IBRAH PENDIDIKAN DALAM KITAB SHAHIH BUKHARI

Penulis

  • Muhammad Hambal Shafwan Universitas Muhammadiyah Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.30651/sr.v5i1.8996

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggali tentang ibrah pendidikan dalam Kitab Shahih Bukhari. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan jenis penelitian pustaka (library research), dan teknik analisis datanya menggunakan induktif dan deduktif.  Temuan penelitian ini dapat disimpulkan: (1) Motivasi diri dan semangat yang tulus dari pribadi imam Bukhari sendiri sejak dini. Umur 16 tahun sudah berani meninggalkan kampung halaman pergi ke berbagai daerah dan negara untuk mencari guru dan belajar hadits, tanpa bekal yang memadai; (2) Dalam lawatan ilmiah dan amaliah selama 16 tahun, Beliau bertemu dan belajar langsung kepada 4000 guru yang menghasilkan kurang lebih 600.000 hadits beliau kumpulkan; (3) Hafalan imam Bukhari sangat luar biasa, tetapi dalam setiap perjalanan dari suatu daerah dan negara ke negara lainnya, kelihatan di tangannya selalu ada alat tulis; kertas dan pena yang sangat sederhana, sehingga selain menulis hadis, juga menulis nama-nama gurunya. Inilah yang kemudian menjadi daftar nama periwayat dalam sanad; (4) Rasa tanggung jawab yang sangat tinggi. Salah satu bentuk tanggung jawab ilmiahnya adalah menuliskan karya-karyanya lebih 20 judul kitab, yang diwariskan kepada generasi berikutnya termasuk kepada kita, sehingga ilmu dan pengalaman yang pernah dicapai tidak hilang begitu saja dengan wafatnya Beliau.

Referensi

Abdul Khaliq, Abdul Ghani. Al-Imam Al-Bukhari Wa Shahihuhu. Jeddah: Dar al-Manarah, 2005.

Abu Syuhbah, M.M. Fi Rihab Al-Sunnah. Kairo: Majma’ al-Buhuts al-Islamiah, 1999.

Adanan, Abu Bakar. “No Title.†ihya al-arabiyah: Jurnal Pendidikan bahasa dan sastra arab 6, no. 2 (2020): 1–15. http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/ihya/article/view/8340.

Al-Atsqalani, Ibnu Hajar. Hadyus Sari Muqaddimah Fath Al-Bari. Kairo: Dar al-Rayyan, 1409.

Al-Dzahabi. Siyar A’lam Al-Nubala’. Beirut: Muassasah al-Risalah, n.d.

Al-Zahrani, Muhammad Mathar. Tadwin Al-Sunnah Al-Nabawiyah. Beirut: Muassah al-Risalah, 2010.

Arifin, Zainul. Studi Kitab Hadits. Surabaya: Pustaka al-Muna, 2010.

Rohmatin. “EDUCATION CONCEPT BY RASULULLAH SHALLALLAHU ‘ALAIHI WASALLAM (Analysis of the Hadith Analysis of the Book of Science of Sahih Bukhari).†Studia religia 4, no. 1 (2020): 84. http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/Studia/article/view/5265/pdf.

Shafwan, Muhammad Hambal. Studi Ilmu Hadits. Malang: Pustaka Learning Center, 2020.

Unduhan

Diterbitkan

2021-06-25

Terbitan

Bagian

Artikel