FKIP UMSurabaya

Penilaian Program Keaksaraan Usaha Mandiri (KUM) dengan Menggunakan Teknik Evaluasi Model Coin Pro2 (Context, Input, Process, and Product) dalam Rangka Pengendalian Mutu Program PAUDNI

Sadiin Sadiin

Sari

Karya ilmiah ini ditulis untuk menilai penyelenggaraan program KUM dalam pengendalian mutu program tersebut. Melalui penilaian dengan COIN PRO2 (Context Input Process and Product) diharapkan memperoleh gambaran yang lebih jelas mengenai berbagai permasalahan yang muncul dan upaya pemecahan pada penyelenggaraan program KUM dalam menetapkan langkah perbaikan dan penyempurnaan di masa yang akan datang. Penelitian ini bertujuan mendapatkan deskripsi empirik dan pelaksanaan program KUM yang diselenggarakan PKBM, terkait antara lain tingkat kebutuhan masyarakat akan program KUM dan lingkungan Lembaga PAUD dalam mendukung program KUM, Karakteristik WB, Kepala dan Guru PAUD dan penyelenggara, sarana prasarana, serta program pembelajaran yang dapat mendukung pelaksanaan program KUM, Proses pembelajaran program KUM dan Hasil belajar yang diperoleh warga belajar setelah mengikuti program KUM. Karya ilmiah ini secara teoretis, diharapkan bermanfaat dalam memberikan sumbangan tentang terapan teori, utamanya tentang kesiapan, pelaksanaan dan keefektifan penyelenggaraan program KUM.

Kata Kunci

Teknik Penilaian, Program KUM, Evaluasi Model Coin Pro2

Teks Lengkap:

PDF

Referensi

Azwar, S. (2006). Reliabilitas dan Validitas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Archer, D. & Cotting, S. (1995). Reflect mother manual: Regerated freirean literacy through empowering community techniques. London: Actionaid.

Bartin, T. (2006). Pendidikan orang dewasa sebagai basis pendidikan non formal. Jurnal Teknodik, 19, 154-171.

Bhola, H.S. (1994). A sources book for literacy work. Perspective from the grass roots.London: Jessica Kingsley Publishers/UNESCO Publishing.

Bozarth, J. (2008). From Analysis to Evaluation: Tools, Tips, and Techniques for Trainers. San Francisco: Pfeiffer.

Depdiknas (2003). Undang-undang RI No. 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional (Sisdiknas). Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

_________. (2014). Laporan Akuntabilitas Kinerja Ditjen PAUDNI Tahun 2017.Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Nonformal dan Informal.

Hiryanto, (2010). Pengendalian Mutu Program Pendidikan Nonformal dan Informal.Yogyakarta: Bahan Diklat Fungsional Penilik.

Kahar, A. (2000). Pendekatan Keaksaraan Fungsional dalam Proses Pembelajaran pada Kelompok Belajar Pemberantasan Buta Aksara. Tesis tidak dipublikasikan. UNY.

Komar, O. (2006). Filsafat pendidikan nonformal. Bandung: CV. Pustaka Setia.

Kusnadi. (2005). Pendidikan keaksaraan. filosofi, strategi, implementasi. Jakarta: Depdiknas.

Pemprov Jawa Timur. (2012). Modul pendidikan keaksaraan usaha mandiri.Semarang: Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur.

Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.

Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 14 Tahun 2010 tentang Jabatan Fungsional Penilik dan Angka Kreditnya.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 38 Tahun 2017 tentang Petunjuk Teknis Jabatan Fungsional Penilik dan Angka Kreditnya.

Posavac, E. & Carey, RG. (1985). Program evaluation method and case study. United State of America: Prentice – Hall.Inc.

Rogers, A. (2005). Non-Formal Education. New York: Springer Science+Business Media. Inc.

Rouse, M. (2011). Total Quality Management.http://whatis.techtarget.com/ definition/quality-control-QC.Diunduh 6 Maret 2014.

Sholikhatun.(2012). Subjek, Sasaran, Prinsip, dan Alat Evaluasi.http://sholikhatun29. blogspot.com/2012/11/subjek-sasaran-prinsip-dan-alat-evaluasi.html. Diunduh 6 Maret 2014.

Sihombing, U. (2000). Pendidikan luar sekolah manajemen strategi. Jakarta: PD Mahkota.

Sodiq, A.K. (2007). Pendidikan keaksaraan untuk mencerdaskan kehidupan masyarakat. Jurnal Ilmiah Visi PTK-PNF, vol.2, No. 1, 23-27.

Sudjana, D. (2000). Pendidikan luar sekolah, wawasan, sejarah perkembangan, falsafah dan teori pendukung asas. Bandung: Nusantara Press.

__________ (2006). Evaluasi program pendidikan luar sekolah.Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Suharsimi, (2012).Evaluasi program pendidikan.http://anan-nur.blogspot.com/2012/ 01/evaluasi-program-pendidikan-prof-dr.html. Diunduh 4 Maret 2014.

Uhar, S.P. Pendidikan Nonformal. http://uharsputra.wordpress.com/pendidikan/ pendidikan-nonformal/.Diunduh 6 Maret 2014.

Wirawan. (2011). Evaluasi: Teori, Model, Standar, Aplikasi, dan Profesi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Worthen, B.R. & Sanders, J.R. (1973). Educational evaluation: Theory and practice.Woshington, Ohio: Charles A. Jones Publishing Compani.

Wisnu, A.P. (2008). Evaluasi Program Keaksaraan Fungsional di Kecamatan Kaloran Kabupaten Gresik Jawa Timur. Tesis tidak dipublikasikan. UNY.

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.