Pengaruh Pembiasaan Sholat Berjamaah Terhadap Kesadaran Shalat Lima Waktu Siswa MI Safinda Surabaya
DOI:
https://doi.org/10.30651/td.v6i1.930Abstract
Pembiasaan sholat berjamaah menjadi salah satu aspek penting bagi kesadaran
siswa dalam melaksanakan sholat lima waktu , dalam hal ini selain siswa
terbiasa melaksanakan sholat berjamaah, juga diharapkan dengan ibadah
sholat siswa mencerminkan sikap selalu taat dan patuh. Tujuan dari penelitian
ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh pembiasaan sholat
berjamaah terhadap kesadaran sholat lima waktu.
Metode penelitian yang digunakan adalah observasi, interview dan
dokumentasi. Penelitian dilakukan di MI SAFINDA Surabaya yang subjeknya
berjumlah 30 siswa. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh
pembiasaan sholat berjamaah terhadap kesadaran sholat lima waktu siswa MI
SAFINDA Surabaya. Hal ini dapat dibuktikan dari perhitungan menggunakan
rumus korelasi Product Moment pada taraf signifikansi 5 %. Sedangkan untuk
mengetahui sejauh mana pengaruhnya, peneliti menggunakan rumus korelasi
Product Moment . Diperoleh hasil perhitungan rxy sebesar 0,538. Hasil ini
terletak pada rentang antara 0,400- 0,700, hasil tergolong “Cukupâ€. Sehingga
dapat disimpulkan pembiasaan sholat berjamaah terhadap kesadaran sholat
lima waktu siswa tergolong “Baikâ€.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published workÂ