Fokus dan Ruang Lingkup

The Journal of Muhammadiyah Medical Laboratory Technologist (The JaMMiLT) adalah Jurnal Analis Kesehatan (TLM) yang diterbitkan oleh Program Studi D3 Analis Kesehatan Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Surabaya. Jurnal ini akan menerbitkan artikel-artikel penelitian dan ilmiah meliputi bidang ilmu Patologi Klinik, Hematologi, Mikrobiologi, Parasitologi, Imunologi, Sitohistoteknologi, Kimia Kesehatan dan Ilmu Teknologi Laboratorium Medik. Jurnal ini akan diterbitkan secara online dan cetak.

 

 

 

 

 

Kebijakan Bagian

Artikel

Centang Naskah Terbuka Centang Diindeks Centang Telah di-Peer review
 

Proses Peer Review

Sistem pengelolaan JMMLT secara garis besar dapat digambarkan sebagai berikut, author menyerahkan artikel beserta dengan surat pernyataan orisinalitas artikel. Selanjutnya artikel yang diterima oleh redaksi, pertama kali akan dilakukan review teknis oleh asisten editor. Tahap berikutnya akan dilakukan  review oleh reviwer yang sudah ditunjuk oleh editor. Riviewer internal merupakan dosen di lingkungan Fakultas  ilmu Kesehatan UM Surabaya sesuai dengan bidang keilmuan terkait. Riviewer eksternal, berasal dari Fakultas Ilmu Kesehatan berbagai universitas di Indonesia  serta para praktisi hukum. Review oleh mitra bebestari merupakan review secara substantif, sementara review format penulisan dilakukan oleh editor.

Dalam mereview artikel, mitra bebestari mengacu pada panduan penilaian yang telah dipersiapkan oleh redaksi. Format penilaian tersebut meliputi orisinalitas ide atau gagasan yang diajukan, ketepatan teori yang digunakan dalam menganalisa permasalahan, termasuk juga sistematika penulisan artikel yang baik dan jelas. Elemen-elemen penilaian ini menjadi panduan mitra bebestari untuk memutuskan apakah artikel layak untuk dimuat, dimuat dengan perbaikan atau ditolak sama sekali. Setelah artikel melalui proses review oleh mitra bebestari, penulis diberi kesempatan untuk memperbaiki artikel sesuai dengan saran dari mitra bestari. Selanjutnya akan dilakukan proof read secara kebahasaan (Inggris dan Indonesia).

Artikel yang telah melalui semua proses diatas akan masuk ke sidang dewan redaksi untuk diputuskan status dan waktu penerbitannya. Proses berlanjut ke final editing dan desain. Selanjutnya dilakukan final check, sebagai langkah terakhir sebelum dilakukan penerbitan.

 

 

Frekuensi Penerbitan

THE JAMMILT akan terbit setahun dua kali, yaitu pada bulan Mei dan November setiap tahun

 

Kebijakan Akses Terbuka

Jurnal ini menyediakan akses terbuka yang pada prinsipnya membuat riset tersedia secara gratis untuk publik dan akan mensupport pertukaran pengetahuan global terbesar.

 

Pengarsipan

OJS sistem LOCKSS berfungsi sebagai sistem pengarsipan terdistribusi antar-perpustakaan yang menggunakan sistem ini dengan tujuan membuat arsip permanen (untuk preservasi dan restorasi). Lanjut...

 

Download Template Jurnal

Berikut adalah template jurnal The JaMMiLT..

 

KLIK DISINI

 

Etika Publikasi

Jurnal The JAMMILT yang melaksanakan peer-reviewed yang dilakukan secara anonim sebelum naskah dipublikasikan, kami berkomitmen untuk menjaga standar etik publikasi dengan baik dalam setiap terbitan. Setiap artikel yang tidak sesuai dengan standar yang telah ditentukan akan di hapus baik saat perencanaan maupun pasca publikasi. Pernyataan ini menjelaskan tentang penjabaran etik untuk semua pihak termasuk tindakan untuk mempublikasikan naskah dalam Jurnal ini, termasuk penulis, editor, dan chief editor, Dewan Editorial, peer-reviewers dan Penerbit sesuai COPE Best Practice Guidelines for Journal Editors

Tugas Editor

Chief in Editor Justitia Jurnal Hukum bertanggung jawab untuk memutuskan artikel mana yang harus ditinjau dan dipublikasikan. Validasi karya yang dipertanyakan dan kepentingannya bagi para peneliti dan pembaca harus selalu mendorong keputusan seperti itu. Para editor harus secara serius mencegah pencemaran nama baik, pelanggaran hak cipta, dan plagiarisme. Redaksi bertanggung jawab untuk mempertimbangkan semua manuskrip yang dikirimkan dalam jangka waktu yang wajar.

Dewan Redaksi, dengan keahlian dan penilaian mereka yang adil bertanggung jawab untuk menerima atau menolak naskah. Mereka harus membangun komunikasi yang baik dengan penulis sehubungan dengan publikasi naskah. Keputusan akhir akan disertai oleh komentar pengulas.

Keadilan dalam Pengelolaan Jurnal: Seorang editor harus mengevaluasi naskah untuk konten intelektual mereka tanpa memperhatikan ras, jenis kelamin, orientasi seksual, kepercayaan agama, asal etnis, kewarganegaraan, atau filosofi politik penulis.

Kerahasiaan: Editor harus memastikan tidak ada informasi pribadi penulis yang disertakan dalam naskah yang dikirim ke pengulas. Redaksi harus memastikan kerahasiaan naskah yang dikirimkan dan tidak mengungkapkan informasi tentang naskah yang sedang dipertimbangkan kepada pihak lain

Pengungkapan dan konflik kepentingan: Editor harus mengundurkan diri dari mempertimbangkan manuskrip yang mengandung konflik kepentingan. Redaksi harus meminta semua kontributor untuk mengungkapkan minat bersaing yang relevan dan menerbitkan koreksi jika minat bersaing diungkapkan setelah publikasi. Seorang editor harus mengambil langkah-langkah yang cukup responsif ketika keluhan etis telah disampaikan mengenai naskah yang dikirimkan atau makalah yang diterbitkan, bersama dengan penerbit (atau masyarakat). Setiap tindakan perilaku penerbitan yang tidak etis yang dilaporkan harus dilihat, meskipun ditemukan bertahun-tahun setelah publikasi.


Tugas Peer-Reviewers

Tugas resensi adalah untuk membantu pemimpin redaksi dalam membuat keputusan editorial dan komunikasi editorial dengan penulis. Setiap pengulas terpilih yang merasa tidak memenuhi syarat untuk mengkaji penelitian yang dilaporkan dalam sebuah naskah, atau tahu bahwa tinjauan langsungnya tidak mungkin, harus memberi tahu pemimpin redaksi dan minta diri dari proses review. Naskah yang diterima untuk ditinjau harus diperlakukan sebagai dokumen rahasia.

Tinjauan harus dilakukan secara objektif. Kritik pribadi penulis tidak patut. Peninjau harus mengekspresikan pandangan mereka dengan jelas dengan argumen yang mendukung. Setiap pernyataan bahwa pengamatan, derivasi, atau argumen telah dilaporkan sebelumnya harus disertai dengan kutipan yang relevan.

Reviewer juga harus meminta perhatian pemimpin redaksi tentang kesamaan substansial atau tumpang tindih antara naskah yang sedang dipertimbangkan dan makalah lain yang diterbitkan yang memiliki pengetahuan pribadi.

Materi yang tidak dipublikasikan yang diungkapkan dalam naskah yang dikirimkan tidak boleh digunakan dalam penelitian pengulas sendiri tanpa persetujuan tertulis dari penulis. Informasi atau ide istimewa yang diperoleh melalui peer review harus dijaga kerahasiaannya dan tidak digunakan untuk keuntungan pribadi. Peninjau tidak boleh mempertimbangkan naskah di mana mereka memiliki konflik kepentingan.


Tugas Penulis

Kewajiban utama penulis adalah memberikan rincian penelitian yang dilakukan secara akurat dan lengkap. Data penelitian harus berisi informasi yang cukup tentang subjek terkait. Penulis harus memastikan keaslian karya mereka dan bahwa tidak ada penipuan atau rekayasa yang terlibat dalam naskah mereka. Penulis harus menjamin bahwa artikel tersebut belum pernah dipublikasikan sebelumnya atau tidak sedang dievaluasi untuk publikasi di tempat lain. Penulis harus memastikan bahwa karya-karya mereka tidak mengandung pernyataan yang melanggar hukum dan komentar apa pun yang mungkin melanggar hukum.

Data dan kutipan harus diwakili secara akurat di koran. Pernyataan palsu atau sengaja tidak akurat merupakan perilaku yang tidak etis dan tidak dapat diterima. Plagiarisme memiliki banyak bentuk, mulai dari menggunakan kertas lain sebagai kertas penulis sendiri hingga menyalin atau memparafrasekan bagian-bagian substansial dari kertas lain (tanpa atribusi), atau mengklaim hasil dari penelitian yang dilakukan oleh orang lain. Plagiarisme dalam segala bentuknya merupakan perilaku penerbitan yang tidak etis dan tidak dapat ditoleransi.

Seorang penulis tidak boleh secara umum menerbitkan naskah yang pada dasarnya menggambarkan penelitian yang sama di lebih dari satu jurnal atau publikasi utama. Menyerahkan naskah yang sama ke lebih dari satu jurnal secara bersamaan merupakan perilaku penerbitan yang tidak etis dan tidak dapat diterima. Informasi yang diperoleh secara pribadi, seperti dalam percakapan, korespondensi, atau diskusi dengan pihak ketiga, tidak boleh digunakan atau dilaporkan tanpa izin tertulis eksplisit dari sumber. Kepenulisan harus dibatasi pada mereka yang telah memberikan kontribusi signifikan terhadap konsepsi, desain, pelaksanaan, atau interpretasi studi yang dilaporkan, dan melihat serta menyetujui versi final makalah dan menyetujui pengajuannya untuk publikasi.

Semua penulis harus mengungkapkan dalam manuskrip mereka setiap konflik keuangan atau kepentingan substantif lainnya. Ketika seorang penulis menemukan kesalahan atau ketidakakuratan yang signifikan dalam karyanya yang diterbitkan sendiri, adalah kewajiban penulis untuk segera memberi tahu pemimpin redaksi Jurnal The JAMMILT dan bekerja sama dengan editor untuk menarik kembali atau memperbaiki kertas.

Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi https://publicationethics.org/

 

Kebijakan Menanggulangi Konflik Kepentingan

Penulis, Editor dan Reviewer diharapkan untuk mengikuti panduan sesuai dengan praktik COPE:

Penulis harus dengan jelas menginformasikan sumber dukungan keuangan mereka - lembaga, swasta, dan / atau perusahaan - untuk penelitian mereka
Jika penulis dan editor Justitia Jurnal Hukum memiliki hubungan yang dapat menyebabkan evaluasi yang tidak adil editor lain akan ditunjuk sebagai gantinya.
Peninjau harus mengetahui adanya konflik kepentingan saat menerima naskah untuk evaluasi dan diharuskan segera mengembalikan naskah itu kepada editor, menginformasikan masalah konflik kepentingan

Universitas Muhammadiyah Surabaya sebagai penerbit dari The JAMMILT memiliki kewajiban menjaga segala tindakan publikasi secara serius dan dapat diterima dengan pemahaman etik dan tanggung jawab lainnya