DAMPAK WEB MARKETING STRATEGY TERHADAP PERILAKU KONSUMEN PADA PEMBELIAN CHOCOLATE GIFT VINCHOCO DI SURABAYA

Penulis

  • Mrs Evianah Universitas Wijaya Kusuma Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.30651/blc.v14i01.1288

Abstrak

ABSTRACT

Online marketing or web marketing strategy is considered very important, like if we build a shopping mall, as grand and expensive as any built, if ultimately failed to bring visitors, it will still be futile mall was built. Similarly, the website, as expensive or any sophisticated web made, if in the end is not able to bring in visitors, it will be useless the system is made. In other words, the key to success of an online marketing strategy or web marketing is the process of how the marketer can bring visitors as much as possible to his website.

This study aims to determine the impact of web marketing strategy analysis on consumer behavior on the purchase of chocolate gift vinchoco in Surabaya. By using descriptive qualitative research type.

Based on the results of research the web marketing strategy is very helpful for onlineshoop vinchoco in marketing its products, the number of social media also used by Vinchoco.com increasingly expanding market share of the store. Purchase behavior that occurs is the behavior of unplanned purchases or impulse buying, this happens because of the impact of the various offers offered by Vinchoco.com through social media and Vinchoco cooperation with a markerplace that enables such impacts to occur. The ease of transaction process given by Vinchoco.com in order to facilitate the users in doing online transactions either for product ordering or payment. This indirectly impacts the higher buying behavior on Vinchoco.com. With the easier the transaction process will be more frequent consumers to make purchases through Vinchoco.

Keywords                   : web marketing strategy, online consumer behaviour

Korespondensi             : evianah@gmail.com

 

ABSTRAK 

   Strategi pemasaran online atau web marketing dipandang sangat penting, seperti tak ubahnya jika kita membangun sebuah mall perbelanjaan, semegah dan semahal apapun dibangun, jika pada akhirnya gagal mendatangkan pengunjung, maka tetap akan sia-sialah mall tersebut dibangun. Begitu pula dengan website, semahal atau secanggih apapun sebuah web dibuat, jika pada akhirnya tidak mampu mendatangkan visitor, maka akan percuma saja sistem tersebut dibuat. Dengan kata lain, kunci sukses dari sebuah strategi  pemasaran online atau web marketing adalah proses bagaimana sang marketer dapat mendatangkan pengunjung sebanyak-banyaknya ke websitenya.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Analisis dampak web marketing strategy terhadap perilaku konsumen pada pembelian chocolate gift vinchoco di Surabaya. Dengan  menggunakan jenis penelitian deskriptif  kualitatif.

Berdasarkan hasil penelitian adanya web marketing strategi sangat membantu sekali bagi onlineshoop vinchoco dalam memasarkan produknya, banyaknya media-media sosial juga yang dipakai oleh Vinchoco.com semakin memperluas pangsa pasar toko tersebut. Perilaku Pembelian yang terjadi adalah perilaku pembelian tidak terencana atau impulse buying, hal ini terjadi karena adanya dampak dari adanya berbagai penawaran yang ditawarkan yang dilakukan Vinchoco.com melalui sosial media  dan kerjasama Vinchoco dengan markerplace yang memungkinkan dampak tersebut terjadi. Kemudahan-kemudahan dalam proses bertransaksi yang diberikan oleh Vinchoco.com guna memudahkan penggunanya dalam melakukan transaksi online baik itu untuk pemesanan produk maupun pembayaran. Hal tersebut secara tidak langsung memberikan dampak akan semakin tingginya perilaku pembelian pada Vinchoco.com. Dengan semakin mudah proses transaksi maka akan lebih sering konsumen untuk  melakukan pembelian melalui Vinchoco.

Kata Kunci                : web marketing strategy, perilaku konsumen online

Korespondensi             : evianah@gmail.com

Biografi Penulis

Mrs Evianah, Universitas Wijaya Kusuma Surabaya

Program Study Manajemen

Referensi

Miles, Mattew B & A.Michael Huberman (2007), Analisis data kualitatif. Buku sumber tentang metode-metode baru. Jakarta: Universitas Indonesia Press.

Novak, T. P, D. L. Hoffman, D.L., dan Y. F. Yung. 2000. Measuring The Customer Experience in Online Environments: A Structural Modeling Approach. Marketing Science, Vol. 19, No. 1, pp. 22-43.

Rogers, E.M. dan Shoemaker, F.F., 1971, Communication of Innovations, London: The Free Press.

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Bisnis (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Sumber Internet :

http://komunikasiwongsolo.blogspot.com/2009/10/model-lasswell.html

http://aljurem.wordpress.com/2012/01/23/teori-harold-laswell/

http://sarahanisah25.blogspot.co.id/

Unduhan

Diterbitkan

2017-01-25

Terbitan

Bagian

Artikel