Representasi Budaya Ramadan di Indonesia dalam Iklan Gojek Versi Ramadan 2021: Kajian Semiotika Roland Barthes
Abstrak
Ramadan Culture Representation in Indonesia on Ramadan 2021 Version Of Gojek Advertisement: A Semiotic Study of Roland Barthes
Â
ABSTRAK
Indonesia sebagai salah satu negara dengan umat Islam terbanyak memiliki budaya tersendiri ketika menjalankan ibadah pada bulan Ramadan. Penelitian ini berjudul “Representasi Budaya Ramadan di Indonesia dalam Iklan Gojek Versi Ramadan 2021: Kajian Semiotika Roland Barthesâ€. Pembahasannya diorientasikan pada kajian semiotik tanda dengan tujuan mendeskripsikan representasi budaya Ramadan di Indonesia yang terdapat dalam video iklan Gojek versi Ramadan 2021. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif dengan menggunakan model analisis Roland Barthes yang berfokus pada makna denotasi, makna konotasi dan mitos. Hasil analisis menunjukkan bahwa dalam iklan Gojek versi Ramadan 2021 terdapat beberapa hal yang menjadi representasi budaya orang Indonesia selama bulan Ramadan, di antaranya: berbuka puasa bersama keluarga, kerabat atau teman-teman; berbuka puasa diawali dengan minuman dan penganan yang manis; ibadah salat di masjid; menyajikan makanan khas saat perayaan Idulfitri yaitu kupat tahu dan opor ayam; serta saling mengirimkan bingkisan kepada orang-orang terdekat.
Kata kunci: budaya indonesia, ramadan, iklan, semiotika roland barthes
ABSTRACT
Indonesia is as one of the countries with the Muslims majority has its own culture during the month of Ramadan. This study entitled "Ramadan Culture Representation in Indonesia on Ramadan 2021 Version of Gojek Advertisement: A Semiotic Study of Roland Barthes". The discussion is oriented towards the semiotic study of signs with the aim is describing the representation of Ramadan culture in Indonesia which is contained in Ramadan 2021 version of gojek advertisement video. The method used in this research is descriptive qualitative method and using Roland Barthes analysis model which focuses on denotational meaning, connotation meaning and myths. The results of the analysis show that in Ramadan 2021 version of gojek advertisement video, there are several things that represent the culture of the Indonesian during the month of Ramadan, including: iftar with family, relatives or friends; iftar with sweet drinks and confectionery; praying at the mosque; serving special food during the celebration of Eid al-Fitr, such as kupat tahu and opor ayam; as well as sending gifts to close relatives.
Keyword: indonesian culture, ramadan, advertisement, Roland Barthes Semiotics
Artikel teks lengkap
Referensi
Danesi, M. (2010). Pesan, Tanda, dan Makna: Buku Teks Dasar Mengenai Semiotika dan Teori Komunikasi. Yogyakarta: Jalasutra.
Danesi, M. (2010). Pengantar Memahami Semiotika Media. Yogyakarta: Jalasutra.
Dewi, M. C. (2013). Profetik : jurnal komunikasi. Profetik: Jurnal Komunikasi, 6(2), 63–82.
Dessiliona, T., Nur, T., & Indira, D. (2020). Representasi Kecantikan Perempuan Jerman Berdasarkan Iklan Nivea Berbahasa Jerman. Metahumaniora, 9(2), 244–257.
Habsari, S. U. H. (2016). Analisa Semiotika Komunikasi Visual Iklan Layanan. Jurnal PPKM II, 106–113.
Handayani, D. (2019). Representasi Budaya dalam Iklan: Analisa Semiotika Iklan Marjan Versi Tari Betawi dan Sepatu Roda. Jurnal Budaya Nusantara, 3(1), 12–22.
Hartono, D., & Sugalih, A. (2019). Makna Simbol Senyum pada Iklan Lay’S di Televisi (Semiotics Analysis of Charles Sanders Pierce). Jurnal Perspektif Komunikasi, 3(1), 39–49.
Haryono, S. R., & Putra, D. K. S. (2017). Identitas Budaya Indonesia: Analisis Semiotika Roland Barthes dalam Iklan Aqua Versi “Temukan Indonesiamu.†Acta Diurna, 13(2), 67–88.
Hoed, B. H. (2014). Semiotik & Dinamika Sosial Budaya. Depok: Komunitas Bambu.
Juniarti, S., & Wahjudi, S. (2018). Representasi Harmonisasi Antar Budaya dalam Iklan (Analisis Semiotika pada Iklan Matahari Department Store Versi Imlek 2018). Jurnal Semiotika, 12(2), 200–230.
Pujiati, T. (2015). Analisis Semiotika Struktural pada Iklan Top Coffee. Jurnal Sasindo Unpam, 3(3), 1–22.
Santika, I. D. A. D. M., Suastini, N. W., & Winarta, I. B. G. N. (2020). Tanda Verbal dan Visual dalam Poster Iklan tentang Lingkungan. Prosiding Seminar Nasional Linguistik dan Sastra (Semantiks), 516–522.
Smith, P. (2001). Cultural Theory: An Introduction. Oxford: Blackwell Publishing.
Sobur, Alex. (2013). Semiotika Komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sudarto, dkk. (2015). Analisis Semiotika Film "Alangkah Lucunya Negeri Ini". Acta Diurna, 6 (1), 1-11.
Supriyadi, Y. (2013). Periklanan Perspektif Ekonomi Politik. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.
Tinarbuko, S. (2010). Semiotika Komunikasi Visual. Yogyakarta: Jalasutra.
Wanda, A., & Rosmiati, A. (2019). Kajian Semiotika Simbol Budaya Keraton Surakarta dalam Iklan Kuku Bima Ener-G Versi Visit Jawa Tengah. Kadera Bahasa, 11(1), 45–58.
www.youtube.com. Gojek Indonesia. "Iklan Ramadan Gojek 2021 Mengandung Bawang". 3 April 2021.
Penulis
Hak Cipta (c) 2022 Rifa Rafkahanun, Dian Indira, Riza Lupi Ardiati, Ypsi Soeria Soemantri

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Hak Cipta
Stilistika: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra by FKIP UMSurabaya diatur lisensinya dibawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.
Penulis mempertahankan seluruh haknya atas artikel yang diterbitkan jurnal ini, seperti (namun tidak terbatas pada) hak cipta dan hak kepemilikan lainnya yang berkaitan dengan artikel tersebut, seperti hak paten; hak untuk menggunakan substansi artikel dalam karyanya di masa depan, termasuk ceramah dan buku; hak untuk memperbanyak artikel untuk keperluan sendiri, hak untuk mengarsipkan sendiri artikel tersebut; hak untuk mengadakan pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi terbitan artikel (misalnya, mempostingnya ke repositori institusi atau menerbitkannya dalam buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di jurnal ini.
Lisensi
Setiap karya yang ditulis penulis dilisensi dengan Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional