Peran Guru Al-Islam Dalam Meningkatkan Kecerdasan Emosional Siswa Di SMK Muhammadiyah 1 Kapasan Surabaya

Authors

  • Handi Susanto Faculty Of Islamic Studies, Muhammadiyah Surabaya University
  • M. Fazlurrahman Hadi

DOI:

https://doi.org/10.30651/td.v7i1.1634

Abstract

Abstrak
Latar belakang penelitian ini adalah Peran Utama seorang Guru untuk membentuk
sebuah karakteristik dan kreatifitas pada anak, Skripsi ini membahas tentang
Peran Guru Dalam Meningkatkan Kecerdasan Emosional Smk Muhammadiya 1
kapasan Surabaya, yang bertujuan untuk mengetahui kecerdasan emosional siswa
di SMK Muhammadiyah 1 kapasan Surabaya, Penelitian ini merupakan penelitian
kualitatif, Sumber data pada penelitian ini adalah kepala sekolah, guru, beserta
staf, dan karyawan, dan anak didik. Pengumpulan data dilakukan dengan metode
interview, observasi, dan dokumentasi, untuk menganalisis data menggunakan
pendekatan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukan : upayah guru
dalam meningkatkan kecerdasan emosional siswa SMK Muhammadiyah 1 sudah
sangat baik, dan Kecerdasan Emosional Siswa di SMK Muhammadiyah 1
Kapasan Surabaya juga sangat baik.

Kata kunci: Pembelajaran Al-Islam dan Kecerdasan Emosional

Published

2018-06-04

Issue

Section

Editorials