KEBIJAKAN PRIVATISASI DAN PENGARUHNYA DALAM PEREKONOMIAN MAKRO INDONESIA

Penulis

  • Siti Maro'ah Universitas Muhammadiyah Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.30651/blc.v5i02.697

Abstrak

Kebijakan privatisasi merupakan salah satu kebijakan yang dilakukan pemerintah untuk mengalihkan sebagian atau keseluruhan aset yang dimiliki negara kepada pihak swasta. Privatisasi BUMN telah menimbulkan pro dan kontra di kalangan masyarakat Indonesia. Sebagian masyarakat setuju dengan privatisasi sepanjang privatisasi dapat memberikan manfaat yang lebih baik, sebagian masyarakat menolak privatisasi karena dianggap tidak nasionalis dan menghabiskan aset  negara.

Tujuan yang akan dicapai melalui kebijakan privatisasi adalah memberikan kontribusi finansial kepada negara dan badan usaha, mempercepat penerapan prinsip-prinsip Good Corporate Governance, membuka akses ke pasar internasional, dan alih teknologi serta transfer best practice kepada badan usaha.

Di Indonesia, pemerintah dapat melakukan privatisasi setelah DPR-RI memberikan persetujuan atas RAPBN yang di dalamnya terdapat target penerimaan negara dari hasil privatisasi. Privatisasi dilakukan berdasarkan prinsip-prinsip transparansi, kemandirian, akuntabilitas, pertanggung-jawaban, kewajaran, dan prinsip harga terbaik dengan memperhatikan kondisi pasar (domestik dan internasional). Sumbangan terbesar  dari BUMN sesungguhnya adalah barasal dari pajak,  lalu deviden, baru kemudian diikuti oleh  dari hasil privatisasi.  Dengan demikian apabila kita mengharapkan kontribusi yang lebih besar dari BUMN bagi perekonomian nasional, maka langkah logis yang harus dilakukan adalah menyehatkan BUMN sehingga dapat memberi kontribusi berupa  pajak dan deviden dalam jumlah yang lebih besar lagi.

 

Kata Kunci : Privatisasi BUMN, Perekonomian Nasional.

 

Biografi Penulis

Siti Maro'ah, Universitas Muhammadiyah Surabaya

Fakultas Ekonomi

Referensi

Basri, Faisal (2009): Lanskap Ekonomi Indonesia . Jakarta : Kencana.

Bastian, Indra ( 2002) : Privatisasi di Indonesia, Jakarta : Salemba Empa

Bos,Deiter (1991) : A Theory of the Organization of Public Interprises, Journal of Economics, Supplement, 5,1985, pp 17 – 40.

Kay, J.A. dan D.J. Thompson (1986) : Privatization : A Policy in Search of A Rational, The Economic Journal, Vol 96, March 1986, pp 18 – 32.

Moore, Stephen (1987) : Contracting Out : A Painless Alternatif to Budget Cutter’s Knife, in Steve H,Hanke (Ed), Prospect of Privatization, New York, The Academy of Political Science.

Nugroho, Riant (2008) : Manajemen Privatisasi BUMN. Jakarta : PT Gramedia

Savas, E.S. (1997): Privatization: The Key to Better Government, New Jersey: Chatam House Publisher, Inc.

Stiglitz, Joshep E.(1988) : Economics of The Public Sector, New York : W.W. Northon.

Unduhan

Diterbitkan

2008-07-31

Terbitan

Bagian

Artikel