Pemerolehan Bahasa Anak Usia 2,5 Tahun: Aspek Fonologis

Melati Aprilia (1)
(1) Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, Indonesia, Indonesia

Abstrak

ABSTRAK

Penelitian ini akan membahas mengenai pemeroleh bahasa anak pada usia 2,5 tahun. Peneliti bertujuan untuk mengetahui proses pemerolehan bahasa seorang anak. Anak yang diteliti dalam penelitian memiliki tingkat pemerolehan bahasa yang cukup baik, namun jika ditinjau dari aspek fonologis masih banyak kesalahan dalam pengucapan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif, yang mana menjabarkan tentang pemerolehan bahasa anak yang ditinjau pada aspek fonologisnya. Teknik pengambilan datanya dengan metode rekam, simak, dan catat. Kefasihan anak dalam pengucapan ialah unsur vokal (a, i, u, e, dan o), sedangkan unsur konsonannya masih banyak ketidak tepatan dalam pengucapan.

Kata kunci: Pemerolehan bahasa, fonologis, vokal, konsonan


ABSTRACT

This study will discuss about the acquisition of 2,5 years old children’s language. Researchers aim to determine the process of language acquisition of a child. The children who observe in the study had a fairly good level of language acquisition, but when viewed from the phonological aspect there were still many errors in pronounciation. The method used in this research is descriptive qualitative method, which describes the acquisition of children’s language in terms of phonological aspects. The technique of collecting data using the recording method, observe, and note. Children’s fluency in pronounciation is the vocal element (a, i, u, e, and o), while the consonant elements are still many inaccuracies in pronounciation.

Keyword: Language acquisition, phonology, vocal, consonants

Artikel teks lengkap

##article.generated_from_xml##

Referensi

Arsanti, Meilan. (2014). Pemerolehan Bahasa Pada Anak (Kajian Psikolinguistik). Semarang: Universitas Islam

Sultan Agung. Jurnal PBSI Vol. 3 No. 2 tahun 2014.

Dardjowidjojo, Soenjono. (2010). Psikolinguistik: Pengantar Pemahaman Bahasa Manusia. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

Gleason, Jean Barko and Nan Bernstein Ratner. (1998). Psycholinguistics. New York: Harcout Brace College Publisher.

Hamied, F.A. (1989). Keterpelajaran dalam Konteks Pemerolehan Bahasa. Jakarta: Penerbit Kanisius.

Klein. (1984). Learning to Stress. Journal of Child Language 11: 375-93/191. Indiana University.

Krashen, S and T. Terrel. (1983). The Natural Approuch: Language Acquisition in The Classroom. Oxford: Pergemon.

Kusuma, Alam Budi. (2016). Pemerolehan Bahasa Pertama Sebagai Dasar Pembelajaran Bahasa Kedua (Kajian Psikolinguistik). Yogyakarta: STAIMS Yogyakarta. Jurnal Komunikasi dan Pendidikan Islam, Vol. 2, No.2, Desember 2016.

Natsir, Nurasia. (2017). Hubungan Psikolinguistik dalam Pemerolehan dan Pembelajaran Bahasa. Makassar: Ilmu Administrasi, Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi YAPPI Makassar, 2017. Vol. 10 No.1.

Noor, Juliansya. (2011). Metodologi Penelitian Skripsi, Tesis, Disertasi, dan Karya Ilmiah. Jakarta: Kencana.

Nuryani dan Dona Aji Karunia Putra. (2013). Psikolinguistik. Tangerang Selatan: Mazhab Ciputat.

Pateda, Mansoer. (1990). Aspek-Aspek Psikolinguistik. Yogyakarta: Nusa Indah.

Sigel, I and R Cocking. (2000). Cognitive Development from Childhood to Adolescence: A Constructivist Perspective. https://fccl.ksu.ru/papers/gp002.

Soehartono. (2005). Pengembangan Keterampilan Berbicara Anak Usia Dini. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Penulis

Melati Aprilia
melatiaprilia170499@gmail.com (Kontak utama)
Aprilia, M. (2020). Pemerolehan Bahasa Anak Usia 2,5 Tahun: Aspek Fonologis. Stilistika: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 13(2), 186–197. https://doi.org/10.30651/st.v13i2.4010

Rincian Artikel

No Related Submission Found