Perkembangan Kegiatan Keagamaan Melalui Pogram Seni Hadrah Al Banjari

Authors

  • Nur Iftitahul Husniyah Universitas Islam Lamongan
  • Ahmad Andi Susanto Universitas Islam Lamongan

DOI:

https://doi.org/10.30651/td.v9i2.7523

Abstract

Masyarakat di Desa Guminingrejo dalam hal kegiatan keagamaan masih sangat kental dengan budaya ketimurannya. latar belakang budaya, kita bisa melihat aspek budaya dan sosial yang berpengaruh dalam kehidupan masyarakat. Tradisi budaya ketimuran sendiri berkembang dan banyak dipengaruhi ritual-ritual agama atau kepercayaan masyarakat sebelum agama Islam  masuk. Kegiatan keagamaan yang masih tetap dilakukan masyarakat guminingrejo adalah seni hadrah Al Banjari tujuan dari tetap dilakukannya kegiatan keagamaan hadrah Al Banjari ini adalah penguatan nilai karakter masyarakat Guminingrejo dan menjadikan desa guminingrejo sebagai desa berbasis religi. Hasil penelitian tentang Perkembangan Kegiatan Keagamaan Melalui Pogram Seni Hadrah Al Banjari dalam Pembentukan Karakter: 1. Al Banjari merupakan kegiatan yang sangat positif dimana melaui program ini anak anak dikenalkan dengan penguatan nilai karakter Beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, Berbudi pekerti luhur, Memiliki pengetahuan dan keterampilan, Sehat rohani dan jasmani, Berkepribadian yang mantap dan mandiri, Memiliki rasa tanggung jawab kemasyarakatan dan kebangsaan. 2. Penguatan nilai karakter masyarakat dengan melalui program hadra Al Banjari bisa menjadi terobosan membangun sumber daya manusia di desa gumining rejo terkhusus bagi anak mudanya.

References

Asrori. “Character Education Implementation Through Tahfidzul Qur’an Teaching in SMPIT Ar Rayyan Surabaya.†Studia Religia: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Islam 2 (2018). http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/Studia/article/view/2398.

———. “Pendampingan Pembinaan Keagamaan Anak Dalam Keluarga Urban Di Desa Brengkok Kec. Brondong Kab. Lamongan.†Surabaya, 2017. http://repository.um-surabaya.ac.id/4616/1/LAPORAN_AKHIR_PENDAMPINGAN_PEMBINAAN_KEAGAMAAN_ANAK_DALAM_KELUARGA_URBAN_DI_DESA_BRENGKOK_.pdf.

———. Psikologi Pendidikan: Pendekatan Multidisipliner. Purwokerto: Pena Persada, 2020.

Daud Ali Muhammad. Pendidikan Agama Islam . Jakarta: Rajawali Pers. 2008.

A’at Syafa’at. Dkk. Peranan Pendidikan Agama Islam . Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada. 2008.

Rahayu Wanti. Dkk.â€Analisis Program Kegiatan Keagamaan Keagamaan Terhadap Peningkatan Akhlak Siswaâ€. Jurnal Unpak. Vol.2. No.01. Maret 2019.

Rahminawati Nan. “Model Pengembangan Kegiatan Keagamaan Pada Ikatan Remaja Masjid Luqman SMA Negeri 10 Bandungâ€. Jurnal Pendidikan Islam . Vol.16. No.2.

Jati Bima. Dkk. “Optimalisasi Upaya Pemerintah Dalam Mengatasi Pandemi Covid-19 Sebagai Bentuk Pemenuhan Hak Warga Negaraâ€. Jurnal Sosial dan Budaya.

Pendidikan Seni Drama, Tari dan Musik, Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Semarang, 2011)

Syahrul Syah Sinaga, Fungsi dan Ciri Khas Kesenia Rebana di Pantura Jawa Tengah, Harmonia Jurnal Pengetahuan dan Pemikiran Seni, Vol. 7 No. 3, (September-Desember, 2006)

Philip Suprastowo, Kajian Pendidikan dan Kebudayaan, (Bandung: Angkasa, 1997), hal. 10.

Sayyid Ahmad bin Sayyid Zaini Dahlan, Taqrib al-Usul fi Tashil al-Usul fi Ma’rifah al-Rabb wa ar-Rasul,(Mesir: Mustafa Bab al-Halabi, 1349 H)

Syekh Yusuf bin Ismail an-Nabhani, Sa’adah ad-Darain fi al-Shalat ala Sayyid al-Kawnain,(Beirut: Darul Fikr, 1996)

Wildana Wargadinata, Spiritualitas Salawat (Kajian Sosio-Sastra Nabi Muhammad SAW), (Malang: UIN Maliki Press, 2010)

Published

2020-11-25

Issue

Section

Editorials