FKIP UMSurabaya

Identifikasi Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah

Nurzaima Nurzaima

Sari

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana gaya kepemimpinan kepala sekolah yang demokratis. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan gaya kepemimpinan kepala MTs Al-Ikhwan Labungka. Manfaat penelitian ini ada dua yaitu; manfaat teoritis; memberikan informasi baru dalam pendidikan khususnya pengelolaan manajemen oleh para kepala sekolah dalam peningkatan mutu pendidikan yang tercermindalam kualitas sekolah. dan manfaat praktis; membantu kepala sekolah mengungkapkan taraf  posisi keberhasilan Mts Al-Ikhwan Labungka. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun yag diwawancara dalam penelitian ini adalah  4 orang guru, kepala sekolah, dan wakil kepala sekolah bagian kurikulum. Teknik analisis data dilakukan melalui empat tahapan yang meliputi: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Keabsahan data. Hasil penelitian diperoleh bahwa gaya kepemimpinan kepala sekolah di MTs Al-Ikhwan diimplementasikan sesuai  kriteria pemimpin yang demokratis yaitu melibatkan bawahannya dalam musyawarah untuk peningkatan mutu pendidikan dan menjalin komunikasi yang lebih baik bagi hubungan formal dan informal. Kepala sekolah juga selalu memperlakukan dan memuaskan kebutuhan bawahannya dengan adil. Dengan gaya kepemimpinan seperti ini maka sekolah  tersebut dapat memiliki  keampuan yang memadai.

Kata Kunci

kepemimpinan, gaya kepemimpinan

Teks Lengkap:

PDF

Referensi

Anoraga, P. (2002). Psikologi kepemimpinan. Jakarta: Rineka Cipta.

Bass & Yukl. (1989). Human Motivation. New York: Cambridge University

Buchari, Zainun. 1989. Manajemen dan Motivasi. Jakarta: Balai Aksara

Buchari, Zainun. 1989. Manajemen dan Motivasi. Jakarta: Balai Aksara

Depdiknas. 2000. Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah. Jakarta: Gunung Agung.

Davis & Newstrom. (2005). Managing Human Resource Productivity, Quality of Work , Life and Profit, 4th. Edition. New York : Mc.Graw Hill, Inc.

Greenfield (2007). Organisasi dan Manajemen: Perilaku, struktur, proses. (Diterjemahkan oleh Nunuk Adiarni MM, Editor: Lydon Saputra). Jakarta: PT. Bina Aksara.

Heck, dkk. (2001). Antropologi Pendidikan. (Diterjemahkan oleh Imran Manan). Jakarta: P2LPTK, Ditjen Dikti, Depdikbud.

Handoko, T, Hani. (2001). “Manajemen”.Yogjakarta: BPFE.

Handoko, T, Hani. (2001). “Manajemen”.Yogjakarta: BPFE.

Heck, dkk. (2001). Antropologi Pendidikan. (Diterjemahkan oleh Imran Manan). Jakarta: P2LPTK, Ditjen Dikti, Depdikbud.

Huberman dan Miles B, A.M,. (2007). Qualitative Data Analysis: A Sourcebook of New Methods. Sage Publications: London.

Kartono, Kartini (2008). Pemimpin dan Kepemimpinan. Jakarta: CV. Rajawali.

Komariah. (2011). Metodologi Pendekatan Kualitatif (Edisi Revisi). Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Samino, A. (2012). Profesionalisme Keguruan. Yokyakarta: Kanisius.

Samino. 2012. Kepemimpinan Pendidikan. Solo: Fairuz Media

Sutrisno. 2010. Kepemimpinan Pendidikan. Yogyakarta. PT Pustaka Insan Madani.

Saprin. (2010). Optimalisasi Fungsi Manajemen Dalam Pembelajaran: Tesis. Makassar: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar Press.

Siagian, S.P. (2003). Teori dan Praktek Pengambilan Keputusan. Jakarta: CV Haji Masagung.

Siagian, S.P. (2003). Teori dan Praktek Pengambilan Keputusan. Jakarta: CV Haji Masagung.

Syaodih Nana (2007). Metode Penelitian Administrasi. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2011) Metode Penelitian Kombinasi (mixed methods) Bandung: CV. Alfabeta

Tanjung Rahman Arif (2006). Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Penerapan Manajemen Berbasis Sekolah pada SMA Negeri I Gunung Sindur Bogor. Jakarta: P2LPTK, Ditjen Dikti, Depdikbud.

Thoha, Miftah. (2003). Kepemimpinan Dalam Manajemen. Jakarta : PT. Raja Persada.

Tichy & Devanna. (1986). Multi Auditor Judgment/Decision Making Research: A Decade Later: Journal of Accounting Literature. Vol. 16: 86-126.

Wahjosumidjo. (2001). Kepemimpinan dan Motivasi. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Wagiman, H.A. (2005). Persepsi Guru Terhadap Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah SD Tarakanita Jakarta. Jakarta: Kanisius

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.