Studi Pengelolaan Pendidikan Menengah Muhammadiyah di Surabaya

Authors

  • Rusman Rusman Faculty Of Islamic Studies, Muhammadiyah Surabaya University
  • M. Wahid Nur Tualeka

DOI:

https://doi.org/10.30651/td.v7i2.2486

Abstract

Abstrak

Kepopuleran persyarikatan muhammadiyah dalam hal pengelolaan lembaga pendidikan
memang sudah tidak diragukan lagi, bahkan diantara sekolah-sekolah negeri dan swasta,
Muhammadiyah selalu menempati urutan pertama dalam kepercayaan masyarakat saat
memilih sekolah bagi anaknya. Dampak kepercayaan tersebut mengakibatkan jumlah lembaga
pendidikan muhammadiyah semakin banyak, sebagai konsekuensi logis akan jumlahnya yang
banyak maka pengelolaan penddikan yang dilakukan pun memiliki ragam yang berbeda antar
satu sama lain. Bahkan tidak jarang terjadi ketimpangan pengelolaan pendidikan yang
berakibat pada maju mundurnya sebuah lembaga pendidikan yang dikelola oleh
muhammadiyah. Namun demikian, Muhammadiyah sebagai salah satu organisasi besar yang
selalu menempatkan pendidikan sebagai sebuah amal usahanya yang diunggulkan. Diakui
atau tidak, sistem pengelolaan pendidikan Muhammadiyah saat ini belum memiliki pedoman
atau sistem pengelolaan pendidikan secara konseptual. Selama ini pengelolaan pendidikan
muhammadiyah baru sebatas berpedoman pada sebuah kepanjangtanganan regulasi
pemerintah dalam bidang pendidikan. Sehingga sistem pengelolaan pendidikan
Muhammadiyah tidak mempunyai ciri khas tersendiri dibandingkan dengan sekolah-sekolah
umum lainya.

Berangkat dari persoalan ini, tujuan penelitian ini adalah berusaha mendeskripsikan sistem
pengelolaan pendidikan muhammadiyah di surabaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan
kualitatif. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara (interview),dan
telaah kepustakaan. Lokasi penelitian adalah di SMA Muhammadiyah 2 dan SMA
Muhammadiyah 7 Surabaya. Subyek penelitian adalah Kepala Sekolah, Wakil Kepala
Sekolah, Guru dan Tenaga Kependidikan, Siswa dan Tokoh masyarakat sekitar. Analisa data
yang digunakan adalah analisa data deskriptif berdasarkan fenomena sosial yang terjadi
dilapangan. Fenomena sosial akan dianalisa dari berbagai pendekatan keilmuan
(multidisiplin), sehingga analisa data yang digunakan pada penelitian ini adalah tergantung
dari data yang didapat oleh peneliti dilapangan, melalui metode tersebut diharapkan dapat
menemukan dan mengambarkan pengelolaan pendidikan muhammadiyah di surabaya.

Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa 1. Prinsip pengelolaan pendidikan menengah
muhammadiyah surabaya bersumber pada tiga pokok utama yaitu sekolah muhammadiyah
yang menyenangkan, mengasyikkan, mencerdaskan dan unggul sebagai center of excelence,
sebagai agent of change, dan sebagai kebun ilmu tempat siswa menuntut ilmu, 2. Lingkup
pengelolaan pendidikan menengah muhammadiyah meliputi beberapa hal berikut : Aspek
manajemen, aset yang dimiliki, pendidik dan tenaga kependidikan, Kurikulum, Proses
pembelajaran, Evaluasi, Sarana dan prasarana, dan penataan lingkungan, 3. Alur pengelolaan
pendidikan menengah muhammadiyah diawali dari peserta didik yang kemudian melalui
tahapan proses pembelajaran ( Pendidik, Kurikulum, Bahan Ajar, Sarana Prasarana,
Pendanaan Pendidikan dan Peran Masyarakat ) dengan keterlibatan 6 komponen tersebut
dalam proses akan menghasilkan lulusan yang berkualitas unggul, 4. Tantangan pengelolaan
pendidikan menengah muhammadiyah terangkum dalam empat hal yakni Globalisasi,
Ketidakpastian, Kompetensi dan Politisasi Pendidikan.

Published

2019-01-31

Issue

Section

Editorials