Penerapan Pendekatan Inkuiri Dalam Meningkatkan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Kelas X SMK Al-Irsyad Surabaya

Authors

  • Konita Romadhona Program Studi Pendidikan Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • Hayu murti Program Studi Pendidikan Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.30651/td.v9i1.5456

Keywords:

Pendekatan Inkuiri, Berpikir Kritis

Abstract

Penerapan pendekatan inkuiri di kelas X SMK Al-Irsyad Surabaya, guru membimbing peserta didik berdoa sebelum memulai pelajaran, guru membentuk beberapa kelompok, memberi permasalahan kepada kelompok, guru membimbing peserta didik yang masih bingung tentang maksud dari soal tersebut, mempresentasikan hasil diskusinya di depan kelas. Kemampuan berpikir kritis di kelas X SMK Al – Irsyad Surabaya  terdapat peningkatan dari pertemuan I ke pertemuan ke II. Faktor pendukung dari penerapan pendekatan inkuiri yaitu penggunaan media pembelajaran yaitu LCD. Sedangkan faktor penghambat dalam penerapan pendekatan inkuiri yaitu terlalu banyak menghabiskan waktu dan semangat dari peserta didik

References

Aan Komariah, Djam'an Satori. 2011. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Alma, Buchari. 2008. Guru Profesional Menguasai Metode dan Terampil Mengajar. Bandung: Alfabeta

Asrori. 2020. Psikologi Pendidikan: Pendekatan Multidisipliner. Purwokerto: Pena Persada,

Daradjat, Zakiah. 1996. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara.

Hamalik, Oemar. 2009. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Sanjaya, Wina, Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan Jakarta: Kencana Prenada Media, 2011

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

W. Gulo. 2004. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Grasindo

Published

2020-07-20

Issue

Section

Editorials