Pengaruh Kualitas Layanan Dan Kesadaran Merek Terhadap Minat Konsumen Serambi Dana Koperasi Di Surabaya

Sufyandi Sufyandi, Muhammad Anang Firmansyah, Asyidatur Rosmaniar

Sari

ABSTRACT 

The aim of this research are (1) to analyze the role of KPU in the implementation of internal This research was conducted to find out how much influence of the quality of service, and brand awareness, on the consumers’ interest of Serambi dana koperasi in Surabaya. This type of research is pure descriptive research or survey. The population in this research are customers of Serambi dana koperasi who are 134 permanent members. The results of this research indicate that service quality partially influences consumer interest in Serambi dana koperasi Surabaya, Then it can be concluded that the brand awareness variable has a significant effect on the consumer interest variable partially. From the results of the above calculations it can be concluded that the effect of service quality and brand awareness on consumer interest in the Serambi dana koperasi Surabaya, it is known that both (service) variable service quality (X1), and brand awareness (X2) have a significant effect on variable consumer interest (Y).

Keywords                   : Service Quality, brand awareness, consumer interest, serambi dana

Correspondence to       : anangfirmansyah.61@gmail.com

 

 ABSTRAK 

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kualitas layanan, dan kesadaran merek, terhadap minat konsumen serambi dana, koperasi di Surabaya. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif murni atau survey, Populasi dalam penelitian  ini adalah  nasabah koperasi serambi dana Surabaya yang menjadi anggota tetap sebanyak 134 nasabah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas Layanan secara parsial berpengaruh terhadap minat konsumen serambi dana koperasi  di Surabaya, dimana  setelah dilakukan hasil uji hipotesis (Uji t) menunjukkan bahwa variabel kualitas layanan (X1) dan variabel kesadaran merek (X2)  berpengaruh terhadap variabel minat konsumen.

Kata Kunci       : Kualitas Layanan, kesadaran merek, minat konsumen, serambi dana

Korespondensi : anangfirmansyah.61@gmail.com

Teks Lengkap:

PDF

Referensi

Aaker, David. (2001). Marketing Research, Seventh Edition. USA: John Wiley & Sons, Ind.

Anonim. (2016). Hubungan Guru dan Murid. http://www.uns.ac.id/data/sp5.pdf. diakses pada 23 Juni 2016.

Andrianto, S. E., Ak, M., Didin Fatihuddin, M. M., Firmansyah, M. A., & SE, M. (2019). MANAJEMEN BANK. CV. Penerbit Qiara Media.

Bilson, Simamora. (2002). Panduan Riset Perilaku Konsumen. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Durianto, D, Sugiarto, & Sitinjak, T. (2004). Strategi Menaklukkan Pasar Melalui Riset Ekuitas dan Perilaku Merek. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Fatihudin, D., & Firmansyah, A. (2019). Pemasaran Jasa:(Strategi, Mengukur Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan). Deepublish.

Firmansyah, M. A., & Fatihudin, D. (2017). Globalisasi Pemasaran (Marketing Globalization). Deepublish.

Firmansyah, M. A., & Mahardhika, B. W. (2018). Pengantar Manajemen. Deepublish.

Firmansyah, M. A., & SE, M. (2019). Perilaku Konsumen (Sikap dan Pemasaran). Penerbit Qiara Media.

Firmansyah, M. A. (2019). Pemasaran: Dasar dan Konsep. Penerbit Qiara Media.

Hardiansyah, (2011). Kualitas Pelayanan Publik : Konsep, Dimensi, Indikator dan Implementasinya. Yogyakarta : Gava Media.

Humdiana. (2005). Strategi Pemasaran. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Mizan Pustaka.

Hurley F. Robert & Estelami Hoorman. (1998). “Alternatif Indexes For Monitoring Customers Perceptions of Service Quality: A Comparative Evaluation in a Retail Context”.Journal of the Academy of Marketing Science Vol: 26 No.3, pp 209-221.

Koch, Richard. (2005). Strategi. PT. Interaksara; Batam.

Kotler, Philip. (2005). Manajemen Pemasaran Edisi Milenium Jilid 3. Jakarta: Penerbit indek.

Kotler, Philip. (2008). Manajemen Pemasaran Edisi 12 Jilid 2. Jakarta: Indeks.

Lamb, Charles. W. et.al. (2001). Pemasaran Buku I Edisi Pertama. Jakarta: Penerbit Salemba Empat.

Priyanto, Dwi. (2009). Mandiri Belajar SPSS. Yogyakarta: Mediakom.

Retnawati (2013) dalam penelitian novi tria mardalena 2018, Pengaruh Kesadaran Merek, Kepercayaan Merek Dan Keunggulan Produk Terhadap Minat Beli Produk Luxuri Fashion Brand Dengan Gender Sebagai Moderating Pada Pemasaran Media Social di Kota Banda Aceh.

Sugihartono, J. (2009). Analisis Pengaruh Citra, Kualitas Layanan Dan Kepuasa Terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi Kasus Pada Pt. Pupuk Kalimantan Timur, Sales Representative Kabupaten Grobogan) . Universitas di Ponegoro.

Sugiono. (2019). Metodo Penilitian Pendididkan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R Dan D. Cetakan Ke 8. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Surachman, S.A. (2008). Dasar-dasar Manajmen Merek. Malang: CV Banyumedia

Tjiptono, Fandy. (2005). Prinsip Dan Dinamika Pemasaran. Yogyakarta: J& J Learning

Zeithaml A, Valarie. 1998. “Customer Perception of Price, Quality and Value: A Means- End Model and Synthesis of Evidence”. Journal of Marketing, Vol 52 pp 2-22


DOI: http://dx.doi.org/10.30651/blc.v16i2.3136

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.