Upaya Meningkatkan Belajar PKn Materi Kebebasan Berorganisasi Melalui Metode Mind Mapping Bagi Siswa Kelas V SD Negeri Babatan Tahun Pelajaran 2016/2017

Puji Rahayu (1)
(1) SDN Babatan Gresik, Indonesia

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas V semester 2 SD Negeri Babatan Balongpanggang tahun pelajaran 2016/2017 dalam pembelajaran PKn materi Kebebasan Berorganisasi melalui penggunaan metode mind-mapping. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri Babatan Balongpanggang UPTD Pendidikan Kecamatan Balongpanggang, Kabupaten Gresik pada semester 2 tahun pelajaran 2016/2017 selama 1 (satu) bulan. Subjek penelitian adalah siswa kelas V Semester 2 di SD Negeri Babatan Balongpanggang UPTD Pendidikan Kecamatan Balongpanggang, Kabupaten Gresik tahun pelajaran 2016/2017 yang terdiri dari 18 orang siswa.  Prosedur penelitian dalam penelitian tindakan ini pada intinya mengacu pada desain penelitian yang digunakan, yaitu perencanaan; pelaksanaan; observasi; dan refleksi hasil tindakan. Penelitian ini menyimpulkan bahwa Penggunaan pembelajaran mind-mapping dapat meningkatkan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran PKn materi “Kebebasan Berorganisasi†bagi siswa kelas V semester 2 SD Negeri Babatan Balongpanggang, Gresik tahun pelajaran 2016/2017.  Hal ini ditunjukkan dengan meningkatnya nilai rata-rata hasil belajar dan tingkat ketuntasan belajar siswa pada setiap siklus tindakan yang dilakukan. Nilai rata-rata prestasi belajar siswa pada kondisi awal adalah sebesar 67.78. Nilai rata-rata tersebut mengalami peningkatan menjadi 72.00 pada akhir tindakan Siklus I, dan meningkat menjadi sebesar 77.56 pada akhir tindakan Siklus II. Ditinjau dari penguasaan penuh secara klasikal, ketuntasan belajar siswa mengalami peningkatan dari 55.56% pada kondisi awal meningkat menjadi 61.11% pada akhir tindakan Siklus I, kemudian meningkat menjadi 94.44% pada akhir tindakan pembelajaran Siklus II.

Artikel teks lengkap

##article.generated_from_xml##

Referensi

Anni, Catharina Tri. 2005. Psikologi Pendidikan. Semarang : UPT MKK UNNES.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Penelitian Tindakan: untuk Guru, Kepala Sekolah & Pengawas. Yogyakarta: Aditya Media.

Buzan, Tony. 2008. Buku Pintar Mind Map. Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama

Djamarah, S.B. 2010. Psikologi Belajar. Rineka Cipta: Jakarta.

Indrawati dan Setiawan. 2009. Keterampilan Proses Sains. Bandung: Pusat Pengembangan Penataran Guru Ilmu Pengetahuan Alam.

Lexy J. Moeleng, M.A. Metodologi Penelitian Kualitatif (Edisi Revisi), (Bandung : Remaja Rosdakarya. 2014 )

Muhammad Ali, Guru Dalam Proses Belajar Mengajar (Bandung: Sinar Baru Algesindo, 2007)

Noer Farida. 2011. Efektivitas Pembelajaran Sistem Gerak Pada Manusia Melalui Pendekatan CTL Berbasis Mind Mapping Di SMP Negeri 2 Ungaran. http:/lib.unnes.ac.id.8376/

Olivia, Femi. Gembira Belajar dengan Mind Mapping… (Jakarta : Elex Media Komputindo. 2008)

Poerwodarminto, Kamus Besar Bahasa Indonesia, (Jakarta : Balai Pustaka, 1996) Setiati Widihastuti, Fajar Rahayuningsih. Pendidikan Kewarganegaraan, (Jakarta : PT Pustaka Tiga Kelana. 2008)

Rusman. 2012. Model-model Pembelajaran. Jakarta: Radjawali Press.

Sadiman, Arief S. 2009. Media pendidikan: pengeratian, pengembangan, dan pemanfaatannya. Jakarta: Cv. Rajawali.

Sagala, S. 2011. Konsep dan Makna Pembelajaran. Alfabeta: Bandung.

Soetriono, Rita Hanafie. 2007. Filsafat Ilmu dan Metodologi Penelitian. Yogyakarta : Andi Offset.

Sudjana, Nana. 2012. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru

Susilowati. 2013. “Integrated Science Worksheet Pembelajaran IPA SMP Dalam Kurikulum 2013†Makalah. Disampaikan dalam PPM “Diklat Pengembangan Student Worksheet ntegrated Science bagi Guru SMP/MTs di Kabupaten Sleman†Tanggal 24 Agustus 2013.

Suyatno. 2009. Menjelajah Pembelajaran Inovatif. Sidoarjo: Masmedia Buana Pustaka

Trianto. 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Jakarta: Kencana.

Winkel, WS. 2001. Psikologi Pengajaran. Jakarta: Gramedia.

Wiriaatmadja, Rochiati. 2006. Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Penulis

Puji Rahayu
rahayupuji1@gmail.com (Kontak utama)

Rincian Artikel

No Related Submission Found