Entrepreneurship Berbasis Experiential Learning Dalam Membentuk Kemandirian Santri Di Panti Asuhan Muhammadiyah Karangpilang Surabaya

Authors

  • Asrori Asrori Unversitas Muhammadiyah Surabaya
  • Romelah Romelah Universitas Muhammadiyah Malang
  • Moh Nurhakim Universitas Muhammadiyah Malang

DOI:

https://doi.org/10.30651/td.v10i1.9096

Keywords:

Entrepreneurship, Experiential Learning, Kemandirian Santri

Abstract

Panti asuhan merupakan suatu lembaga usaha kesejahteraan sosial pada anak terlantar dengan melaksanakan penyantunan dan pengentasan anak terlantar, memberikan pelayanan pengganti orang tua/wali anak dalam memenuhi kebutuhan fisik, mental dan sosial kepada anak asuh sehingga memperoleh kesempatan yang luas, tepat dan memadai bagi pengembangan kepribadiannya dan kompetensi yang dibutuhkan sesuai dengan yang diharapkan sebagai bagian dari generasi penerus cita-cita bangsa. Penelitian bertujuan untuk memperoleh gambaran secarah utuh tentang: mendekripsikan pengembangan entrepreneurship berbasis experiential learning dan mendeskripsikan bentuk kemandirian santri di Panti Asuhan Muhammadiyah Karangpilang Surabaya. Hasil penelitian ini diantaranya: Pertama, pengembangan entrepreneurship berbasis experiential learning di Panti Asuhan Muhammadiyah Karangpilang Surabaya, Pembelajaran yang berbasis pada pengalaman langsung kegiatannya di muali dari pra pengolahan, pengolahan, dan packing dalam membuat pupuk, aneka bahan kimia berupa sabun cuci, sabun cairan pembersi lantai, tiner termasuk juga budidaya ikan. Kedua, kemandirian santri Panti Asuhan Muhammadiyah Karangpilang Surabaya sebagai berikut: 1) mandiri dalam kebutuhan biologis, seperti: masak, makan, mencuci pakaian; 2) mandiri dalam membagi waktu seperti membersikan kamar, waktu belajar, waktu istirahat; 3) mandiri dalam mengatur keuangan sendiri seperti belanja; 4) mandiri memecahkan masalah pribadi seperti mengatur komunikasi yang baik antar sesama; dan 5) mandiri dalam melakukan usaha dan membuka lapangan kerja sendiri.

References

Agus Wibowo. Pendidikan Entrepreneurship: Konsep dan Strategi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar 2005.

Arman Hakim, dkk. Entrepreneurship Membangun Spirit Teknopreneurship. Yogyakarta: Penerbit Andi, 2007.

Badan Pusat Statistik (BPS), Tenaga Kerja Nov 2020, dalam https://www.bps.go.id/pressrelease/2020/11/05/1673/agustus-2020--tingkat-pengangguran-terbuka--tpt--sebesar-7-07-persen.html (11 Nov 2020).

Bath, V. Experiential Lerning: A Handout for Teacher Educators Mysue: Institute of Education. Journal of Experiential Learning. 2002.

Dadang Suhardan dkk. Ekonomi dan Pembiayaan Pendidikan. Bandung: Alfabeta, 2012.

David A. Kolb. Experiential Learning Experience as The Source of Learning and Development. New Jersey: Prentice Hall, Inc, Englewood Cliffs, 1984.

Dun Steinhoff dan Jhon F. Burgess. Small Business Fundamentals. Singapore: McGraw-Hill Co, 1993.

Esty Pan Pangestie. Pendekatan Experiential Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan respectful mind Bagi Mahasiswa. Jurnal Penelitian Tindakan Bimbingan dan Konseling, Vol. 2, No. 1. 2016.

Hindun. Kemandirian Santri: Studi Tentang Tradisi Pesantren di Pondok Pesantren Al-Ihya Ulumudin Kesugihan Cilacap. STAIN Purwokerto, 2011

J. Winardi. Entrepreneur dan Entrepreneuship. Jakarta: Kencana, 2008.

Jennifer Moon, A Handbook of Reflective and Experiential Learning: Theory and Practice. London: Routledge Falmer Taylor & Francis Group: 2004.

Juwariyah. Pendidikan Moral dalam Puisi Imam Syafi’i dan Ahmad Syauqi. Yogyakarta: Bidang Akademik, 2008.

M. Chabib Thoha. Kapita Selekta Pendidikan Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 1996

Mochtar Shochib. Pola Asuh Orang Tua. Jakarta: Rineka Cipta, 2006.

Mohammad Ali dan Mohammad Asrori. Psikologi Remaja Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Bumi Aksara, 2006.

Muh. Yunus. Islam dan Kewirausahan Inovatif. Malang: UIN Maliki Press, 2008.

Muslihatun Munawaroh. Pengaruh Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran PAI pada Siswa SLTP Purnama Sumpiuh. Purwokerto: 2010.

Peggy Lambing dan Charles R. Kuehl. Entreprenuership. New Jersey: Prentice Hall, 2000.

S. Nasution. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar dan Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara, 2003.

Sumadi Suryabrata. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2004.

Suryana. Ekonomi Kreatif, Ekonomi Baru: Mengubah Ide dan Menciptakan Peluang. Jakarta: Salemba Empat, 2003.

Suryana. Kewirausahaan: Kiat dan Proses Menuju Sukses. Jakarta: Salemba Empat, 2013.

Sutan Rajasa. Kamus Lengkap Bahasa Indonesia, Disertai Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia yang Disempurnakan. Surabaya: Mitra Cendekia, 1998.

T.W. Zimmerer, N.M. Scarborough, Entrepreneurship and The New Venture Formation. New Jersey: Prentice Hall Internatinal, Inc 1993.

Tim Penyusun Kamus Pusbinsa Depdikbud. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: PN. Balai Pustaka, 1989.

Tim Pusat Kurikulum Pengembangan Pendidikan Entrepreneurship, 2010. Bahan Pelatihan Penguatan Metodologi Pembelajaran Berdasarkan Nilai-nilai Budaya untuk Membentuk Daya saing dan Karakter Bangsa. Jakarta: Balitbang Kemendiknas RI, 2010.

Yasin Setiawan. Perkembangan Kemandirian Seorang Anak. Indeks Artikel Siaksoft, Posted by. Edratna 28 Juli 2007

Published

2021-05-25

Issue

Section

Editorials