FKIP UMSurabaya

Peningkatan Pembelajaran IPA Melalui Model Pembelajaran Nyata dengan Penilaian Autentik Assesment pada Siswa Kelas V SDN Wotansari Tahun Pelajaran 2017/2018

Wahyudi Wahyudi

Sari

Untuk dapat mempelajari sesuatu dengan baik, kita perlu mendengar, melihat, mengajukan pertanyaan tentangnya dengan membahasnya dengan orang lain. Bukan hanya itu kita juga perlu “mengerjakannya”  yakni penggambarkan sesuatu dengan cara kita sendiri, menunjukkan contohnya, mencoba mempraktekkan  keterampilan, dan mengerjakan tugas menuntut pengetahuan yang telah kita dapatkan, utamanya dalam hal pembelajaran terhadap siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terjadi peningkatan prestasi belajar pendidikan IPA  setelah diterapkan  Strategi Pembelajaran Nyata, serta ingin mengetahui pengaruh Strategi Pembelajaran Nyata terhadap peningkatan prestasi dan motivasi belajar materi pelajaran IPA. Penelitian ini menggunakan tindakan (Action research) sebanyak tiga putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu : rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi dan refisi. Sasaran penelitian  ini adalah siswa kelas V SDN Wotansari Kecamatan Balongpanggang Kabupaten Gresik  Tahun Pelajaran 2017/2018. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi  kegiatan belajar mengajar. Dari hasil  analis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai III yaitu, siklus I (75,50%), siklus II (82,50%), siklus III (100,00%). Simpulan  dari penelitian ini adalah metode pembelajaran Nyata dapat berpengaruh positif terhadap prestasi dan motivasi belajar Siswa  kelas V SDN Wotansari Kecamatan Balongpanggang Kabupaten Gresik  Tahun Pelajaran 2017/ 2018., serta Strategi  ini dapat digunakan sebagai salah satu alternative pembelajaran IPA.

Kata Kunci

IPA, Pembelajaran Nyata

Teks Lengkap:

PDF

Referensi

Arend, R. I. 1997. Classroom Instruction and Management. New york: McGraw-Hill.

Arikunto, S. 2001. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Arikunto, S. 2002. Prosedur Penelitian. Revisi kelima. Jakarta: Rineka Cipta.

Budayasa, I. K. 1998. Teori Belajar Perilaku. Buku ajar yang dikembangkan dalam rangka penelitian berjudul Restrukturisasi Kurikulum PBM dan Peningkatan Hubungan IKIP Surabaya dengan Universitas luar Negeri. Surabaya: PPs. IKIP Surabaya.

Degeng, I Nyoman Sudana. 1989. Ilmu Pelajaran Taksonomi Variabel. Jakarta: Depdikbud Dikti.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. 1999. Penyempurnaan/ Penyesuaian Kurikulum Pendidikan Dasar 1994 (suplemen GBPP) Jakarta.

Effendi. 1999. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika SLTP Pokok Bahasan Cahaya Berorientasi Model Pembelajaran Nyata. Tesis Magister Pendidikan yang tidak dipublikasikan, Universitas Negeri Surabaya.

Hudojo, Herman. 1988. Mengajar Belajar Matematika. Jakarta: Dirjen Dikti P2LPTK.

Kardi, Soeparman. 1997. Direct Instruction, Penemuan Terbimbing dan Investigasi Kelompok, IKIP Surabaya.

Kuswardi, Yemi. 2001. Penerapan Model Pembelajaran Nyata pada Pokok Bahasan Persamaan Linier dengan Satu Peubah. Tesis Magister Pendidikan yang tidak dipublikasikan, Universitas Negeri Surabaya.

Mulyasa, E. 2000. Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta: Bumi Aksara.

Margono. 1997. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Nur, M.2000. Pengajaran Langsung. Surabaya: University Press Surabaya.

Rusyan, T., Atang Kusnidar, Zainal Arifin. 1989. Pendekatan dalam Proses belajar Mengajar. Bandung: Remaja Karya.

Soedjadi, R. 1991. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Cetakan Kedua. Jakarta: Rineka Cipta.

Soekamto, T., Winataputra dan Saripudin, U. 1995. Teori Belajar dan Model-model Pembelajaran. Jakarta: Pusat Antar Universitas Untuk Peningkatan Respon Instruksional Dirjen Dikti Diknas.

Thiagarajan, S & Semmel, M. M. I. 1974. Instructional Development for Training Teacher of Expentional Children. Bloomington: Indiana University.

Winkel, WS. 1989. Psikologi Pengajaran. Jakarta: Gramedia.

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.