Pengaruh Profesionalisme Guru Terhadap Prestasi Belajar Siswa Di MI Ribath Darut Tauhid Nambangan Perak Surabaya

Authors

  • Maulidah Maulidah Faculty Of Islamic Studies, Muhammadiyah Surabaya University

DOI:

https://doi.org/10.30651/td.v6i2.919

Abstract

Guru professional adalah guru yang ingin mengedepankan mutu dan
kualitas layanan dan produknya,layanan guru harus memenuhi standarisasi
kebutuhan masyarakat, bangsa dan pengguna serta memaksimalkan kemampuan
peserta didik berdasar potensi dan kecakapan yang dimiliki masing-masing
individu untuk menjadi lebih baik
Penelitian ini di tujukan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh
Profesionalisme guru terhadap prestasi belajar siswa di MI Ribath Darut Tauhid
Nambangan perak Surabaya. Penelitian ini merupakan penelitian yang
menggunakan teknik – teknik pengumpulan data melalui observasi, interview,
koensioner, dan dokumentasi. Penelitian tentang Pengaruh Profesionalisme Guru
terhadap Prestasi Belajar di MI Ribath Darut Tuhid Nambangan perak Surabaya,
bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh profesionalisme guru dengan
prestasi belajar siswa, dengan niatan itu penulis menggunakan metode kuantitatif
dengan menggunakan rumus Korelasi Prodak moment yang mana pengumpulan
datanya menggunakan teknik penyebaran angket, wawancara, dan observasi.
Dari hasil penelitian, penulis mengambil kesimpulan adanya pengaruh
profesionalisme guru terhadap prestasi belajar siswa dengan prosentasi yang
cukup, yaitu 0,735%.
Berdasarkan hasil yang diperoleh ini diharapkan menambah kesadaran
terhadap para guru pengajar MI Ribath Darut Tuhid Nambangan perak Surabaya,
untuk lebih meningkatkan keprofesionalnya dalam proses belajar mengajar,
sehingga dapat meningkatkan prestasi belajar peserta didik.

Published

2017-11-14

Issue

Section

Editorials