Peningkatan Hasil Belajar Melalui Implementasi Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan Aplikasi Whatsapp Group di Mata Kuliah Teori Sastra

Supadi Supadi (1), Amrizal Amrizal (2), Fina Hiasa (3)
(1) Pendidikan Bahasa Indonesia, Universitas Bengkulu, Indonesia,
(2) Pendidikan Bahasa Indonesia, Universitas Bengkulu, Indonesia,
(3) universitas bengkulu, Indonesia

Abstrak

Learning Outcomes Improvement Through The Implementation Discovery Learning Model Using Whatsapp Group in Literature Theory Courses

 

ABSTRAK

Penerapan model discovery learning berbantuan aplikasi WhatsApp group pada mata kuliah Teori Sastra pada penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar mahasiswa semester satu Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, FKIP, Universitas Bengkulu. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes pada awal dan akhir siklus. Selain itu, teknik non tes juga digunakan untuk mengetahui respon siswa terhadap pembelajaran awal dan akhir yang telah berlangsung. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus. Pada siklus pertama, hasil yang diperoleh belum memenuhi target capaian. Target yang ditetapkan tercapai pada siklus kedua. Hasilnya siswa yang memperoleh nilai A sebanyak 14 orang (33%), nilai B sebanyak 20 orang (50%), nilai C sebanyak 7 orang (17%), dan nilai D sebanyak 0 orang (0%). Hasil ini menunjukkan penerapan model discovery learning berbantuan aplikasi WhatsApp group telah berhasil memenuhi target capaian berupa peningkatan hasil belajar sebanyak 30%.

Kata kunci: discovery learning, teori sastra, grup whatsapp

 

ABSTRACT

The implementation of the discovery learning model assisted by the WhatsApp group application in the Literary Theory course in this study aims to improve the learning outcomes of first semester students of the Indonesian Language Education Study Program, FKIP, Bengkulu University. Data was collected by using test techniques in the beginning and the end of the cycle. In addition, non-test techniques are also used to determine student responses to the initial and final learning that has taken place. This classroom action research was carried out in two cycles, in the first cycle the results obtained did not reach the achievement targets. The target’s goal was achieved in the second cycle. As a result, 14 students (33%), B grades 20 (50%), C scores 7 (17%), and D scores 0 (0%). These results indicate that the application of the discovery learning model assisted by the WhatsApp group application has succeeded in the target achievement in the form of 30% increasing learning outcomes.

Keyword: discovery learning, literary theory,whatsapp group

Artikel teks lengkap

##article.generated_from_xml##

Referensi

Basyuni, Bistari. (2018). “Penerapan Model Pembelajaran Task-Think-Discussion Berbantuan Group Whatsapp Untuk Mengoptimalkan Sikap Tanggung Jawab Mahasiswa Baru.†Pembelajaran Prospektif 3.

Citaningsih (2020). Upaya Meningkatkan Efektifitas Pembelajaran Menulis Teks Deskripsi Melalui Metode Discovery Learning Pada Siswa. Journal for Lesson and Learning Studies Vol. 3 No.1, April 2020, 66-79

Emzir, And Saifur Rohman. (2015). Teori Dan Pengajaran Sastra. Depok: Raja Grafindo Persada.

Hopkins, David. (1993). A Teacher’s Guide to Classroom Research. Second Edition. Philadelphia: Open University Press.

Margaretha, Eva dan Rahma Yunita Ansi. (2020). "Efektivitas Penggunaan Whatsapp Group Selama Pandemi Covid-19 Bagi Pelaku Pendidik". Prosiding Seminar Nasional Multidisiplin Ilmu Universitas Asahan ke-4 Tahun 2020, hlm 207-2012

Mustafa, Bachrudin. (2008). Teori Dan Praktik Sastra. Jakarta: Cahaya Insan Sejahtera.

Nurgiyantoro, B. (2010). Penilaian Pembelajaran Bahasa. Yogyakarta: BPFE

Putra, Nusa. (2011). Research & Development. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Rosarina, Gina, Ali Sudin, And Atep Sujana. (2016). “Penerapan Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Perubahan Wujud Benda†1 (1): 371–80.

Widokyo. (2009). Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Penulis

Supadi Supadi
Amrizal Amrizal
Fina Hiasa
finahiasa@unib.ac.id (Kontak utama)
Supadi, S., Amrizal, A., & Hiasa, F. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Melalui Implementasi Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan Aplikasi Whatsapp Group di Mata Kuliah Teori Sastra. Stilistika: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 14(2), 201–209. https://doi.org/10.30651/st.v14i2.8325

Rincian Artikel

No Related Submission Found