FKIP UMSurabaya

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Belajar Masyarakat Bajo

Apriani Safitri, Nurmayanti Nurmayanti

Sari

Membangkitkan minat belajar bagi seseorang merupakan hal yang sangat penting karena minat selalu membangkitkan pemusatan pikiran, menimbulkan kegembiraan dalam belajar serta memperbesar daya kemampuan belajar seseorang. Seseorang yang belajar diusahakan adanya minat sehingga materi yang dipelajarinya dapat bermanfaat.

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah faktor - faktor  apakah yang mempengaruhi minat belajar masyarakat Bajo di Desa Kampoh Bunga Kecamatan  Wawolesea Kabupaten Konawe Utara”?. Tujuan penelitian ini adalah “untuk menemukan informasi dan mengetahui faktor–faktor yang mempengaruhi minat belajar di masyarakat Bajo Desa Kampoh Bunga Kecamatan  Wawolesea Kabupaten Konawe Utara”.

Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Informan penelitian adalah orang yang memahami atau benar-benar mengetahui permasalahan yang diteliti  untuk memberikan informasi tentang situasi dan kondisi latar belakang penelitian yakni kepala desa, guru, orang tua dan anak-anak usia sekolah. Teknik pengumpulan data yaitu: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Tekhnik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.. Dari hasil analisis penelitian, ditemukan bahwa faktor yang mempengaruhi minat belajar masyarakat bajo Desa Kampoh Bunga Kec.Wawolesea Kab.Konawe Utara adalah 1). Kondisi orang tua yang kurang mampu (faktor ekonomi), 2). Fasilitas atau sarana pembelajaran yang tidak lengkap 3). Lingkungan masyarakat, 4). Kesadaran akan kebutuhan belajar anak sangat kurang, 5). Kurangnya dukungan dan perhatian dari orang tua, 6). Figur orang tua yang senantiasa melihat keberhasilan seseorang dari ukuran yang praktis dan pragmatis. Artinya dimata orang tua yang terpenting adalah si anak dapat cepat bekerja dan mencari uang sendiri. Dengan demikian bahwa untuk meningkatkan minat belajar siswa tidak hanya menjadi tanggung jawab orang tua, masyarakat tetapi juga dari pemerintah setempat untuk kemudian memperhatikan kebutuhan belajar anak khususnya pengadaan sarana dan prasarana pendidikan.

Kata Kunci

Minat Belajar, Masyarakat Bajo

Teks Lengkap:

PDF

Referensi

Abdulsyani. 2007. Sosiologi Skematika, Teori dan Terapan. PT. Bumi Aksara. Jakarta

Ahmadi dan Supriyono. 2004. Psikologi Belajar. Jakrta: Rineka Cipta.

Anwar, H. 20018. Asal-Usul Persebaran Suku Bajo. Unhalu. Press: Kendari

Djamarah, Bahri Syaiful., 2008. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta, Cet 2.

Hadi, Soedomo. 2003. Pengantar Pendidikan. Surakarta: UNS Pers.

Izmiyah, Liswatul. 2012. Skripsi: Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Minat Belajar Siswa Kelas X Madrasah Aliyah Khairuddin Gondanglegi Pada Muatan Lokal Tata Busan. Di akses pada tanggal 24 April 2016

Manan A, 2009. Suku Bajo dan No Go Area. Unhalu. Press: Kendari.

Mahmud, 2010. Psikologi Pendiidikan. Bandung Pustaka Setia.

Slameto, 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Rineka Cipta. Jakarta.

Sugiyono, 2009. Metode Penelitian kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Syah, Muhibbin., 2008. Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru.Bandung: Rosdakarya

., 2006. Psikologi Belajar,Jakarta, Raja Gravindo Persada.

Usman, Muh.User., dan Setiawati, L, 2010. Upaya Optimalisasi Kegiatan Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Winataputra, U., 2007. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Universitas Terbuka.

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.