Pengaruh Hedonic Value Dan Utilitarian Value Terhadap Impulse Buying Di Mediasi Oleh Shopping Life Style Pada Industri Kulit Sidoarjo

Penulis

  • Krido Eko Cahyono Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA) Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.30651/blc.v16i2.3135

Abstrak

ABSTRACT 

Sidoarjo, is a region that was hit by a national disaster, in the form of mud, giving an image to the community, that the disaster had a negative impact on the existence of small industrial centers located in Tanggulangin, and has been the mainstay of leather bags and suitcases in Sidoarjo. The level of public purchases of bags and luggage shows a downward trend since the occurrence of the disaster. Realizing the existence of these consequences, efforts need to be raised again giving stimulus to the wider community to shop at the Bag and Suitcase Industry Center in Tanggulangin, Sidoarjo. This research requires data and information from respondents, namely consumers of leather products who shop at the Tanggulangin Leather Industry Center in Sidoarjo.

The purpose of this study was to find out that Hedonic and Utilitarian Value directly influence Impulse Buying. To find out the Hedonic Value has an indirect effect on Impulse Buying through shopping lifestyle, to find out the Utilitarian Value has an indirect effect on Impulse Buying through shopping lifestyle

To test the influence of intervening variables, Path Analysis method is used. Path analysis is an extension of multiple linear regression analysis that serves to estimate causality between variables that have been previously determined. In this study there are 4 variables that will be analyzed such as HedonicValue, Utilitarian Value, Shopping Lifestyle towards Impulse Buying with Shopping Lifestyle as an intervening variable.

Keywords                   : Hedonic Value, Utilitarian Value, Shopping Lifestyle, and Impulse Buying

Correspondence to       : kridoeko@gmail.com

 

ABSTRAK 

Sidoarjo, merupakan  wilayah  yang terkena bencana nasional, berupa lumpur , memberikan image kepada masyarakat, bahwa bencana tersebut memberikan dampak  negatif terhadap keberadaan sentra industri  kecil yang terletak di Tanggulangin, dan selama ini menjadi andalan industri Tas dan Koper dari kulit di sidoarjo. Tingkat pembelian masyarakat  atas produk tas dan koper menunjukkan kecenderungan menurun sejak terjadinya bencana tersebut.  Menyadari  akan adanya akibat tersebut,  perlu upaya –upaya mengangkat kembali memberikan stuimulus kepada masyarakat luas untuk berbelanja di Sentra Industri Tas dan Koper di tanggulangin,Sidoarjo. Penelitian ini memerlukan data dan informasi dari responden yaitu konsumen produk kulit yang berbelanja di Sentra Industri Kulit Tanggulangin Sidoarjo.

Tujuan dalam penelitian ini adalah Untuk mengetahui  Hedonic dan Utilitarian Value berpengaruh langsung terhadap Impulse Buying , Untuk mengetahui Hedonic Value berpengaruh tidak langsung terhadap Impulse Buying melalui shopping lifestyle, Untuk mengetahui Utilitarian Value  berpengaruh tidak langsung terhadap Impulse Buying melalui shopping lifestyle

Untuk menguji pengaruh variabel intervening digunakan metode analisis jalur (Path Analysis). Analisis jalur merupakan perluasan dari analisis regresi linear berganda yang berfungsi untuk menaksir hubungan kausalitas antar variabel yang telah ditetapkan sebelumnya. Dalam penelitian ini ada 4 variabel yang akan dianalisis parameternya yaitu HedonicValue , Utilitarian Value, Shopping Lifestyle terhadap Impulse Buying dengan Shopping Lifestyle sebagai variabel intervening.

Kata kunci                  : Hedonic Value, Utilitarian Value, Shopping Lifestyle, dan Impulse Buying

Korespondensi                        : kridoeko@gmail.com

Biografi Penulis

Krido Eko Cahyono, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA) Surabaya

Manajemen

Referensi

Alba, J.W., Williams, E.F. 2012. Pleasure principles: A review of research on hedonic consumption. Journal of Consumer Psychology, p.1-17.

Japarianto, E., S. Sugiharto. 2011. Pengaruh Shopping Life Style Dan Fashion Involvement Terhadap Impulse Buying Behavior Masyarakat High Income Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran, Vol. 6, No. 1, April. 32-41.

Kacen, J.J. and Lee, J.A. 2008. “The influence of culture on consumer impulsive buying behaviorâ€, Journal of Consumer Psychology, Vol. 12 No. 2, hal. 163-76.

Kotler, P. 2008. Manajemen Pemasaran, Edisi Milenium diterjemahkan Benyamin Molan. Jakarta: PT. Prenhallindo.

Kotler, P., dan K. L. Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Salemba Empat.

Kuncoro, M. 2009. Riset Penelitian untuk Bisnis dan Ekonomi. Jakarta: Erlangga.

Mohan, G., B. Sivakumaran., P. Sharma. 2013. “Impact of store environment on Impulse Buying behaviorâ€, European Journal of Marketing, Vol. 47, No. 10, p. 1711-1732.

Park, Joo, Kim & Forney, 2006, A structural model of fashion oriented Impulse Buying behavior, Journal of Fashion Marketing and Management, Vol. 10, No. 4, p.433-446.

Rachmawati. 2009. Hubungan Antara Hedonic Shopping Value, Positive Emotion, Dan Perilaku Impulse Buying Pada Konsumen Ritel. Majalah Ekonomi Tahun XIX, No. 2 Agustus.

Rohman, F. 2009. Peran Nilai Hedonik Konsumsi dan Reaksi Impulsif sebagai Mediasi Pengaruh Faktor Situasional terhadap Keputusan Pembelian Impulsif di Butik Kota Malang. Jurnal Aplikasi Manajemen, Vol.7, No. 2, p. 251-261.

Schiffman, Leon, & Kanuk, Leslie Lazar. 2008. Consumer Behaviour 7 th. Edition. (Perilaku Konsumen). Jakarta: PT. Indeks.

Sembiring. 2013. Pengaruh Shopping lifestyle Dan Fashion Involvement Terhadap Impulse Buying Behaviour (Survey Pada Konsumen Di Toko “Top Man, Top Shop†di Paris Van Java Mall, Bandung). Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Komputer Indonesia.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kunatitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sumarwan, Ujang. 2011. Perilaku Konsumen: Edisi 2. Bogor: Ghalia Indonesia.

Sunyoto, Danang. 2009. Analisis Regresi dan Uji Hipotesis, Yogyakarta: MedPress.

Tendai, Mariri. and Chipunza Crispen. 2009. In-store Shopping Environment and Impulsive. Buying.

Tifferet, S., dan R. Herstein. 2012. Gender Differences In Brand Commitment, Impulse Buying, And Hedonic Consumption. Journal of Product & Brand Management. Vol.21, No.3, pp.176–182.

Tirmizi, M. A., dan K. .U. Rehman., M.I Saif. 2009. An empirical study of consumer Impulse Buying behavior in local markets. European Journal of Scientific Research, Vol.28, No.4 , pp.522-532.

Unduhan

Diterbitkan

2019-07-26

Terbitan

Bagian

Artikel