Pengaruh Metode Edutainment Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pada Materi Pelajaran Al-Islam Kelas VII Di SMP Muhammadiyah 7 Surabaya

Authors

  • Nazilatur Rohmah Faculty Of Islamic Studies, Muhammadiyah Surabaya University
  • Rusman Rusman

DOI:

https://doi.org/10.30651/td.v7i2.2223

Abstract

Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : pelaksanaanmetodeEdutainment di
SMP Muhammadiyah7 Surabaya. Hasil belajar siswa mata pelajaran Al-Islam.
Pengaruh pelaksanaan Metode Edutainment terhadap hasil belajar siswaPenelitian
ini menggunakan metode edutainmentdengan desain penelitian kuantitatif one-
group pretes-posttest design. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII di SMP
Muhammadiyah 7 Surabaya tahun pelajaran 2016/2017 sebanyak 30 siswa.
Teknik pengumpulan data menggunakan angkettes dengan soal. Penelitian ini
dilakukan pada bulan mei 2017 hingga juni 2017. Uji validitas angket pendapat
siswa menggunakan rumus korelasi Product Moment.Hasil penelitian
menunjukkan bahwa: Pelaksanaan pembelajaran menggunakan metode
edutainment dalam meningkatkan hasil belajar pada materi shalat jamaah, shalat
munfarid, shalat jama’ dan qhashar dengan langkah-langkah sebagai berikut: guru
menyampaikan tujuan pembelajaran, guru menyampaikan materi al-islam
kemudian guru menyiapkan permainan (game) dengan media kartu yang berisi
pertanyaan dan jawaban, setelah itu setiap siswa membacakan kartu yang didapat
berupa pertanyaan kemudian mencari pasangan atau jawabnnya, siswa yang sudah
menemukan jawaban yang cocok akan menempelkan di media yang telah
disediakan guru, guru memberi reward bagi siswa yang aktif dalam proses
pembelajaran. Penggunaan metode edutainmentmeningkatkan hasil belajar siswa
kelas VII SMP Muhammadiyah 7 surabaya, pada pelajaran Al-Islam materi shalat
jamaah, shalat munfarid, shalat jama’ dan qhashar dari hasil angket pendapatan
siswa melalui pretest sebanyak 78,16 dan posttest sebanyak 85,66.Adanya
pengaruh metode edutainment dalam meningkatkan hasil pembebelajaran siswa
pada pelajaran al-islam kelas vii di SMP Muhamamdiyah 7 Surabaya.
Berdasarkananalisis data statistic denganproduct moment hasilnya
0,73tergolongtinggi/kuat. dengan demikian dapat diambil kesimpulan bahwa
terdapat pengaruh hasil belajar siswa sebelum dan sesudah pembelajaran yang
menggunakan metode edutainment, itu artinya metode edutainment dapat member
pengaruh pada hasil belajar siswa.
Kata Kunci: Pendidikan Agama Islam

Published

2018-11-26

Issue

Section

Editorials