Karakteristik Peserta Didik Yang Ideal Perspektif Al-Qur’an dan Hadits

Authors

  • Noor Amirudin Mahasiswa Program Doktoral UIN Maulana Malik Ibrahim Malang
  • Suaib Muhammad Mahasiswa Program Doktor UIN Maulana Malik Ibrahim Malang
  • Samsul Ulum Mahasiswa Program Doktor UIN Maulana Malik Ibrahim Malang

DOI:

https://doi.org/10.30651/td.v9i2.6755

Keywords:

Karakter, Peserta Didik, Al-Qur’an, Hadits

Abstract

Peserta didik sebagai manusia yang dilahirkan telah mempunyai potensi yang harus senantiasa ditumbuh kembangkan secara optimal dan terpadu melalui  proses  pendidikan, baik dari orang tuanya maupun lingkungan disekitarnya termasuk dalam bangku sekolah.  Latar belakang tersebut  menjadi alasan,  yang diharapkan peserta didik mampu mengembakan karakter pada dirinya. Sedangkan karakter diri pada mereka selalu dipengaruhi oleh faktor-faktor  dari di  dalam  dan  luar  dirinya.  Dalam  pendidikan  Islam,  faktor-faktor  tersebut  secara sinergi  dan  terpadu  mempengaruhi  keberhasilan  proses  pendidikan.  Pada  aktivitas pendididikan,  baik  pendidikan  umum  maupun  yang  berbasis  Islam,  pada  umumnya memiliki sumber-sumber norma sebagai landasan berpijak. Pendidikan Islam memiliki landasan utama sebagai aktivitas normatif, yaitu bersumber pada al-Qur’an dan Hadits. Karakteristik peserta didik yang ideal perspektif al-Qur’an dan Hadits dapat dilihat dari sifat mereka, yaitu niat karena Allah, sabar, ikhlas, jujur, tawadhu’, qana’ah, toleran, tha’at, tawakkal, khauf dan raja, dan syukur.

References

Abdullah, Abdurrahman Saleh. 1991. Teori-Teori Pendidikan Berdasarkan Al-Qur’an. Jakarta: Rineka Cipta.

Amirudin, Noor dan Basri, Hasan. 2020. The Internalization of Islamic Values on Undergraduet Student Through The Baitul Arqam. Dayah: Jurnal of Islamic Education. Volume 3(2).

Departemen Agama RI. 2010. Alhidayah Al-Qur’an Tafsir Per Kata Tajwid Kode Angka. Tangerang: Kalim.

Al-Ghazali. 1995. Ringkasan Ihya Ulumuddin. Jakarta: Pustaka Amani.

Al-Syaibani. 1979. Falafah Pendidikan Islam. Jakarta: Bintang.

Chaplin, J.P. 1999. Kamus Lengkap Psikologi. Jakarta: Rajawali Press.

Depdikbud. 1996. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Depdikbud.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2000. Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta.

Drever, James. 1986. Kamus Psikologi. Jakarta: Bina Aksar.

Husaini, Adian et. al. 2013. Filsafat Ilmu. Jakarta: Gema Insani.

Muhaimin. 2001. Paradigma Pendidikan Islam: Upaya Mengefektifkan Pendidikan Islam di Sekolah. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nata, Abuddin. 2001. Perspektif Islam Tentang Pola Hubungan Guru Dan Murid. Jakarta: Rajawali Press.

Nata, Abuddin. 1997. Filsafat Pendidikan Isam. Jakarta: Logos.

Tafsir, Ahmad. 1996. Epistemologi Untuk Ilmu Pendidikan Islam. Bandung: Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Published

2020-12-14

Issue

Section

Editorials