Implementasi Model Pembelajaran Edutainment Dalam Pengembangan Kreativitas Belajar Siswa Mata Pelajaran PAI di SMPN 35 Surabaya

Authors

  • Shokhibul Arifin Program Studi Pendidikan Agama Islam, Universitas Muhammadiah Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.30651/td.v9i1.5453

Keywords:

Model Pembelajaran Edutainment, Pengembangan Kreativitas Belajar

Abstract

Penelitian model pembelajaran Edutainment Dalam Pengembangan Kreativitas Belajar Siswa Mata Pelajaran PAI di Kelas VIII SMPN 35 Surabaya. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Sebab penelitian ini menitik beratkan pada proses aplikasi “Pelaksanaan pembelajaran edutainment dalam pengembangan kreativitas mata pelajaran PAIâ€, maka metode penelitian yang sesuai dan tepat adalah menggunakan metode penelitian kualitatif. Hasil Implementasi Model Pembelajaran Edutainment dalam pengembangan kreativitas belajar siswa pada bidang studi PAI di SMP Negeri 35 Surabaya dilakukan dengan menggunakan metode pembelajaran berbeda-beda dan bervariasi yang digunakan secara bergantian, diciptakannya dalam kondisi kelas yang ceria, menyenangkan dan penuh kegembiraan

References

Agoes Dariyo. 2003. Psikologi Perkembangan Dewasa Muda. Jakarta: Grasindo Widya Sarana Indonesia.

Ahmad D. Marimbah. 1974. Pengantar Filsafat Pendidikan Islam. Bandung: Al-Maarif.

Asrori. 2020. Psikologi Pendidikan: Pendekatan Multidisipliner. Purwokerto: Pena Persada.

Hanun Asrohah. 2004. Pendidikan Islam dalam KBK: Studi tentang Pengembangan Pembelajaran PAI Model di MIN Malang, Surabaya: Nizamia.

Khudhori Soleh. 2003. Pendidikan Islam Kontemporer. Yogyakarta: Jendela.

Sunan Ibnu Majjah. Juz 1 Hadits No. 224, Bairut: Dar al-Kitab al-Ilmiah, tt

Sutrisno. 2005. Revolusi Pendidikan di Indonesia: Membedah Metode dan Teknik Pendidikan Berbasis Kompetensi. Yogyakarta : Ar-Ruzz.

Syafrudin Nurdin. 2005. Model Pembelajaran yang Memperhatikan Keberagaman Individu Siswa dalam KBK. Jakarta: Quantum Teaching.

Utami Munandar, Kreativitas dan Keberbakatan: Strategi Mewujudkan Potensi Kreatif dan Anak Berbakat, Jakarta: PT. Gramedia, Pustaka Utama, 2002.

UU Sisdiknas. 2005. Pasal 40 Ayat 2. Sisdiknas, Surabaya; Media Center.

Published

2020-07-20

Issue

Section

Editorials