Kualitas Pelayanan Dampaknya Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Pasien Rumah Sakit Muhammadiyah Palembang

Penulis

  • Maftuhah Nurrahmi Universitas Muhammadiyah Palembang
  • Hardiansyah Al Fikri Universitas Muhammadiyah Palembang

DOI:

https://doi.org/10.30651/blc.v15i02.1783

Abstrak

ABSTRACT 

             This research is formulated whether or not there was significant influence of service quality toward the patients’ satisfaction and loyality impact at mauhammadiyah hospital Palembang. This research was aimed at determining the significant influence of service quality toward the patients’ satisfaction and loyality impact at muhammadiyah hospital Palembang. This research type was such an associative. The research location was at muhammadiyah hospital of Palembang. There were 100 respondents used as sample of the research. The data sources were primary data and secondary data. To collect the data, the researcher used questionnaire. To analyze the data, the researcher used Structural Equation Model (SEM) for windows 8.70 version. The resuls showed that there was significant of service quality toward the patients’ satisfaction and loyality impact at muhammadiyah hospital Palembang.

 

Keywords                   : service quality, patients’ satisfaction, loyality

Correspondence to       : umiulul@gmail.com, ikhwanperindu@gmail.com

 

ABSTRAK 

             Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu 1) adakah pengaruh kualitas pelayanan  terhadap kepuasan pasien Rumah Sakit Muhamadiyah Palembang. 2) Adakah pengaruh kepuasan pasien terhadap loyalitas pasien Rumah Sakit Muhammadiyah Palembang. Tujuan penelitian ini 1) Untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien Rumah Sakit Muhamadiyah Palembang. 2) Untuk mengetahui pengaruh kepuasan pasien terhadap loyalitas pasien Rumah Sakit Muhammadiyah Palembang. Jenis penelitian ini adalah asosiatif dengan tempat penelitian di rumah sakit Muhammadiyah Palembang. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 100 responden. Data yang digunakan adalah primer dan sekunder, sedangkan teknik pengumpulan datanya adalah kuesioner. Adapun teknik analisis data yang dugunakan adalah Structural Equation Modelling (SEM) for windows versi 8.70. Hasil penelitian menujukkan bahwa 1) Kualitas pelayanan berpengaruh positif signifikan terhadap kepuasan pasien rumah sakit Muhammadiyah Palembang. 2) kepuasan pasien berpengaruh positif signifikan terhadap loyalitas pasien rumah sakit Muhammadiyah Palembang.

 

Kata Kunci                  : Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pasien, Loyalitas Pasein.

Korespondensi             : umiulul@gmail.com, ikhwanperindu@gmail.com

Biografi Penulis

Maftuhah Nurrahmi, Universitas Muhammadiyah Palembang

Manajemen

Hardiansyah Al Fikri, Universitas Muhammadiyah Palembang

Manajemen

Referensi

Habibaturrahmah, Diah Isnaini Asiati. 2011. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Rumah Sakit Muhammadiyah Palembang

Huriyati,Ratih. 2009. Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen. Bandung : Alfabeta

Khotler Amstrong. 2008. Manajemen Pemasaran. Jakarta : Erlangga

Khotler , Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Jakarta : Erlangga

M. Rofik. 2015. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Rumah Sakit

Muhammadiyah Palembang

Tjiptono, Fandy. 2008. Strategi Pemasaran. Jakarta : Pustaka

Unduhan

Diterbitkan

2018-07-27

Terbitan

Bagian

Artikel