IMPLEMENTASI STRATEGI PEMASARAN UDANG VANNAMEI BAGI PETANI TAMBAK DI DESA NOREH KECAMATAN SRESEH KABUPATEN SAMPANG

Penulis

  • Mr Hidayatullah Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • Didin Fatihudin Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • Siti Salbiyah Universitas Muhammadiyah Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.30651/blc.v13i02.1317

Abstrak

ABSTRACT 

Sreseh community utilize empty land to build new business that is shrimp farming, shrimp species selected to be cultivated namely vannamei shrimp (Litopenaeus vannamei). The purpose of this research is to know the system of capital management, marketing strategy and distribution channel of vannamei shrimp farm in Noreh Village, Sreseh Sub-District, Sampang Regency. The method used in this research is descriptive method with qualitative approach. The conclusion of this research is that majority of farmers make capital loans to the collecting traders, either in the form of cash, production input or in the form of fries because the lending procedure is not convoluted.

The results of this study states that the marketing channel I is selling to retailers because the partial shrimp vannamei shrimp had failed so it must be harvested and total revenue obtained by Rp.28.000.000 with a loss of Rp.8.500.000, marketing channel II uses its own capital and distributes directly to wholesalers or dealers with vannamei shrimp harvest earnings of Rp.71.500.000, while the marketing channel III uses loan capital to the collecting traders or middlemen and the vannamei shrimp harvest revenue is Rp.70.300.000 with net profit of Rp. 50.3 million after deducting capital lending.

Farmers should work together to form a grup or a company engaged in vannamei shirmp farming sector in the form of provision of seeds, vitamin shirmp, feed and capital loans so that farmers are not tied to middlemen or merchant collectors and the result can be shared to farmers.

Keywords : Marketing strategy, product, price, place, promotion

Correspondence to : hidayatullohebhenk@yahoo.com

 

ABSTRAK 

Masyarakat Sreseh memanfaatkan lahan kosong untuk membangun usaha baru yaitu budidaya tambak udang, spesies udang yang dipilih untuk dibudidayakan yaitu udang vannamei (Litopenaeus vannamei). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sistem pengelolaan modal, strategi pemasaran dan saluran distribusi hasil tambak udang vannamei di Desa Noreh. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Kesimpulan dari penelitian ini adalah mayoritas petambak melakukan pinjaman modal kepada pedagang pengepul, baik berupa uang tunai, input produksi ataupun dalam bentuk benur karena prosedur peminjamannya tidak berbelit-belit.

Hasil penelitian ini menyatakan bahwa saluran pemasaran I yaitu menjual ke pedagang pengecer karena saat parsial udang vannamei mengalami kegagalan sehingga harus dipanen total dan pendapatan yang diperoleh sebesar Rp.28.000.000 dengan kerugian sebesar Rp.8.500.000, saluran pemasaran II menggunakan modal sendiri dan mendistribusikan langsung pada pedagang besar atau bandar dengan laba panen udang vannamei yang diperoleh sebesar Rp.71.500.000, sedangkan saluran pemasaran III menggunakan modal pinjaman kepada pedagang pengepul atau tengkulak dan pendapatan panen udang vannamei yang diperoleh sebesar Rp.70.300.000 dengan laba bersih sebesar Rp. 50.300.000 setelah dikurangi peminjaman modal.

Sebaiknya petambak bekerja sama membentuk sebuah grup atau perusahaan yang bergerak di sektor usaha tambak udang vannamei berupa penyediaan benur, vitamin udang, pakan dan pinjaman modal sehingga petambak tidak terikat pada tengkulak atau pedagang pengepul dan hasil bisa dibagi kepada petambak.

Kata Kunci : Strategi Pemasaran, Produk, Harga, Tempat, Promosi

Korespondensi  : hidayatullohebhenk@yahoo.com

Biografi Penulis

Mr Hidayatullah, Universitas Muhammadiyah Surabaya

Fakultas Ekonomi Bisnis

Didin Fatihudin, Universitas Muhammadiyah Surabaya

Fakultas Ekonomi Bisnis

Siti Salbiyah, Universitas Muhammadiyah Surabaya

Fakultas Ekonomi Bisnis

Referensi

Azizah, Efrida., N. (2016). Peran Positif Tengkulak dalam Pemasaran Buah Manggis Petani: Studi Jaringan Sosial Tengkulak di Desa Karacak, Kecamatan Leuwiliang, Kabupaten Bogor. Jurnal Sosiologi. Vol 1. No. 1 : 80-102

Boa, H., Yusman, S., dan Idqan. F. (2010). Analisis Dampak Sumber Modal Terhadap Produksi Dan Keuntungan Usaha Tambak Udang Di Kecamatan Muara Badak Kabupaten Kutai Kertanegara. Jurnal Forum Pascasarjana. Vol 33. No. 3 : 191-202.

Direktorat Jendral Perikanan. (2007). Budidaya Ikan Yang Baik. Jakarta: Direktorat Jenderal Perikanan.

Fatihudin, Didin. (2012). Metode Penelitian Untuk Ilmu Ekonomi, Manajemen Dan Akuntansi dari Teori ke Praktek. Penerbit PPs UMSurabaya. Surabaya.

Firmansyah, M. A., & Mahardhika, B. W. (2015). Pengaruh Strategi Marketing Mix (Produk, Harga, Promosi Dan Distribusi) Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Batik Di Surabaya. Balance, 12(02).

Moleong, Lexy J. (1996). Metodologi Penelitian Kualitatif. PT Remaja Rosdakarya. Bandung.

Suyanto, S.R dan Mudjiman, A. (2001). Budidaya Udang Windu. Penebar Swadaya. Jakarta

Unduhan

Diterbitkan

2015-07-25

Terbitan

Bagian

Artikel