Sejarah Sosial Pendidikan Islam Modern Di Muhammadiyah

Authors

DOI:

https://doi.org/10.30651/td.v8i1.2649

Keywords:

Pendidikan Islam, Muhammadiyah, Pendidikan Modern, dan Sejarah Sosial

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor penyebab berkembangnya pendidikan Muhammadiyah yang bermula dari pemikiran K.H. Ahmad Dahlan hingga menjadi lembaga pendidikan yang modern dan menjadi pelopor bagi lembaga yang lain. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library research) yang menggunakan pendekatan deskriptif analisis. Perkembangan pendidikan Islam modern di Indonesia berawal dari dikotomi rakyat pribumi yang mendapatkan pendidikan layak pada zaman penjajahan Belanda, serta berbagai macam pengaruh yang mewarnai berkembangnya sistem pendidikan Islam di Indonesia. Berawal dari semangat perubahan dan keluar dari penjajahan belanda inilah mulai bermunculan konsep-konsep pendidikan kebangsaan (pribumi, rakyat, nasionalis) yang berfungsi untuk mencerdaskan bangsa dan menggobarkan nasionalisme. Filsafat pendidikan di Muhammadiyah menitikberatkan pada perpaduan iman serta kemajuan berfikir. K.H. Ahmad Dahlan pun berhasil menyatukan dua ilmu yang berbeda tersebut menjadi satu sehingga pendidikan Muhammadiyah merupakan cikal bakal dan pelopor pendidikan Islam modern. Pembaharuan pendidikan yang dilakukan K.H. Ahmad Dahlan menghasilkan lembaga pendidikan Muhammadiyah yang memiliki keutuhan dalam sistem dan praktik pendidikannyadanmenjadi lembaga pendidikan yang modern dan menjadi pelopor bagi lembaga yang lain.

Author Biography

Muhammad Arif Syaifuddin, ITS

Soshum

References

Ali, Mohammad. Menelaah Teori Pendidikan K.H. Ahmad Dahlan. Yogyakarta: Suara Muhammadiyah, 2014.

Ali, Mohammad. Paradigma Pendidikan Berkemajuan. Yogyakarta: Suara Muhammadiyah, 2017.

Kuntowijoyo. Pendidikan Muhammadiyah dalam Perspektif Sejarah. Yogyakarta: PLP2M, 1985.

Maarif, Ahmad Syafii. Islam dalam Bingkai Keindonesiaan: Sebuah Refleksi Sejarah. Bandung: Mizan dan Maarif Institute for Culture and Humanity, 2009.

Mahfud, Choirul, Politik Pendidikan Islam, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2016.

_____________, 2018. Chinese Muslim Community Development in Contemporary Indonesia: Experiences of PITI in East Java, Studia Islamika 25 (3).

Navis, A.A. Filsafat dan Strategi Pendidikan M. Sjafei. Jakarta: Grafiti Pers, 1996.

Poerbakawatja, Soegarda. Pendidikan dalam Alam Indonesia Merdeka. Jakarta: Gunung Agung, 1970.

PP Muhammadiyah. Pernyataan Pikiran Muhammadiyah Abad Kedua. Yogyakarta: Berita Resmi Muhammadiyah, 2015.

Pringgodigdo, A.K. Sejarah Pergerakan Rakyat Indonesia. Jakarta: Dian Rakyat, 1986.

Rahmawati, K Yahiji, C Mahfud, J Alfin, M Koiri, Chinese ways of being good Muslim: from the Cheng Hoo Mosque to Islamic education and media literacy, Indonesian Journal of Islam and Muslim Societies 8 (2), 225-252.

Siri, Rusli. Aku Cinta Muhammadiyah. Jakarta: Erlangga, 2019.

Steenbrink, K.A, Pesantren Madrasah Sekolah: Pendidikan Islam Dalam Kurun Modern. Jakarta: LP3ES, 1994.

Van Bruinessen, M, Kitab Kuning, Pesantren dan Tarekat. Yogyakarta: Gading Publishing, 2012.

Yahiji, Kasim, Mahfud, Choirul, et.all, Traffic Education in Contemporary Islamic Education Curriculum in Indonesia, Jurnal Tadarus, Vol 7, No 2 (2018).

Zamroni, Percikan Pemikiran Penididikan Muhammadiyah. Yogyakarta: Penerbit Ombak, 2014.

Downloads

Published

2019-07-01

Issue

Section

Editorials