Pengaruh Pendidikan Agama Islam Terhadap Keaktifan Ibadah Shalat Siswa Kelas XI Di SMA Muhammadiyah 3 Surabaya

Authors

  • Fasihatul Sholihah Faculty Of Islamic Studies, Muhammadiyah Surabaya University

DOI:

https://doi.org/10.30651/td.v6i1.929

Abstract

Penelitian tentang Pengaruh Pendidikan Agama Islam Terhadap Keaktifan
Ibadah Sholat Siswa kelas XI dilakukan di SMA Muhammadiyah 3 Surabaya.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan proses
pembelajaran kelas XI, untuk mengetahui keaktifan ibadah sholat siswa kelas XI,
dan untuk mengetahui adakah pengaruh pendidikan agama Islam terhadap
keaktifan ibadah sholat siswa kelas XI di SMA Muhammadiyah 3 Surabaya.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan
teknik-teknik pengumpulan data melalui penyebaran angket dengan menggunakan
metode random sampling dan teknik analisis dari penelitian ini adalah taknik
analisis statistik dengan menggunakan Chi Kuadrat.
Kesimpulan dari penelitian ini yaitu Pelaksanaan proses pembelajaran
pendidikan agama Islam kelas XI di SMA Muhammadiyah 3 Surabaya tahun
pelajaran 2014/2015 mempunyai nilai rata-rata 26,75 yang berarti termasuk dalam
kategori sedang, Keaktifan ibadah sholat siswa kelas XI di SMA Muhammadiyah
3 Surabaya tahun pelajaran 2014/2015 mempunyai nilai rata-rata 22,575 yang
berarti termasuk dalam kategori sedang dan Hasil akhhir dari penelitian ini
mengatakan bahwa ada pengaruh dan signifikan yang sedang antara pendidikan
agama Islam terhadap keaktifan ibadah sholat siswa.

Published

2017-11-16

Issue

Section

Editorials