Strategi Sekolah Menengah Pertama Al-Azhar Kelapa Gading Surabaya Mencapai Pendidikan Bermutu
DOI:
https://doi.org/10.30651/td.v5i2.954Abstract
Dalam dunia pendidikan dikenal konsep tri pusat pendidikan (keluarga,
sekolah dan masyarakat). Pendidikan tri pusat ini secara bertahap dan terpadu
mengemban tanggung jawab masing-masing. Dengan adanya tiga komponen
tersebut, maka pendidikan bermutu menuntut partisipasi bersama, untuk itu
diperlukan kerja sama antar ketiga komponen tersebut. Dalam kerangka itu,
penelitian ini abermutu di SMP al-Azhar Kelapa Gading Surabaya sebagai wujud
kerja sama dan partisipasi wali murid dan guru. Setelah itu akan diarahkan pada
bentuk-bentuk kerja sama dan partisipasi wali murid dan guru. Setelah itu akan
digambarkan bagaimana strategi pengembangan pendidikan bermutu.
Dalam rangka memperoleh data ditempat penelitian, digunakan metode kualitatif,
sedangkan tehnik pengumpulan data yang dipergunakan adalah observasi,
wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa :
1. Peran sekolah mencapai mutu pendidikan SMP Al-Azhar Kelapa Gading
Surabaya
a. Kepala sekolah melakukan penyeleksian dalam rekrutan SDM/ guru
secara selektif
a. Kepala sekolah melakukan supervisi setiap Minggu melalui cctv
b. Sistem informasi penilaian secara teliti, memudahkan guru didalam
pengisiannya dan juga memudahkan kepala sekolah dalam
pemantauannya
c. Adanya psikolog yang selalu memonitor perkembangan peserta didik
d. Pemantauan kepala sekolah dalam tahap perencanaan pelaksanaan dan
hasil belajar
2. Strategi mencapai mutu pendidikan SMP Al-AzharKelapa Gading Surabaya
a. Menerapkan model pendidikan berbasis mutu dengan kegiatan
pembelajaran
b. Sistem pembelajaran diluar kelas seperti outing clas
c. Melatih dasar kepemimpinan peserta didik dengan melalui OSIS
d. Melatih peserta didik didalam kehidupan nyata, misalnya : ABR
(Alazka Basic Research)
a. Memperdalam ilmu bahasa asing peserta didik yaitu dengan penguatan
bahasa Inggris dengan kunjungan di Konjen
b. Mengadakan pondok Romadlon untuk memperdalam ilmu agama
3. Hasil mutu yang dicapai SMP Al-Azhar Kelapa Gading Surabaya
Lembaga pendidikan al-Azhar bisa berkembang pesat dengan
mencapai pendidikan bermutu dan berkualitas dengan melalui hasil dari
UAS, UNAS dan khotmil Qur‟an, peserta didik dengan mengikuti ujian
tersebut dengan hasil yang memuaskan, lulus 100 % dan juga bisa baca
Qur‟an dan hafal juz „amma (juz 30) dengan baik dan lancar.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published workÂ