Pengaruh Media Pembelajaran Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI Di SMP Bani Muqiman Bangkalan
DOI:
https://doi.org/10.30651/td.v4i2.984Abstract
Media pembelajaran merupakan sarana interaksi antara guru dengan siswa
sehingga kegiatan pembelajaran lebih efektif dan efisien.Media dapat
menampilkan informasi melalui suara, gambar, gerakan dan warna, baik secara
alami maupun manipulasi, Dengan media tujuan belajar akan lebih mudah
tercapai secara maksimal dengan waktu dan tenaga seminimal mungkin.
Dengan demikian penulis berupaya untuk mengetahuibagaimana penggunaan
media pembelajaran pada mata pelajaran PAI di SMP Bani Muqiman Bangkalan,
bagaimana minat belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SMP Bani Muqiman
Bangkalan, dan adakah pengaruh penggunaan media pembelajaran terhadap minat
belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SMP Bani Muqiman Bangkalan.
Pendekatan yang digunakan penulis dalam penelitian ini adalah pendekatan
kuantitatif. Metode kuantitatif sebagai prosedur penelitian yang menghasilkan
data berupa angka dan bilangan. Pendekatan kuantitatif merupakan suatu
pendekatan yang memandang kenyataan (realitas) sebagai suatu yang berdemensi
tunggal, fragmental, dan tetap (fixed) peneliti dan objek yang diteliti terpisah.
Objek yang diteliti lepas dari konteks waktu. Penggunaan pengukuran disertai
analisis secara statistik. Hasil penelitian untuk generalisasi dan prediksi.
Adapun teknik yang digunakan penulis untuk mendapatkan data yaitu melalui
observasi, interview, koensioner, dan dokumentasi dengan memakai rumus KAI
Kuadrat.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan, maka penulis
menemukan beberapa kesimpulan yaitu, Penerapan penggunaan media
pembelajaran di SMP Bani Muqiman Bangkalan pada pelajaran PAI sangat kecil,
Sehingga Minat belajar siswa SMP Bani Muqiman Bangkalan terhadap Pelajaran
PAI kurang baik, Terdapat pengaruh penggunaan media pembelajaran terhadap
minat belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SMP Bani Muqiman Bangkalan.
Hal ini dapat diketahui dari hasil Persentase yang sangat kecil yaitu 0,49327%,
karena penggunaan media pembelajaran yang diterapkan di SMP Bani Muqiman
Bangkalan juga sangat kecil dengan kisaran Persentase 0,09728% saja, sehingga
dengan demikian pengaruhnyapun dapat dikatagorikan “kurang baikâ€
Katakunci : Media pembelajaran, minat belajar siswa.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published workÂ