Keunggulan Bersaing Sebagai Mediator Antara Digital Marketing dan Kinerja Pemasaran (Survei Pada UKM Tenun Lurik di Desa Mlese, Cawas, Klaten)

Penulis

  • Noor Hudha Fakultas Ekonomi Universitas Slamet Riyadi Surakarta
  • Marjam Desma Rahadhini Universitas Slamet Riyadi Surakarta
  • Aris Eddy Sarwono Universitas Slamet Riyadi Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.30651/blc.v19i1.11516

Kata Kunci:

Digital Marketing, Kinerja Pemasaran, Keunggulan Bersaing, Marketing Performance, Competitive Advantage

Abstrak

ABSTRACT

 

The Covid-19 pandemic impacts sales of lurik cloth in Mlese Village, Cawas, Klaten, which continues to decline due to people isolating themselves at home. This study aims to analyze the influence of digital marketing on marketing performance through competitive advantage. This research is survey research. The research population was 160 Lurik Weaving UKM artisans in Mlese Village, Cawas, Klaten. Collecting data using a questionnaire. Sampling technique with purposive sampling method, namely Lurik Weaving UKM who know online marketing and run their business for more than 5 years. The sample is 62 respondents. Validity testing uses Confirmatory Factor Analysis (CFA), and Cronbach's Alpha for reliability testing. Data analysis using Structural Equation Model (SEM) with Partial Least Squares (PLS). This study indicates that digital marketing affects competitive advantage, digital marketing has an effect on marketing performance, competitive advantage has no impact on marketing performance, and digital marketing does not mediate marketing performance on competitive advantage. The practical implication of this research is that it can contribute ideas for the artisans of Lurik Weaving SMEs in Mlese Village, Cawas, Klaten to continuously improve marketing performance by using digital marketing to achieve a competitive advantage in the market share.

Keywords                    : Digital Marketing; Marketing Performance; Competitive Advantage  

Correspondence to        : noor.hudha@unisri.ac.id

 

ABSTRAK

Pandemi Covid-19 berdampak terhadap penjualan kain lurik yang ada di Desa Mlese, Cawas, Klaten yang terus menurun dikarenakan masyarakat mengisolasi diri dirumah. Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh digital marketing terhadap kinerja pemasaran melalui keunggulan bersaing. Penelitian ini adalah penelitian survei. Populasi penelitian adalah 160 Pengrajin UKM Tenun Lurik di Desa Mlese, Cawas, Klaten. Pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik sampling dengan metode purposive sampling, yaitu UKM Tenun Lurik yang mengetahui pemasaran online dan menjalankan lama usahanya lebih dari 5 tahun. Sampel sebanyak 62 responden. Pengujian validitas menggunakan Confirmatory Factor Analysis (CFA), dan Cronbach’s Alpha untuk pengujian reliabilitas. Analisis data menggunakan Structural Equation Model (SEM) dengan Partial Least Squares (PLS). Hasil penelitian ini menunjukkan digital marketing berpengaruh terhadap keunggulan bersaing, digital marketing berpengaruh terhadap kinerja pemasaran, keunggulan bersaing tidak berpengaruh terhadap kinerja pemasaran, dan digital marketing tidak memediasi kinerja pemasaran terhadap keunggulan bersaing. Implikasi praktis penelitian ini dapat memberikan sumbangan pemikiran bagi pengrajin UKM Tenun Lurik di Desa Mlese, Cawas, Klaten agar senantiasa meningkatkan kinerja pemasaran dengan menggunakan digital marketing guna mencapai keunggulan bersaing dipangsa pasar.

Kata Kunci                  : Digital Marketing; Kinerja Pemasaran; Keunggulan Bersaing

Biografi Penulis

Noor Hudha, Fakultas Ekonomi Universitas Slamet Riyadi Surakarta

Saya Noor Hudha mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Slamet Riyadi Surakarta

Referensi

Abdillah, W. dan Hartono, J. 2015. Partial Least Square (PLS) – Alternative Structural Equation Modelling (SEM) Dalam Penelitian Bisnis. Andi Offset. Yogyakarta.

Alihusna, Palilati, A., & Juharsah. 2019. “Pengaruh Orientasi Pasar, Inovasi, Orientasi Kewirausahaan Terhadap Keunggulan Bersaing dan Kinerja Pemasaranâ€. JUMBO (Jurnal Manajemen, Bisnis dan Organisasi), Vol. 3, No. 1, Hal. 235-247.

Aryana, I. N., Wardana, I. M., dan Ni Nyoman Kerti Yasa. 2017. “Membangun Keunggulan Bersaing Melalui Kinerja Sistem Informasi dan Customer Intimacy Dalam Meningkatkan Kinerja Pemasaranâ€. E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, Vol. 6, No, 4, Hal. 1343-1364.

Chaffey, D., & Ellis-Chadwick, F. 2016. Digital Marketing. Pearson Education Limited. United Kingdom.

Charles, Lagat., Chepkwony Joel, Kotut Cheruiyot Samwel. 2012. “Market Orientationand Firm Performance in The Manufacturing Sector in Kenyaâ€. European Journal of Business and Management, Vol. 4 No.10, p. 20-27.

Swastuti, Endang. 2020. “Manajemen Inovasi Strategis dan Adopsi Digital Marketing Upaya Membangun Keunggulan Bersaing Dan Kinerja Bisnisâ€. Jurnal Ilmiah Ekonomi Global, Vol. 15, No. 1, Juni, Hal. 127-143.

Fatonah, S., & Awatara, I. G. P. D. 2019. “Membangun Kinerja Pemasaran Berbasis Inovasi Produk dan Keunggulan Bersaing Kerajinan Batikâ€. Journal of Indonesian Science Economic Research, Vol. 1, No. 1, Hal. 45-49.

Ferdinand, Augusty. 2014. Metode Penelitian Manajemen. BP Universitas Diponegoro. Semarang.

Ghozali, Imam. 2014. Structural Equation Modeling Metode Alternatif Dengan Partial Least Squares (PLS). Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang.

Hajar Siti dan I Putu Gede Sukaatmadja. 2016. “Peran Keunggulan Bersaing Memediasi Pengaruh Orientasi Kewirausahaan Terhadap Kinerja Pemasaranâ€. E-Jurnal Manajemen Unud, Vol. 5, No. 10, Hal. 6580-6605.

Hamad, H., Elbeltagi, I., & El-Gohary, H. 2018. “An Empirical Investigation of Business-to-Business E-Commerce Adoption and Its Impact on SMEs Competitive Advantage: The Case of Egyptian Manufacturing SMEsâ€. Strategic Change, Vol. 27, No. 3, p. 209-229.

Hariandi, M. S. I., Gumanti, T. A., & Wahyudi, E. 2019. “E-Commerce, Competitive Advantage and Business Performance of Banyuwangi Small and Medium-Sized Enterprisesâ€. International Journal of Scientific and Technology Research, Vol. 8, No. 8, p. 1216-1220.

Laksana, Daniel dan Diah Dharmayanti. 2018. “Pengaruh Digital Marketing Terhadap Organizational Performance Dengan IntellectualCapital Dan Perceived Quality Sebagai Variabel Intervening Pada Industri Hotel Bintang Empat Di Jawa Timurâ€. Jurnal Manajemen Pemasaran, Vol. 12, No. 1, Hal. 10-24.

Liesander, Indra dan Diah Dharmayanti. 2017. “Pengaruh Digital Marketing Terhadap Organizational Performance dengan Intellectual Capital dan Perceived Quality Sebagai Variabel Intervening pada Industri Hotel Bintang Lima di Jawa Timurâ€. Jurnal Strategi Pemasaran, Vol. 2, No. 4, Hal. 1-13.

Made, N., Dewi, P., & Ekawati, N. W. 2017. “Peran Keunggulan Bersaing Dalam Memediasi Pengaruh Orientasi Pasar Terhadap Kinerja Pemasaranâ€. Jurnal Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, Bali, Vol. 6, No. 9, Hal. 4947-4977.

Merakati, Indah, Rusdarti, Wahyono. 2017. “Pengaruh Orientasi Pasar,Inovasi, Orientansi Kewirausahaan melalui Keunggulan Bersaing Terhadap Kinerja Pemasaranâ€. Journal of Economic Education, Vol. 6, No. 2, Hal. 114-123.

Nirwana, N. Q. S., & Biduri, S. (2021). Implementasi Digital Marketing Pada UMKM Di Era Revolusi Industri 4.0 (Study Pada UMKM Di Kabupaten Sidoarjo). BALANCE: Economic, Business, Management and Accounting Journal, 18(1), 29-35.

Pradhan, P., D. Nigam, and Tiari. Ck. 2018. “Digital Marketing and SMES: An Identification of Research Gap Via Archives of Past Researchâ€. Journal of Internet Banking and Commerce, Vol. 23, No. 1, p. 1-14.

Pramuki, N. M. W. A., & Kusumawati, N. P. A. 2021. “The Influence of Product Innovation, Digital Marketing and Competitive Advantage in Improving the Marketing Performance of Small and Medium Industries in Baliâ€. Advances in Economics, Business and Management Research, Vol. 175, No. 20, Hal. 248-254.

Rohmaniyah, Alfiatur dan Tatiek Nurhayati. 2017. “Peningkatan Kreativitas Pemasaran Dan Kualitas Networking Berbasis Orientasi Pasar Terhadap Kinerja Pemasaran (Studi Kasus pada CV. Mubarokfood Cipta Delicia Kudus)â€. Ekobis, Vol. 18, No. 2, Hal. 149-163.

Schermerhorn, John R. 2012. Exploring Management, 3th ed. New Jersey: John Wiley & Sons, Inc.

Sidi, A. P., dan Yogatama, A. N. 2019. “Mediasi Intellectual Capital atas Pengaruh Digital Marketing Terhadap Kinerja Pemasaranâ€. Iqtishoduna, Vol. 15, No. 2, Hal. 129-152.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta. Bandung.

. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta. Bandung.

Triandra, N., Hambali, D., Nurasia, & Rosalina, N. 2019. “Analisis Pengaruh E- Commerce Terhadap Peningkatan Kinerja UMKM (Studi Kasus Pada Umkm Di Kabupaten Sumbawa)â€. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Indonesia, Vol. 4, No. 1, Hal. 6-10.

Udriyah, Tham, J., & Ferdous Azam, S. M. 2019. “The Effects of Market Orientation and Innovation on Competitive Advantage and Business Performance of Textile SMEsâ€. Management Science Letters, Vol. 9, No. 9, p. 1419-1428.

Yahya, M. (2018). Era Industri 4.0 Tantangan dan Peluang Perkembangan Pendidikan Kejuruan Indonesia. Ilmu Pendidikan Kejuruan Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar.

Yasa, N. N. K., Ketut Giantari, I. G. A., Setini, M., & Rahmayanti, P. L. D. 2020. “The Role of Competitive Advantage in Mediating The Effect of Promotional Strategy on Marketing Performanceâ€. Management Science Letters, Vol. 10, No. 12, p. 2845-2848.

Zuhdi, I., Muniroh, L., & Eldine, A. 2021. “Pengaruh Harga dan Digital Marketing Terhadap Keunggulan Bersaingâ€. Jurnal Ilmu Manajemen, Vol. 4, No. 1, Hal. 110-118.

Unduhan

Diterbitkan

2022-01-28

Terbitan

Bagian

Artikel