ANALISIS DISIPLIN KERJA DAN SEMANGAT KERJA KARYAWAN DI BAGIAN PRODUKSI PADA PT. SEI BELAYAN RIMBA JAYA TIMBER INDUSTRIES DI GRESIK

Penulis

  • Anis Eliyana Universitas Airlangga

DOI:

https://doi.org/10.30651/blc.v4i01.712

Abstrak

Karyawan sebagai sumber daya penting bagi perusahaan, perlu diberdayakan dan dikelola secara efektif untuk mencapai tujuannya. Pemeliharaan hubungan yang baik antara karyawan dengan perusahaan antara lain melalui disiplin kerja karyawan. Dalam upaya menciptakan disiplin kerja karyawan, perusahaan perlu memiliki berbagai ketentuan yang harus ditaati para karyawannya. Disiplin merupakan tindakan manajemen untuk mendorong karyawan agar memenuhi tuntutan berbagai ketentuan yagn harus dipenuhi dengan harapan diperoleh semangat kerja karyawan sesuai dengan keinginan perusahaan.

Demikian pula terjadi pada PT. Sei Belayan Rimba Jaya Timber Industries di Gresik. Perusahaan ini menyadari pentingnya kedisplinan karyawannya. Secara teoritis disiplin kerja memiliki pengaruh terhadap semangat kerja karyawan (Nitisemito, 1996:199), oleh karena itu penelitian ini dilakukan dengan judul “ANALISIS DISIPLIN KERJA DAN SEMANGAT KERJA KARYAWAN DI BAGIAN PRODUKSI PADA PT. SEI BELAYAN RIMBA JAYA TIMBER INDUSTRIES DI GRESIKâ€.

Untuk menjawab permasalahan serta hipotesis penelitian, maka dilakukan uji regresi linier berganda dengan hasil sebagai berikut :

  1. Koefisien determinasi (R2) sebesar 74,1%, berarti bahwa faktor-faktor disiplin kerja karyawan yang meliputi: tata tertib kerja perusahaan (X1), pengawasan manajerial (X2), dan disiplin pribadi (X3) secara bersama-sama mempengaruhi semangat kerja karyawan (Y) sebesar 74,1%. Pembuktian hipotesis pertama dilakukan berdasarkan nilai F hitung. Nilai F hitung sebesar 29,505 disertai dengan tingkat signifikansi sebesar 0,000 yang lebih kecil dari tingkat kesalahan yang ditolerir yaitu α = 0,05. Koefisien regresi masing-masing variabel bebas adalah X1 = 0,310, X2 = 0,299, X3 = 0,288 dengan konstanta 0,431 sehingga persamaan yang dihasilkan adalah :

Y = 0,431 + 0,310 X1 + 0,299 X2 + 0,228 X3

Dengan demikian faktor-faktor yang menunjang disiplin kerja baik secara bersama-sama mempunyai pengaruh yang bermakna terhadap semangat kerja karyawan PT. Sei Belayan Rimba Jaya Timber Industries di Gresik, sehingga hipotesis pertama diterima kebenarannya.

  1. Pembuktian hipotesis kedua dilakukan berdasarkan nilai t hitung. Nilai t hitung setiap variabel bebas mempunyai tingkat kesalahan lebih kecil dari tingkat kesalahan yang ditolerir yaitu α = 0,05. Dimana pengawasan manajerial (X2) memiliki nilai koefisien determinasi parsial tertinggi dibandingkan dengan variabel bebas lainnya, sehingga pengawasan manajerial (X2) merupakan variabel bebas yang dominan mempengaruhi variabel terikat yaitu semangat kerja  (Y). Dengan demikian hipotesis kedua diterima kebenarannya.

 

Kata Kunci: Disiplin Kerja, Semangat

Biografi Penulis

Anis Eliyana, Universitas Airlangga

Fakultas Ekonomi

Referensi

Agustian, Ary Ginanjar. 2001. Rahasia Sukses Membangun Kecerdasan Emosi dan Spiritual ESQ. Jakarta; Arga Wijaya Persada.

Arikunto, S. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Cetakan 12. Jakarta; PT. Rineka Cipta.

Gomes, Faustino. C. 2001. MSDM. Yogykarta: Andi Offset.

Hadi, Sutrisno. 1989. Metodologi Research. Jilid 1. Yogyakarta: Andi Offset.

Handoko, T. Hani. 2000. Manajemen Personalia dan SumberDaya Manusia. Edisi 2. Yogyakarta: BPFE.

Hasibuan, Malayu. S. P. 2002. MSDM. Edisi Revisi. Bumi Aksara.

Moekijat. 1999. MSDM (Manajemen Personalia). Cetakan 8. Bandung: Mandar Maju.

Nawawi, Hadari, dan Martin. 1990. Administrasi Personel. C.V. Haji Masagung.

Nitisemito, Alex. S. 1996. Manajemen Personalia. Edisi 3. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Santoso, Singgih, dan Fandy Tjiptono. 2002. Riset Pemasaran. Cetakan 2. Jakarta: Elex Media Computindo.

Simamora, Henry. 2000. Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi 3. Yogyakarta: STIE YKPN.

Siswanto, Bedjo. 1987. Manajemen Tenaga Kerja. Cetakan I. Sinar Baru.

Solimun. 2000. Structural Equation Modelling dengan Lisrel dan Amos.

Strauss, George dan Sayless Leonard. 1982. Management Personalia Segi Manusia Dalam Organisasi. Buku Kedua. Lembaga Pendidikan dan Pembinaan Manajemen.

Terry, George. R. 1986. Azas-azas Manajemen. Cetakan 4. Terjemahan. Bandung. Alumni 1986.

Torrington, Derek, dan Tan Cwee Huat. 1994. Human Resources Manageemnt For Southeast Asia. Prentice Hall.

Torrington. dkk. 2002. Human Resources Management. Edisi 5. Pearson Education.

Unduhan

Diterbitkan

2007-07-31

Terbitan

Bagian

Artikel