Pelaksanaan Metode Resitasi Pembelajaran Pendidikanagama Islamdi Smpnegeri 35 Kota Pekanbaru

Authors

  • Devi Permata Sari Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Agama Islam Universitas Islam Riau
  • Nasrul Nasrul universitas islam riau
  • Rosina Rosina universitas islam riau
  • Putri Dayana universitas islam riau
  • Dina Intaniah universtas islam riau
  • Dewi Lian universitas islam riau
  • Dede Kuspermadi universitas islam riau

DOI:

https://doi.org/10.30651/td.v8i1.2788

Keywords:

Metode Resitasi, Pendidikan Agama Islam, Guru

Abstract

Pendidikan bukan tentang peserta didik yang dipaksa belajar setiap waktu sehingga peserta didik merasa terbebani karena merasa waktu habis untuk belajar. Tidak hanya di sekolah tetapi di rumah juga digunakan untuk belajar berupa menyelesaikan pekerjaan rumah yang diberikan guru. Untuk itu diperlukan metode yang bisa diterapkan oleh guru untuk mengurangi beban peserta didik salah satunya metode resitasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan metode resitasi dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 35 Pekanbaru di kelas VII dan IX. Metode dalam penelitian ini adalah studi kasus dengan teknik wawancara. Yang menjadi subjek penelitian adalah guru Pendidikan Agama Islam kelas VII dan kelas IX. Instrumen penelitian adalah peneliti sendiri yang mewawancarai subjek dengan beberapa pertanyaan. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa guru Pendidikan Agama Islam memberi tugas kepada peserta didik berupa laporan shalat dan mengaji sebagai nilai pokok, serta hafalan surat juz 30 dan do’a sehari-hari sebagai nilai tambahan yang sifatnya berkesinambungan, akan tetapi metode resitasi belum dilaksanakan dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam karena masih menggunakan metode ceramah dan metode diskusi.

References

Afriani, Heti. Penerapan Metode Resitasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Pada Murid Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Mathlabul Ulum Desa Tri Manunggal Kecamatan Tapung Kabupaten Kampar. Skripsi. 2012. Pekanbaru: UIN Sultan Syarif Kasim.

Ismail, Bachtiar dan Ismail Darim. Peningkatan Penguasaan Materi Hadits melalui Metode Resitasi pada Mahasiswa PAI FTK UIN Ar-Raniry. Jurnal MUDARRISUNA, 6(2). 2016. Banda Aceh: UIN Ar-Raniry.

Musyarofah, Siti. Penerapan Metode Resitasi pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Bagi Anak Tunarungu Di SDLBN Kebakalan Mandiraja Banjarnegara Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi. 2013. Purwokerto: STAIN.

M, Sardiman A. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar Pedoman Bagi Guru dan Calon Guru. Jakarta: Rajawali Press, 1987.

M, Asad Hafidz. Efektifitas Penggunaan Metode Resitasi dan Kerja Kelompok dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Bidang Studi Pendidikan Agama Islam Kelas XI IPS 1 dan 2 di SMA Kolombo, Sleman, Yogyakarta. Skripsi. 2009. Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga.

Nurhayati. Penerapan Metode Resitasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VI SDN 2 Panau Pada Mata Pelajaran Pkn. Jurnal Kreatif Tadulako Online. 4(11). Palu: SDN 2 Panau.

P, Djuhanida Setiati. Penerapan Metode Diskusi dan Resitasi dalam Upaya meningkatkan prestasi belajar Mata Pelajaran PKN Standar Kompetensi Tentang Nilai-Nilai Juang dalam Proses Perumusan Pancasila Sebagai Daar Negara Pada Siswa Kelas VI SDN Karangsentul Kecamatan Gondangwetan Kabupaten Pasuruan. Al-Murabbi: Jurnal Pendidikan Agama Islam. 3(1) . 2017. Pasuruan: Universitas Yudharta.

Prasetyo, K Zuhdan. dkk, Berbagai Bentuk Metode Resitasi pada Peningkatan Kualitas Pembelajaran Fisika di SMA, Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains. 1(1). 2013. Yogyakarta: UNY.

Tambak, Syahraini. Metode Resitasi dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Al-Hikmah. 13(1). 2016. Pekanbaru: UIR.

Yus, Abdullah. Upaya Meningkatkan Pembelajaran Agama Islam melalui Metode Pemberian Tugas Belajar dan Resitasi Pada Siswa Kelas IV SDN 024758 Binjai Tahun Pelajaran 2015. Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Pendidikan Agama Islam, 7(2). 2016. Binjai: SDN 024758.

Sudjana, Nana. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo, 2009. Usman, M. Basyiruddin. Metodologi Pembelajaran Agama Islam. Jakarta: Ciputat Press, 2005.

Jannah, Miftakhul. Studi Komparasi Akhlak Terhadap Sesama Manusia Antara Siswa Fullday School dengan Siswa Boarding School di Kelas XI SMA IT Abu Bakar Yogyakarta. Jurnal Al-Thariqah. 3(2). 2018. Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga.

Kurinasih, Imas dan Berlin Sani. Implementasi Kurikulum 2013: Konsep dan Penerapan. Surabaya: Kata Pena, 2014.

Noor, Juliansyah. Metodologi Penelitian: Skripsi, Tesis, Disertasi, dan Karya Ilmiah. Jakarta: Prenadamedia Group, 2016.

Khotimah, Anik Khusnul. Pengaruh Pembiasaan Shalat berjamaah terhadap Kesadaran Shalat Lima Waktu Siswa MI Safinda Surabaya. Tadarus: Jurnal Pendidikan Islam. 6(1). 2017. Surabaya: UMSurabaya.

Tambak, Syahraini. 6 Metode Ilmiah dan Inovatif Pendidikan Agama Islam. Yogyakarta: Graha Ilmu, 2014.

Downloads

Published

2019-07-01

Issue

Section

Editorials