FKIP UMSurabaya

Meningkatkan Pemahaman Anak Tentang Konsep Pecahan Sederhana pada Siswa Kelas III dengan Menggunakan Media/Alat Peraga dari Benda Konkret Maupun Gambar-Gambar

arifin arifin

Sari

Pembelajaran Matematika tidak lagi mengutamakan pada penyerapan melalui pencapaian informasi, tetapi lebih mengutamakan pada pengembangan kemampuan dan pemrosesan informasi. Untuk itu aktivitas peserta didik perlu ditingkatkan melalui latihan-latihan atau tugas Matematika dengan bekerja kelompok kecil dan menjelaskan ide-ide kepada orang lain (Hartoyo, 2000: 24). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa setelah diterapkannya metode Media/Alat Peraga Dari Benda Konkret Maupun Gambar-Gambar, serta untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar siswa setelah diterapkan metode Media/Alat Peraga Dari Benda Konkret Maupun Gambar-Gambar. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak tiga putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas VI Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Dari hasil analis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus III yaitu, siklus I (NIP. ,74%), siklus II (NIP 76,00%), siklus III (NIP. 86%). Kesimpulan dari penelitian ini adalah metode metode Media/Alat Peraga Dari Benda Konkret Maupun Gambar-Gambar dapat berpengaruh positif terhadap motivasi belajar Siswa Kelas III SDN I Balongpanggang Kecamatan Balongpanggang Kabupaten Gresik Tahun Pelajaran 2016/2017 serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pembelajaran Matematika.

Kata Kunci

Matematika, Media, Alat Peraga

Teks Lengkap:

PDF

Referensi

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. 1997. Matematika SD Kelas III. Balai Pustaka.

Depdiknas. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta.

Nur Akhsin, Heny K, Thoyibah H, 2004. Matematika 3 untuk SD Kelas III. Cempaka Putih.

Hudoyo, H. 1990. Strategi Mengajar Belajar Matematika. Universitas Negeri Malang.

Jensen, Robert J. (ed). 1993. Reasearch Ideas for the Classroom Early Chilhood Matematics. New York: Macmillan Company.

Ruseffendi, E.T. 1998. Pengantar Kepada Membantu Guru Mengembangkan

Kompetensinya dalam Pengajaran Matematika untuk Meningkatkan CBSA. Bandung: Tarsito.

Sumantri, Mulyani, Syoodiq, Nana. 2002. Perkembangan Peserta Didik. Jakarta, Universitas Terbuka.

Syamsudin, Abin, Budiman, Nandang. 2002. Profesi Keguruan 2. Jakarta, Universitas Terbuka.

Wardani, I.G.A.K., Wihardi, Kuswaya, Nasution Noehi. 2002. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta, Universitas Terbuka.

Wardani, I.G.A.K., Siti Julaeha, M.A. Pemantapan Kemampuan Profesional. Jakarta, Universitas Terbuka.

Sri Anitah W, dkk. 2007. Strategi pembelajaran di SD. Jakarta, Universitas Terbuka.


DOI: http://dx.doi.org/10.30651/didaktis.v17i3.1597

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.