Implementasi Media Flashcard Dengan metode Beyond Center And Circle Time Untuk menghafal huruf hijaiyah pada Siswa tuna grahita di Smplb Muhamadiyah kertosono

Authors

  • Hanif Lutfi Fauzi Universitas Trilogi Jakarta
  • Sokhibul Arifin

DOI:

https://doi.org/10.30651/td.v8i2.4285

Abstract

Abstrak
Anaktunagrahitaadalahanak yang memilikiintelegensidibawah rata-rata
dan disertaidenganketidakmampuandalamadaptasiperilaku yang munculdalam
masa perkembangan. Sehinggamembutuhkansebuahmetodepengajaran yang
sesuai. Penelitianinibertujuanuntukmengetahuibagaimanamenerapkan media
flashcarddenganmetodebeyond center and circle
timeuntukmenghafalhurufhijaiyah di SMPLB MuhamadiyahKertosono.  
Penelitianinimenggunakanpenelitiankualitatif,
denganmenggunakanteknikpengumpulan data wawancara, observasi, dan
dokumentasi. Sedangkananalisis data dilakukanmulaidarimereduksi data,
penyajian data, dan menarikkesimpulan.
Dari hasilpenelitianmenunjukkanbahwa, pengajaranmenggunakan media
flascard dan metode BBCT memberikanhasil yang positif. Hal inidapatdilihat
,anaktunagrahitakelas VII di SMPLB MuhamadiyahKertosonobisamembaca dan
menghafalkanhurufhijaiyah. keterlibatan orang
tuadalamteraphimerupakanfaktorpenting dan
merupakanbagiandaripenentukeberhasilan program
intervensidiniuntukanaktunagrahita,
karenaanakmenghabiskansebagianbesarwaktunyadirumahdengan orang tua,
tentuiniadalahkeuntunganbuat sang anakjika orang tuaterlatihatau minimal
memahamiteknik BBCT yang dikembangkan oleh pihaksekolah.  Jika orang
tuaikutterlibataktifdalammengoptimalkankecepatananakbelajar dan
pengembanganatauimplementasiketrampilanbaru di
rumahtujuanpendidikanakanlebihtercapaisecaramaksimal.

Kata kunci: Beyond Center and Circle Time, Tunagrahita, Flashcard, Hijaiyah.

Author Biography

Hanif Lutfi Fauzi, Universitas Trilogi Jakarta

Department of Early Childhood

Published

2020-02-12

Issue

Section

Editorials