Register Pekerja Terminal Petikemas Surabaya

R. Panji Hermoyo (1)
(1) Universitas Muhammadiyah Surabaya, Indonesia

Abstrak

Penelitian yang berjudul Register Pekerja Terminal Petikemas Surabaya menguraikan tentang ragam bahasa yang dilakukan pekerja di terminal petikemas pelabuhan Tanjung Perak Surabaya yang meliputi: penanda variasi bahasa/register yang paling dominan dalam komunikasi antar pekerja petikemas dan bagaimana penanda yang dominan tersebut berlaku dalam lingkungan para pekerja petikemas Tanjung Perak Surabaya?. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif, penelititerlibat langsung dengan sumber penelitian. Subjek penelitian ini adalah bahasa yang digunakan dalam percakapan sehari-hari oleh pekerja terminal petikemas. Objek penelitiannya yaitu penanda variasi bahasa/register penanda yang dominan tersebut berlaku dalam lingkungan para pekerja petikemas Tanjung Perak Surabaya. Data diperoleh dengan menggunakan metode simak (pengamatan/observasi). Penelitian ini dianalisis dengan menggunakan metode analisis kontekstual. Hasil dari penelitian ini adalah: Pertama, bahasa yang digunakan para pekerja ketika bercakap-cakap menggunakan penanda berupa kosakata bahasa asing (bahasa Inggris) yang mempunyai arti tertentu untuk kegiatan profesi dalam bidang pelayaran dan kedua, berlakunya bahasa penanda ini (dalam kosakata bahasa asing) ketika para pekerja bercakap-cakap baik di dalam kantor maupun di luar kantor, yakni di lingkungan terminal petikemas Tanjung Perak Surabaya.

Artikel teks lengkap

##article.generated_from_xml##

Referensi

Chaer, A.dan Leoni Agustina.1995. Suatu Pengantar Sosiolinguistik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Halliday, M.A.K dan Ruqaiya Hasan. 1994. Bahasa, Konteks, dan Teks: Aspek Bahasa dalam Pandangan Semiotik Sosial (terj. Asrudin Barori Tou).

Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Holmes, Janet. 1992. An Introduction to Sociolinguistics. London and New York: Longman.

Johnson, Thomas E. 2002. Export/Import Procedures and Documentation (4th Ed.). USA: Amacom (a devision of American Management Association).

Mahsun. 2007. Metode Penelitian Bahasa. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Nababan, P.W.J. 1984. Sosiolinguistik Suatu Penghantar. Jakarta: Gramedia.

Setiawan, Ebta, Freeware@2006-2009. Kamus 2.04. An Engglish-Indonesian and Indonesian-English Dictionary. (http://ebssoft.web.id)

Weiss, Kenneth D. 2008. Building an Import/Export Business (4th Edition). Canada: John Wiley & Sons, Inc.

Wojowasito dan Poerwadarminta, W.JS. 1991. Kamus Lengkap: Inggeris-Indonesia, Indonesia-Inggeris. Bandung: Penerbit Hasta

Penulis

R. Panji Hermoyo
panji.cc@gmail.com (Kontak utama)
Hermoyo, R. P. (2015). Register Pekerja Terminal Petikemas Surabaya. Stilistika: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 8(2). https://doi.org/10.30651/st.v8i2.58

Rincian Artikel

No Related Submission Found