implementasi kurikulum 2013 mencakup tiga kegiatan pokok yakni pengembangan program, pelaksanaan pembelajaran, dan evaluasi. Perubahan empat elemen utama yang ditonjolkan termasuk diantaranya adalah Standar Kompetensi Lulusan, standar isi, standar proses, dan standar penilaian. Implementasi kurikulum 2013 diharapkan mampu menghasilkan insan produktif, kreatif, dan inovatif untuk bersaing dalam dunia internasional. Peran guru dalam implementasi kurukulum sangat penting guna meningkatkan mutu pendidikan dan menghasilkan out put yang berkualitas serta mampu bersaing di Era-Globalisasi. Penelitian ini dilaksanakan di SMU Negeri 1 Wundulako Kabupaten Kolaka Propinsi Sulawesi Tenggara bertujuan untuk mendeskripsikan peran guru dalam implementasi kurikulum 2013 di SMU Negeri 1 Wundulako Kabupaten Kolaka Propinsi Sulawesi Tenggara. Penentuan subjek penelitian ini informan yang akan dijadikan sebagai sumber untuk mendapatkan informasi dalam penelitian ini adalah wakil kepala sekolah bagian kurikulum, guru dan siswa. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat diketahui bahwa peran guru dalam implementasi kurikulum 2013 seperti; Peran guru dalam implementasi kurikulum 2013 di SMU Negeri 1 Wundulako secara umum sudah berajalan dengan baik, hal tersebut terlihat dalam perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran dan evaluasi pembelajaran. Perencanaan pembelajaran meliputi: penyusunan program tahunan, program semester, Silabus serta penyusunan RPP yang disesuaikan dengan aturan baru yang berpedoman pada silabus. Dalam pelaksanaan pembelajaran; tercakup dalam kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, kegiatan penutup, pendekatan saintifik, penggunaan media pembelajaran, dan penggunaan metode pembelajaran yang bervariasi. Sedangkan evaluasi pembelajaran dilakukan dengan penilaian otentik untuk menilai mulai dari awal pembelajaran/input, proses, dan output pembelajaran. Penilaian dilakukan melalui beberapa tahap yaitu melalui pengamatan, penilaian diri sendiri, penilaian siswa dan penilaian antar siswa dengan menggunakan teknik penilaian yang bervariasi.

Kata Kunci

Peran Guru, Implementasi, Kurikulum 2013

Teks Lengkap:

PDF

Referensi

E. Mulyasa. 2013. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT . Remaja Rosdakarya.

Harjanto. 2003. Perencanaan Pengajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Hidayat, S. 2013. Pengembangan Kurikulum Baru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Kwartolo, Yuli. 2002. Catatan Kritis tentang Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jurnal Pendidikan Penabur. Vol. 1. Eds 1: 1-9.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. 2013. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 65 Tahun 2013. tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta.

______2013. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 70 Tahun 2013 tentang Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum Sekolah Dasar Menengah Kejuruan/Madrasah Aliyah Kejuruan. Jakarta.

Martinis Yamin. 2007. Profesionalisasi guru dan implementasi kurikulum KTSP. Jakarta: Gaung Persada Press

Partin, R. 2009. The Classroom Teacher’s Survival Guide (3th ed). San Fransisco: John Wiley&Sons.

Peraturan Pemerintah. 2013. Peraturan Pemerintah No. 32 Tahun 2013 tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah No. 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan. Jakarta.

Sanjaya. Wina. 2012. Strategi pembelajaran beriorentasi standar proses pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

. 2011. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana. Hal 52

Sudjimat, Dwi. A. 2014. Perencanaan Pembelajaran Kejuruan. Malang: UM Press

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif,dan R & D. Bandung: Alfabeta.

.. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif,dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Taufina. 2009. Authentic Assessment dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas

Rendah SD. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan. 9(1): 113-120.

Toht, Peter. 2012. Learning Strategies and Style in Vocational Education. Acta Polytechnica Hungarica. Vol. 9, Eds 3: 195-216.

Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. 2003. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.