FKIP UMSurabaya

Pengaruh Creativity And Innovation Skills Dan Komitmen Guru Terhadap Prestasi Sekolah Pada Sekolah Dasar Negeri Di Kecamatan Pesanggrahan

SETIAJI RAHMAWAN, Udan Kusmawan, Ajat Sudrajat

Sari

Perkembangan arus globalisasi menuntut kemajuan dan perubahan di setiap aspek kehidupan. Kemajuan harus ditunjang dengan sumber daya manusia yang berkualitas yang memiliki kreativitas dan inovasi, kompetensi yang unggul, dan kualitas pribadi. Kualitas tersebut tercipta dari proses pendidikan yang baik di lingkungan sekolah. Di Abad 21, sektor pendidikan harus  menyesuaikan diri terhadap perubahan. Guru perlu meningkatkan keterampilan, kreativitas dan inovasi. Komitmen guru terhadap organisasinya merupakan sebuah kondisi yang dirasakan oleh guru yang dapat  menimbulkan perubahan perilaku secara kuat terhadap sekolahnya. Rendahnya komitmen guru untuk melakukan perubahan akan menimbulkan dampak yang kurang baik pada produktivitas dan prestasi sekolah. Tujuan penelitian ialah untuk menguji pengaruh creativity and innovation skills dan komitmen guru terhadap prestasi sekolah di Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Pesanggrahan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan Creativity and innovation skills dan komitmen guru berpengaruh signifikan terhadap prestasi sekolah. Pengaruh tersebut terlihat dari nilai koefisiensi sebesar sebesar 0,000 < 0,05 dan nilai F hitung 9,286 > F tabel 3,14. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa creativity and innovation skills dan komitmen guru berpengaruh signifikan terhadap prestasi sekolah pada sekolah dasar negeri di Kecamatan Pesanggrahan.

Kata Kunci

creativity and innovation skills; komitmen guru; prestasi sekolah

Teks Lengkap:

PDF

Referensi

Altun, Mustafa. (2017). The Effects of Teacher Commitment on Student Achievement. International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences, Vol. 7, No. 11, 417-426

Asmani, Jamal Ma'mur. (2016). Tips Efektif Cooperative Learning. Yogyakarta : Diva Press

Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP). (2010). Paradigma Pendidikan Nasional Abad XXI. Jakarta.

International Student Assesment (PISA) Tahun 2018. Diambil 18 Mei 2019, dari situs web: http://strategi.id/dampak-revolusi-industri-4-0-kehidupan-manusia-ditentukan-oleh-mesin-algoritna/amp/

Maryati M.C. dan Syarief. (2006). Born to Fight. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Munandar, Utami. (2009). Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta.


DOI: http://dx.doi.org/10.30651/didaktis.v22i1.10042

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.