Pengaruh Pendidikan Agama Islam Terhadap Keaktifan Ibadah Shalat Siswa Kelas XI Di SMA Muhammadiyah 3 Surabaya
DOI:
https://doi.org/10.30651/td.v6i1.929Abstract
Penelitian tentang Pengaruh Pendidikan Agama Islam Terhadap Keaktifan
Ibadah Sholat Siswa kelas XI dilakukan di SMA Muhammadiyah 3 Surabaya.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan proses
pembelajaran kelas XI, untuk mengetahui keaktifan ibadah sholat siswa kelas XI,
dan untuk mengetahui adakah pengaruh pendidikan agama Islam terhadap
keaktifan ibadah sholat siswa kelas XI di SMA Muhammadiyah 3 Surabaya.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan
teknik-teknik pengumpulan data melalui penyebaran angket dengan menggunakan
metode random sampling dan teknik analisis dari penelitian ini adalah taknik
analisis statistik dengan menggunakan Chi Kuadrat.
Kesimpulan dari penelitian ini yaitu Pelaksanaan proses pembelajaran
pendidikan agama Islam kelas XI di SMA Muhammadiyah 3 Surabaya tahun
pelajaran 2014/2015 mempunyai nilai rata-rata 26,75 yang berarti termasuk dalam
kategori sedang, Keaktifan ibadah sholat siswa kelas XI di SMA Muhammadiyah
3 Surabaya tahun pelajaran 2014/2015 mempunyai nilai rata-rata 22,575 yang
berarti termasuk dalam kategori sedang dan Hasil akhhir dari penelitian ini
mengatakan bahwa ada pengaruh dan signifikan yang sedang antara pendidikan
agama Islam terhadap keaktifan ibadah sholat siswa.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published workÂ